Pengertian Photoshop, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Photoshop

Sosial media sekarang ini sudah tidak hanya sebatas menjadi media hiburan. Lebih dari itu, sosial media sudah menjadi gaya hidup bahkan kebutuhan bagi sekelompok orang. Kebutuhan dalam sosial media ini tidak hanya berupa dampak negatif, melainkan juga dampak positif.

Salah satu contoh nyata yang bisa kita lihat adalah penjualan produk di sosial media. Nah, dalam penjualan produk ini, tentu dibutuhkan foto atau gambar produk yang menarik agar memikat calon konsumen.

Syukurnya, ada media yang mewadahi prihal mempercantik foto atau gambar produk, yang tak lain adalah photoshop. Itu sebabnya kali ini kita akan mengulas mengenai photohop mulai dari pengertian, sejarah singkat, fungsi, serta kelebihan dan kekurangan photoshop.

Pengertian Photoshop

Photoshop adalah software yang berguna atau digunakan untuk memodifikasi foto atau gambar secara professional. Termasuk memodifikasi objek sederhana atau bahkan objek yang sulit.

Software photoshop ini sangat berguna dalam mengolah gambar berbasis bitmap, yang memiliki tools dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Karena kelengkapan fitur yang ada di photoshop, hal inilah yang membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para desainer grafis.

Sejarah Photoshop

Pada tahun 1987, Thomas Knoll yang merupakan seorang mahasiswa, menulis sebuah program di Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar skala abu-abu pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display yang kemudian menarik perhatian saudaranya John Knoll.

John Knoll sendiri merupakan seorang pekerja atau karyawan di Industrial Light and Magic. John Knoll kemudian merekomendasikan Thomas untuk mengubah programnya menjadi program pengeditan gambar yang lengkap.

Kemudian Thomas mengambil istirahat 6 bulan dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya dalam program yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah mengalami perjalanan cukup panjang, Thomas mengganti nama program menjadi Photoshop.

Dimana kemudian photoshop ini bekerja dalam jangka pendek dengan produsen pemindai Barneyscan untuk mendistribusikan salinan program dengan pemindai slide, dengan total sekitar 200 salinan Photoshop dikirimkan menggunakan metode ini.

Selanjutnya, John juga sering bepergian ke Silicon Valley di California dan dia memberikan demonstrasi program tersebut kepada para insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe.

Kemudian demonstrasi yang mereka lakukan berhasil, kemudian Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikannya pada bulan September 1988.

Sementara John mengerjakan plug-in di California, Thomas tetap menulis kode di Ann Arbor. Dan akhirnya Photoshop 1.0 dirilis pada tahun 1990 khusus untuk Macintosh.

Fungsi Photoshop

Selain fungsi utamanya sebagai aplikasi editing gambar atau foto bertipe raster (bitmap), photoshop juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Adapun beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1). Mempercantik, memanipulasi dan membuat desain gambar

Photoshop juga berfungsi untuk mempercantik, memanipulasi, dan membuat desain gambar. Deskripsi fungsi photoshop untuk mempercantik gambar adalah dengan menghaluskan atau membersihkan objek. Fungsi ini dilakukan dengan tujuan agar gambar terlihat lebih indah dan menarik.

2). Memanipulasi gambar

Selanjutnya Photoshop juga dapat digunakan untuk memanipulasi gambar. Keunggulan Photoshop ini dilakukan dengan mengubah tampilan atau dengan menggabungkan gambar yang berbeda dengan tujuan agar terlihat seperti gambar aslinya dan seringkali menipu mata yang melihatnya.

3). Membuat desain gambar

Fungsi photoshop adalah untuk membuat desain gambar dengan membuat objek baru seperti banner, browser, banner dan poster.

4). Menggabungkan gambar

Photoshop sendiri juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih gambar menjadi satu gambar baru.

5). Ragam tools

Terdapat banyak tools yang akan kamu temukan dalam photohsop diantaranya seperti mampu membersihkan atau mempercantik gambar, memberikan efek blur pada gambar agar terlihat blur, meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih cerah, memotong gambar, memberi atau mengubah warna foto atau gambar, menghapus objek dalam sebuah gambar, mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil atau lebih besar, mempertajam warna serta kualitas gambar dan sederet alat lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Photoshop

Tentunya setiap hal atau alat yang diciptakan oleh manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sama seperti photoshop yang notabene hadir untuk membantu manusia, juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan Photoshop, antara lain:

Kelebihan Photoshop

Berikut dibawah ini kelebihan Photoshop, antara lain.

  • Banyak alat desain dapat digunakan.
  • Berguna untuk mengoreksi atau memanipulasi gambar atau foto.
  • Dapat mengedit lebih dari sekedar gambar atau foto.
  • Inventarisasi gambar default di perpustakaan memudahkan untuk melakukan proses manipulasi.
  • Dapat digunakan untuk membuat teks dengan efek tertentu.
  • Dapat digunakan untuk membuat berbagai tekstur dan bahan dengan cepat dan mudah.
  • Dapat digunakan untuk mengolah file web menjadi lebih kecil atau dinamis.
  • Menghasilkan gambar dengan hasil yang memuaskan.
  • Memiliki fasilitas editing yang lebih lengkap dibandingkan program lain.
  • Editing effect tidak dibatasi, artinya walaupun memiliki banyak efek tetap bisa ditambahkan.
  • Penyimpanan dapat menggunakan berbagai format.

Kelemahan Photoshop

Berikut dibawah ini kelemahan Photoshop, antara lain.

  • Hanya dapat membuat gambar statis
  • Harganya lumayan mahal
  • Spesifikasi komputer harus tinggi
  • Terlalu banyak lapisan
  • Membuat desain majalah tidak bagus
  • Ukuran file sangat besar
  • Antarmuka pengguna selalu berubah
  • Meski sudah diupdate, masih ada bug nya

Demikian artikel kami mengenai pengertian photoshoo lengkap dengan sejarah, fungsi, serta kelebihan dan kekurangan photoshop. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian photoshop. Terimakasih sudah berkunjung.

JANGAN LEWATKAN

Pengertian Database, Fungsi, Manfaat dan Tipe – Tipe Database

Di era digital saat ini, setiap kali kita mengakses berbagai aplikasi secara online maupun offline, terdapat sistem proses penyimpanan data…

Dihujat Usai Cuitkan Soal ‘Eksploitasi’ Gala, Ernest Prakasa: Saya Sudah Berbuat Salah, Saya Minta Maaf

Ernest Prakasa mendapat cibiran dari warganet usai membuat cuitan soal anak semata wayang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. "Semoga baby…

Acha Septriasa Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Fakta Sebenarnya

Artis Acha Septriasa mendadak bikin heboh. Bagaimana tidak, dia kabarkan sudah meninggal dunia. Hal itu awalnya diberitakan oleh akun YouTube…

Pengertian Photoshop, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Photoshop

Sosial media sekarang ini sudah tidak hanya sebatas menjadi media hiburan. Lebih dari itu, sosial media sudah menjadi gaya hidup…

ART Palsukan Tanda Tangan Ibu Nirina Zubir untuk Gelapkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 17 Miliar

Polda Metro Jaya mengungkap modus mafia tanah yang menggelapkan enam sertifikat tanah bangunan senilai Rp 17 Miliar milik keluarga artis…

Profil Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel yang Selamat dari Kecelakaan Maut, Tanggal Lahir, Profesi dan Usia

Profil Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel yang terlibat dalam kecelakaan maut di Tol Nganjuk arah Surabaya Kilometer 672 pada Kamis,…

Ayah dan Kakak Tubagus Joddy Datangi Rumah Mendiang, Ayah Bibi Andriansyah Bongkar Percakapan

Sebelumnya keluarga Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel sempat keberatan jika ditemui oleh keluarga Tubagus Joddy. Lantaran pihaknya dan keluarga Vanessa…

Pengakuan Security Komplek: Sopir Vanessa Angel Sering Begajulan

Vanessa Angel bersama sang suami, Febri Andriansyah meninggal seketika usai mengalami kecelakaan dengan mobil yang ditumpanginya di tol Jombang Mojokerto…

‘Daster Aku yang Terakhir Pakai Pas Peluk Dia Jangan Dicuci’, Seolah Jadi Firasat Kepergiannya dengan Bibi Ardiansyah, Vanessa Angel Tinggalkan Buku Jurus Jitu Urus Gala Sky

Kepergian pasangan selebritas Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dalam kecelakaan yang terjadi di Tol Nganjuk, Kamis (4/11/2021), membuat banyak orang…

Kecelakaan Vanessa Angel Dan Bibi Ardiansyah Dicurigai Ada Indikasi Soal Warisan

Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah alias Bibi meninggal dunia dalam kecelakaan maut yang terjadi pada Kamis (4/11). Lima orang termasuk…