Pengertian Platform Menurut Para Ahli

Jika kamu pernah mendengarkan kata platform, tentunya kita pasti akan sepakat untuk memandangnya sebagai sebuah sarana dalam dunia teknologi untuk memudahkan kita melakukan berbagai aktivitas dan memudahkan suatu pekerjaan.

Platform sendiri merupakan sebuah program yang dibuat guna dapat mengembangkan atau menjalankan sebuah perangkat lunak atau software pada komputer dan applikasi pada smartphone. Namun ada juga platform yang berbentuk hardware pada komputer.

Tanpa platform sangat tidak mungkin sebuah software atau applikasi dapat bekerja untuk membantu kita dalam setiap hal. Berikut ini kita akan mengulas lebih banyak mengenai software.

Pengertian Platform Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian platform menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Andika

Platform adalah tempat yang digunakan untuk menjalankan perangkat lunak sistem. Dalam pengertian ini, platform memberikan berbagai dampak baik, sebagai pelengkap seseorang dalam melakukan sistematisasi perangkatnya.

2). Puspita Ghany

Platform adalah suatu tempat dalam suatu jaringan komputer yang memudahkan untuk mencari jasa atau barang kepada kontributor atau penjual. Jenis ini tentunya lebih mengarah pada platform penjualan online yang dioperasikan melalui sistem website.

Dari 3 pengertian platform menurut para ahli di atas, dapat dikatakan bahwa platform merupakan gabungan dari apa yang dilakukan antara arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak atau aplikasi.

Pemanfaatan platform ini sangat penting dilakukan, hal pertama yang dilakukan adalah menginput data ke dalam database. Setelah data dalam data diinput, biasanya sebuah platform melakukan verifikasi.

Verifikasi data ini dapat mencakup keterampilan, penentuan tarif, penentuan jangkauan layanan, dan sebagainya. Data yang lolos verifikasi akan dimasukkan ke dalam sistem dan akan ditawarkan kepada pencari jasa atau kepada penjual/pembeli.

3). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Yang dimaksud dengan platform adalah program, rencana kerja, pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, hingga mimbar, panggung, atau panggung.

Macam – Macam Platform dan Contoh Mereka Masing – Masing

Ada beberapa macam dari platform, umumnya pembedaan ini dibedakan ataskebutuhan penggunanya, seperti platform pada tempat jual beli elektronik, teknologi, jejaring sosial dan lainnya. Berikut merupakan macam-macam dari platform dan contoh-contohnya :

1). Browser Platform

Lalu, ada juga platform browser. Browser web yang lebih baru memungkinkan plug-in pihak ketiga dijalankan sebagai bagian dari browser.

Oleh karena itu, beberapa browser sekarang disebut sebagai platform karena digunakan sebagai dasar untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lainnya.

Contoh platform browser : Chrome dan Mozilla.

2). Utility Platform (Utilitas)

Berikutnya adalah utilitas atau platform utilitas. Ini sering menarik pengguna dengan menyediakan layanan yang bermanfaat dan biasanya gratis.

Dengan begitu banyak pengguna yang menggunakan layanan ini, platform ini terbuka untuk jenis peserta kedua, yaitu pengiklan dalam kasus Google Penelusuran.

Contoh platform utilitas : Google Search, Bing, Yahoo.

3). Technology Platform (Teknologi)

Pada platform teknologi pengembang pihak ketiga biasanya menyematkan blok bangunan dan layanan ini ke dalam produk mereka, yang akan mendorong lebih banyak adopsi platform.

Contoh platform teknologi : Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Twilio.

4). Computing Platform (Komputasi)

Platform komputasi, sangat kontras dengan platform teknologi, hal ini dapat menjalin hubungan antara pengguna sebuah platform dengan pihak ketiga.

Dalam platform teknologi, pengembang “memiliki” pengguna sedangkan dalam platform komputasi, platform “memiliki” pengguna.

Contoh platform komputasi : Apple iOS, Google Android atau Microsoft Windows yang memungkinkan pengembang untuk memperluas platform dengan kasus penggunaan baru dan menjadikannya lebih berharga bagi pengguna.

Contoh lain seperti komputer Dell yang menjalankan Windows 10, ini akan dianggap berjalan di platform Windows.

5). Marketplaces (Pasar)

Pasar atau marketplace memungkinkan terjadinya transaksi antara partisipan sisi permintaan, yaitu “pembeli” dan partisipan sisi penawaran, yaitu “penjual”. Harga barang dan jasa yang ditawarkan di platform biasanya ditentukan oleh peserta yang berada di sisi penawaran. Marketplace adalah contoh platform dua sisi yang menghubungkan penawaran dengan permintaan.

Contoh marketplace : eBay, Amazon Marketplace, dan Facebook.

6). Content Distribution Platform (Distribusi Konten)

Platform distribusi konten menghubungkan pemilik titik sentuh pengguna (situs web, aplikasi seluler, perangkat) dengan pemilik konten yang ingin mengirimkan konten (atau iklan) kepada pengguna.

Contoh Content Distribution Platform : Google AdSense, Outbrain, MGID.

7). Konten atau Content Crowdsourcing Platform

Jenis konten atau platform crowdsourcing konten ini adalah tentang mengumpulkan konten dari sebagian pengguna seperti video, posting blog, ulasan, peringkat, dll. dan berbagi konten dengan basis pengguna platform yang luas.

Berbeda dengan jaringan interaksi, di mana interaksi berasal dari akun tertentu, dalam crowdsourcing konten, pengguna berinteraksi dengan platform dan interaksi tersebut berlabuh di konten.

Contoh content crowdsourcing platform : YouTube, Yelp, dan TripAdvisor.

Platform penambangan data (panen) menawarkan layanan yang menguntungkan pengguna dan menghasilkan data melalui penggunaan layanan platform.B

ahkan, kesepakatan untuk menyumbangkan data adalah persyaratan untuk bergabung dengan platform. Dapat dikatakan data yang dikumpulkan dari semua pengguna platform diumpankan kembali ke layanan sehingga dapat lebih bermanfaat bagi pengguna.

Contoh platform pengumpulan data : Waze, OpenSignal.

8). Interaction Networks (Jaringan Sosial)

Selanjutnya, ada jejaring sosial atau jejaring interaksi. Umumnya penggunaan jejaring sosial ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan usaha seperti bisnis agar memudahkan untuk dapat bertemu.

Interaksi pada media sosial yang memungkinkan kamu kirim dapat berupa pesan, panggilan suara, gambar, atau transfer uang.

Contoh jaringan interaksi : Facebook, WhatsApp, WeChat, dan Telegram.

9). MobilePlatform

Saat ini, perangkat seluler (mobile) baru seperti telepon pintar (smartphone) dan tablet memiliki perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri.

Mereka beroperasi secara independen dari sistem lain dan mampu menjalankan aplikasi, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri, sehingga mereka dapat secara efektif dianggap sebagai platform mobile.

10). Digital Platform

Tumpukan perangkat lunak (software) dan beberapa aplikasi terkadang juga disebut sebagai platform digital.

Misalnya, SQL adalah aplikasi basis data (database) yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan alat lain untuk CRM, analitik dan manajemen log.

Manfaat Platform

Di antara banyak manfaat umum seperti: chat, email, file drive, perangkat keras & perangkat lunak, dll., kami akan menyebutkan beberapa saja, termasuk:

1). Menyederhanakan dan mempercepat pekerjaan.

2). Merekrut karyawan secara lebih efektif dan efisien.

3). Cari dan melamar pekerjaan dengan mudah.

4). Menyederhanakan dan mempercepat komunikasi.

5). Mudah mengakses dan berbagi file.

6). Jual dan beli dengan mudah, aman dan cepat.

7). Melaksanakan kegiatan promosi lebih efisien dan mudah.

8). Cari dan dapatkan informasi yang lebih akurat dalam waktu yang lebih singkat.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian platform, macam-macam dan contoh, serta manfaat sebuah platform.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan platform. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Akhirnya Rezky Aditya Bersedia Menafkahi Kekey Perbulan dengan Syarat Wenny Ariani Harus Lakukan Ini

Disebutkan jika Rezky Aditya bersedia menafkahi Kekey per bulan namun dengan beberapa syarat yang harus dilakukan Wenny Ariani. Hal itu…

Lirik Lagu Batak Jolma Biasa – Arghado Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Ganjang Ma Umurmi – Osen Hutasoit

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu C.I.N.T.A yang Dinyanyikan oleh D’Bagindas

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Sempat Malu Banting Setir Jualan Nasi Bakar, Artis Cantik Eks JKT 48 Ini Diam-diam Kantongi Cuan Seabrek Usai Alih Profesi Jadi Pengusaha: Kalau Masalah Cuan Dapatnya…

Beberapa waktu lalu, nama Melati Putri Rahel Sesilia atau yang akrab disapa Melati Sesilia memang sempat jadi sorotan publik. Pasalnya,…

Langsung Diringkus! Raffi Ahmad Mendadak Mati Gaya Saat Menyadari Pria yang Ia Ajak Mabuk-mabukan Adalah Seorang Polisi

Saking mabuknya, Raffi Ahmad pernah tawari polisi minuman keras lantaran dikira temannya sendiri. Siapa yang tak kenal dengan Raffi Ahmad?…

Kabar Bayi Diberi Nama Mirip Eril Sampai ke Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil Itu Beri Tanggapan

Kepergian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, masih sangat membekas di benak masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat. Sejak…

Tubuhnya Digerogoti Kanker Langka dan Sedang Berjuang Sembuh, Begini Kabar Artis Cantik ini Usai 4 Tahun Menjanda, Ternyata Masih Sibuk Kerja Keras Demi Sambung Hidup

Artis cantik ini kini tubuhnya digerogoti kanker langka dan sedang berjuang sembuh. Kini sedang berjuang sembuh usai ubuhnya digerogoti kanker…

Harga Mobil Toyota Alphard Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Lirik Lagu Indonesia Raya Cipta W.R Supratman

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…