12+ Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

November 13, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pernahkah kamu mendengar kata populasi? Jawabannya pasti pernah ya… Ditambah lagi dengan menucuatnya permasalahan over populasi sekarang ini.

Namun, sudahkah kita memahami apa arti dari kata populasi itu sendiri? Untuk lebih memahami terkait populasi, yuk simak 12 pengertian populasi menurut ahli berikut!

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Secara umum, populasi diartikan sebagai kelompok individu dengan karakteristik yang sama yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan untuk berkembang biak di antara mereka sendiri. Konsep ini banyak digunakan dalam ekologi populasi dan genetika.

Ekologi menganggap manusia sebagai elemen dari sistem yang lebih luas, sedangkan populasi merupakan bagian dari komunitas. Selain itu, evolusi juga bekerja melalui populasi.

Dimana secara genetika, populasi dilihat sebagai sarana atau tempat untuk pertukaran alel yang dimiliki oleh setiap anggota. Dinamika frekuensi alel dalam suatu populasi menjadi perhatian utama dalam studi genetika populasi.

1. Ismiyanto

Populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, objek, atau hal-hal yang di dalamnya dapat diperoleh dan dapat memberikan informasi penelitian.

2. Margono (2004)

Margono berpendapat bahwa populasi adalah seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data, jika manusia memberikan data, maka ukuran atau jumlah populasi akan sama dengan jumlah manusia.

Selanjutnya Margono juga membagi populasi menjadi dua, yaitu populasi teoritis (theoretical population) dan populasi tersedia (accessible population). Populasi teoritis adalah populasi yang batas-batasnya telah ditentukan secara kualitatif, seperti populasi guru yang berusia 26 sampai dengan 46 tahun, memiliki gelar sarjana, dan lain-lain.

Populasi yang tersedia adalah populasi yang dapat dinyatakan secara kuantitatif dan tepat. Misalnya, sebanyak 500 guru di kota Medan memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoritis yang telah ditentukan.

3. Bugin (2000:40)

Menurut Bugin, populasi merupakan keseluruhan (universum) objek penelitian yang berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya. Dimana selanjutnya objek tersebut dapat menjadi sumber data penelitian.

4. Widiyanto (2010:5)

Widiyanto mengemukakan pendapatnya prihal populasi sebagai sekelompok atau kumpulan objek atau objek yang akan digeneralisasikan dari hasil penelitian.

5. Hartono (2011: 46)

Populasi dengan karakteristik tertentu jumlahnya berhingga dan ada pula yang tak terhingga. Dimana Hartono juga menjelasakan bahwa penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang terbatas.

6. Nazir (2005)

Populasi diartikan oleh Nazir sebagai sekelompok individu dengan kualitas dan karakter yang telah ditentukan oleh peneliti. Karakteristik dan kualitas ini disebut sebagai variabel. Dimana populasi sendiri terbagi populasi menjadi dua, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas.

7. Furchan (2004)

Selanjutnya menurut Furchan populasi adalah objek, seluruh anggota sekelompok orang, organisasi, atau kelompok yang telah ditetapkan secara jelas oleh peneliti.

8. Hadari Nawawi

Populasi menurut Hadari merujuk pada seluruh objek penelitian yang terdiri dari manusia, hewan, benda, pertumbuhan, kejadian, gejala, atau nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai ciri-ciri tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.

9. Husaini Usman (2006:181)

Selanjutnya Husaini Usman menyatakan bahwa populasi adalah semua nilai, baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif. Mulai dari ciri-ciri tertentu mengenai sekelompok objek yang lengkap dan jelas.

10. Riduan & Tita Lestari

Menurut Riduan dan Tita Lestari, populasi tak lain adalah keseluruhan ciri atau satuan hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

11. Morissan (2012: 19)

Populasi adalah kumpulan subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Dimana setiap anggota bisa memeriksa setiap anggota populasi untuk menentukan sifat populasi yang bersangkutan.

12. Mulyatiningsih (2011:19)

Populasi adalah sekelompok orang, hewan, tumbuhan, atau benda yang mempunyai ciri-ciri tertentu untuk dipelajari. Populasi akan menjadi daerah generalisasi dari kesimpulan penelitian.

Jenis – Jenis Populasi

Setelah memahami pengertian dari populasi, ada baiknya selanjutnya kita mengulas mengenai jenis-jenis populasi itu sendiri. Dimana menurut Drs. S. Margono (2004), populasi dapat dibedakan sebagai berikut:

1). Populasi terbatas

Populasi terbatas atau finite population adalah populasi yang memiliki batas kuantitatif yang jelas karena memiliki karakteristik yang terbatas. Misalnya, 5.000.000 guru SMA pada awal tahun 2010, dengan ciri-ciri: 2 tahun masa bakti, lulusan program strata 1, dan lain-lain.

2). Populasi tak terbatas

Populasi tak terbatas atau tak hingga ini merupakan populasi yang batas-batasnya tidak dapat ditemukan, sehingga tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif. Misalnya guru di Indonesia, artinya jumlah guru harus dihitung sejak guru pertama ada sampai sekarang dan yang akan datang.

Dalam keadaan demikian jumlahnya tidak dapat dihitung, hanya dapat digambarkan sebagai sejumlah objek yang berkualitas dengan ciri-ciri umum, yaitu orang, dulu, sekarang dan yang akan menjadi guru. Populasi dalam hal ini disebut juga sebagai parameter.

Demikian artikel kami mengenai 12 pengertian populasi menurut ahli, lengkap dengan jenis-jenis populasi. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai populasi. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.