Pengertian Peta Minda Menurut Ahli, Cara Membuat dan Manfaat Peta Minda

Apakah kamu lebih akrab dengan sebutan peta minda atau mind mapping? Tidak ada masalah dengan penyebutannya, sebab peta minda atau mind mapping akan membantu seseorang dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi dan mengingat sesuatu dengan baik.

Membuat seseorang lebih kreatif dalam memecahkan masalah, memusatkan perhatian, mengatur dan menjelaskan pikiran. Serta mempelajari sesuatu dengan lebih cepat dan efisien.

Untuk lebih jelasanya, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Peta Minda Menurut Ahli

Kehadiran peta minda memudahkan perencanaan, komunikasi, mengasah kreativitas dan membantu memecahkan masalah.

Termasuk pula didalamnya memusatkan perhatian, mengatur dan menjelaskan pikiran, membantu mengingat dengan baik serta membuat proses belajar menjadi lebih efisien.

1). Melvin L. Silberman

Peta minda adalah sebuah langkah kreatif yang akan membantu seseorang dalam menghasilkan banyak ide menarik. Memudahkan dalam mempelajari sesuatu untuk memudahkan dalam merencanakan berbagai penelitian untuk proyek baru yang sedang dijalankannya.

2). Tony Buzan

Pengertian peta minda menurut Tony Buzan ialah suatu cara mengembangkan aktivitas berpikir dan menangkap berbagai pemikiran dari berbagai sudut. Memahami peta minda juga akan mengarah pada cara mengasah cara berpikir divergen dan kreatif.

Peta minda atau peta konsep sebagai alat berpikir organisasi yang akan membantu seseorang menempatkan informasi di otaknya dan kemudian mengambil informasi tersebut kapan pun dia membutuhkannya.

3). Bobby De Porter dan Mike Hernacki

Mind Mapping atau peta minda sebagai salah satu teknik pencatatan yang akan membantu seseorang dalam memetakan pikiran kreatifnya secara efektif. Kemudian mengintegrasikan dan mengembangkan potensi kerja baik otak kanan maupun otak kiri dalam diri seseorang.

4). Caroline Edward

Peta minda merupakan cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia

Cara Membuat Peta Minda

Peta minda juga memiliki pengertian sebagai alat berpikir yang mampu mencerminkan cara kerja alami otak manusia.

Menggunakan peta pikiran ini akan memungkinkan otak untuk dapat menggunakan semua gambar dan asosiasinya dalam pola dan jaringan radial seperti otak dirancang.

Adapun cara membuat peta minda adalah sebagai berikut:

1). Pastikan peralatan lengkap

Mempersiapkan peralatan sebelum membuat peta minda tentu sangat penting. Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat peta minda adalah kertas gambar persegi panjang, spidol warna atau pensil warna dan tentunya buku atau karton yang kamus suka.

2). Tentukan tema peta minda

Tentukan konsep atau tema besar yang akan menjadi inti utama dari peta minda. Temukan juga poin-poin penting di setiap bab dan sub bab saat membuat peta minda.

Tempatkan tema utama di tengah gambar sebagai pusat. Tepatnya mulai dari tengah memberikan kebebasan otak untuk berkreasi dalam mendeskripsikan peta pikiran.

Dari tema utama akan muncul tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama. Agar hasil pemetaan peta lebih maksimal, sambungkan cabang utama dengan gambar pusat.

Setiap cabang utama dapat bercabang lagi sesuai dengan konsep yang dibahas. Dengan menghubungkan cabang-cabang, nantinya kamu akan lebih mudah memahami dan mengingat.

3). Pastikan untuk menempatkan tema di tengah kertas

Tujuannya untuk memudahkan penulisan cabang lain, sebab jika media yang digunakan vertical akan dapat menempatkan tema utama di atas. Sehingga peta minda kemudian akn turun teratur ke bawah.

Setelah selesai menentukan tema utama, tentukan sub tema yang akan dihubungkan oleh garis cabang. Saat membuat cabang tema ini, cobalah untuk tidak membuat garis lurus. Tujuannya agar peta pikiran kamu tidak terlalu kaku dan memudahkan memahami konteks isinya.

Kamu juga bisa menurunkan tema anak dengan kata kunci yang terkait dengan tema tersebut. Selain memudahkan untuk dipahami, peta minda kamu akan menjadi lebih terstruktur dan terorganisir.

4). Temukan hubungan antara setiap tema

Kamu bisa melakukannya dengan menandai garis, warna, simbol gambar atau foto untuk ide sentral. Sebuah gambar berarti seribu kata yang bisa membantu kamu membayangkan.

Gambar sentral akan lebih menarik yang akan membuat mu tetap fokus dan membantu mengaktifkan otak.

5). Manfaatkan penggunaan berbagai warna

Warna menghidupkan peta pikiran, menambah energi pada pemikiran kreatif dan menyenangkan. Penggunaan warna yang menarik merupakan salah satu tips agar peta minda dapat digunakan semaksimal mungkin.

Saat menggunakan warna pada subtema atau topik tertentu, otak akan lebih mudah mengasosiasikannya dengan topik yang dimaksud. Apabila kamu tidak memiliki pensil warna atau spidol, silakan gunakan stiker, post-it atau apapun disekitar mu untuk membedakan setiap tema.

6). Gunakan garis melengkung

Dalam membuat mind map, buatlah garis penghubung dengan cara melengkung. Hindari garis lurus yang akan membuat otak mudah merasa bosan.

Cabang-cabang yang melengkung dan organik, seperti ranting pohon tentu akan jauh lebih menarik dan enak dipandang, sehingga tidak cepat bosan.

7). Gunakan satu kata kunci untuk setiap baris

Kata kunci ini terbilang ajaib, sebab bisa memberikan lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas pada peta pikiran.

Saat menggunakan kata tunggal dalam peta minda, masing-masing kata ini akan lebih bebas sehingga lebih mampu memicu ide dan pemikiran baru.

8). Hindari membuat peta minda di atas kertas

Saat membuat peta pikiran, jangan langsung membuatnya di kertas yang digunakan untuk menggambar. Lebih baik untuk susun dulu peta pikiran di atas kertas buram. Rencanakan di mana grafik dan percabangan akan sebaik mungkin.

9). Gunakan teori pendukung peta minda

Peta minda sebagai suatu metode yang mendorong keaktifan dan kreativitas seseorang dalam membuat catatan pada peta pikirannya. Serta mampu mengolah informasi kapanpun ia membutuhkannya.

Metode ini mengutamakan proses pemahaman sehingga model pembelajaran dengan peta pikiran termasuk dalam teori belajar kognitif yang dikembangkan oleh Piaget, Vygotsky dan Ausubel.

Manfaat Peta Minda

Peta minda harus dipahami oleh seorang pendidik karena dapat membantu siswa dalam belajar. Beberapa manfaat dari penerapan peta konsep ini antara lain sebagai berikut!

1). Membantu seseorang untuk dapat merencanakan dan berkomunikasi.

2). Membuat lebih kreatif.

3). Membantu memecahkan masalah.

4). Membantu lebih fokus dalam memecahkan masalah.

5). Memudahkan menyusun dan juga menjelaskan pemikiran-pemikiran yang terdapat dalam pemikiran.

6). Membantu untuk lebih mudah mengingat apa yang dipelajari.

7). Membantu belajar lebih cepat, lebih efisien dan juga untuk melatih gambaran keseluruhan.

8). Mampu mengefisienkan waktu dalam mempelajari suatu informasi.

Dengan kata lain, peta konsep ini mampu menyajikan gambaran yang komprehensif tentang sesuatu.

Juga mengubah pola pencatatan waktu menjadi lebih efektif dan membuat individu mampu memahami sesuatu dalam waktu yang singkat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian peta minda menurut ahli, cara membuat dan manfaat peta minda.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan dan membantumu membuat peta minda. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Nyali Tak Ciut, Nikita Mirzani Temui Polisi yang Kepung Rumahnya: Dibayar Berapa Kalian?

Rumah Nikita Mirzani dikepung polisi pada Rabu (15/6/2022) dini hari. Kehadiran polisi tidak membuat nyali Nikita Mirzani menciut. Artis kontroversial…

Sempat Niat Bunuh Diri, Dewi Sandra Ngaku Siap Menjadi Orang ke-4 dalam Hidup Sang Suami, Kenapa?

Jarang terekspose kendati beristrikan seorang artis sekelas Dewi Sandra, Agus Rahman beberkan alasannya. Dewi Sandra menjadi salah satu public figure…

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Belum Sempat Pulang ke Rumah Usai Lulus Pendidikan, Anggota Brimob ini Dijemput Sang Ayah dalam Kondisi Tak Bernyawa, Warganet Banjir Air Mata

Gugur dalam tugas adalah resiko bagi setiap anggota TNI-POLRI. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang langsung ditugaskan ke daerah berbahaya.…

Lirik Lagu Angel – Denny Caknan feat Cak Percil

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Cinta – Melly Goeslaw

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Kelakuan Anang Hermansyah Tiap Malam Terbongkar, Ashanty Sampai Ancam Suaminya Tak Diberi Jatah Gegara Hal Sepele Ini!

Beberapa waktu lalu, Ashanty membongkar soal kehidupan ranjang dirinya selama menikah dengan Anang Hermansyah. Bahkan secara terang-terangan Ashanty mengaku hampir…

Bak Petir di Siang Bolong! Baru Juga 3 Tahun Nikah, Maia Estianty Ngaku Siap Menjanda Kembali: ‘Gue Harus Siap’

Kehidupan seorang Maia Estianty memang selalu menjadi perhatian. Ia diketahui memiliki kisah hidup yang berliku bahkan dianggap sebagai sosok yang…

Nyawa Hampir Tak Tertolong? Ruben Onsu Akui Tak Sadar Kondisi Kritis Saat Masih Syuting Hingga Dokter Nekat Lakukan Hal Ini!

Sebuah kabar mengejutkan datang dari sosok Presenter kenamaan, Ruben Onsu soal kesehatan sang artis. Bagaimana tidak? usai jalani proses syuting,…

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Selama Ini Dikenal Selalu Ceria, Pemeran Rita Warintil Meninggal Mendadak, Joko Anwar Turut Berduka: Saya Fans Terberatnya

Kabar duka datang dari dunia hiburan. YouTuber dan komedian Purwadi atau dikenal sebagai pemeran Rita Warintil meninggal dunia. Kabar duka…

Nekat Ceraikan Mantan Raffi Ahmad dan Nikah Lagi, Begini Kabar Engku Emran usai Pisah dari Laudya Cynthia Bella, Nasibnya Beda Jauh dengan Eks Istri!

Nekat Ceraikan Mantan Raffi Ahmad dan Nikah Lagi, Begini Kabar Engku Emran usai Pisah dari Laudya Cynthia Bella, Nasibnya Beda…