Pengertian Perusahaan Manufaktur Menurut Ahli, Perkembangan, Sistem dan Contoh Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah jenis badan usaha. Perbedaan antara manufaktur dan lainnya adalah pekerjaannya menggunakan mesin, peralatan, dan tenaga kerja tertentu.

Dalam proses kerjanya, perusahaan ini memiliki ciri khas yaitu mengolah bahan mentah menjadi produk jadi yang memiliki nilai jual yang besar. Untuk lebih memahami terkait perusahaan manufaktur, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Manufaktur Menurut Ahli

Pengertian teknis manufaktur adalah kegiatan mengolah bahan mentah melalui proses kimia dan fisika dalam mengubah suatu bentuk, sifat, dan kenampakan menjadi suatu produk.

Selain itu, manufaktur itu sendiri meliputi perakitan berbagai bahan untuk menjadi suatu produk. Berbeda dengan pengertian manufaktur berdasarkan istilah ekonomi. Dimana manufaktur adalah kegiatan mengubah suatu bahan mentah menjadi suatu produk yang memiliki bentuk dan nilai jual.

1). CIRP tahun 1983

Menurut CIRP tahun 1983 menjelaskan tentang manufaktur, beliau menjelaskan bahwa manufaktur adalah suatu tahapan dalam pembuatan produk. Tahapan ini meliputi desain produk, pemilihan barang, perencanaan, manufaktur, kualitas, dan lain-lain.

2). Heizer, dkk (2005)

Manufaktur berasal dari kata manufacturing yang berarti membuat dengan tangan (manual) atau dengan mesin untuk menghasilkan sesuatu. Untuk membuat sesuatu dengan tangan atau mesin, diperlukan bahan atau barang lain.

Sama seperti membuat makanan, tentu kita memerlukan ragam bahan olahan. Secara umum dapat dikatakan bahwa manufaktur adalah kegiatan mengolah satu atau beberapa bahan menjadi barang lain yang mempunyai nilai tambah lebih besar.

Manufaktur juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang mengolah input menjadi output. Kegiatan manufaktur dapat dilakukan oleh perorangan (manufacturer) atau oleh perusahaan (manufacturing company).

Sedangkan industri manufaktur adalah sekelompok perusahaan sejenis yang mengolah bahan menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dengan nilai tambah yang lebih besar.

Dalam proses dan tahapan yang dilakukan dalam kegiatan perusahaan manufaktur telah dilakukan berdasarkan Standar Operasional Prosedur atau biasa disebut SOP yang telah ditetapkan.

Salah satu bagian dari perusahaan manufaktur di Indonesia biasa disebut dengan pabrik. Pabrik merupakan tempat berlangsungnya proses produksi.

Perkembangan Teknologi Manufaktur

Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin produksi dengan presisi tinggi. Misalnya CNC (Computer Numerical Contor) atau perhitungan numerik, CAM (Computer Aided Manufacturing), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk mendesain bentuk suatu produk yang akan dikeluarkan di suatu industri atau pabrik.

Misalnya mesin serba guna di industri logam sehingga kita dapat menemukan berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit jika dilakukan secara manual.

Banyak mesin di industri garmen juga dilengkapi dengan kontrol komputer. Beberapa diantaranya seperti mesin mewarnai, membuat batas dan sebagainya.

Selain itu, industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan tugas-tugas tertentu. Tugas yang dimaksud adalah dalam suatu industri yang dikendalikan oleh komputer yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

Misalnya, lengan robot yang dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen dan chip kecil pada motherboard komputer. Berbagai macam teknologi yang digunakan dalam dunia industry manufaktur antara lain:

  • Teknologi mesin
  • Automatic Identifications Systems (AIS) dan Radio Frequency Identification (RFID)
  • Pengendalian Proses
  • Sistem Visi
  • Robot
  • Automated Storage and Retrieval Systems (ASRS)
  • Automated Guided Vehicles (AGV)
  • Flexible Manufacturing Systems (FMS)
  • Computer Integrated Manufacturing (CIM)

Sistem Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur harus menerapkan proses pengerjaan suatu barang agar lebih efektif. Sistem yang baik dalam sebuah perusahaan manufaktur adalah penerapan sistem lean manufacturing.

Penerapan sistem ini akan meningkatkan produktivitas pekerja, memiliki nilai efisiensi dan unggul dalam operasional perusahaan. Berikut implementasi sistem lean manufacturing antara lain:

1). Menerapkan Sistem Tarik

Sistem tarik adalah penarikan material hanya pada saat dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas perusahaan.

2). Fokus Pada Peningkatan Kualitas

Fokus dan menjaga kualitas harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Dengan menjaga kualitas, produk akan memiliki kualitas terbaik untuk diberikan kepada pelanggan.

3). Perencanaan dan Pelaksanaan

Dalam setiap bisnis, perencanaan merupakan hal yang penting untuk pengembangan bisnis dan produk. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengurangi terjadinya pemborosan atau terjadinya kegagalan produksi.

4). Perbaikan Berkala

Perbaikan terus-menerus adalah suatu keharusan bagi setiap bisnis, bukan hanya perusahaan manufaktur. Bertujuan untuk melakukan perbaikan setiap saat terhadap produk agar pelanggan merasa senang.

5). Kemampuan Membuat Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Pengambilan keputusan yang tepat dan akurat akan menjadi cara yang efektif dalam proses pembuatan barang.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Ada banyak contoh perusahaan manufaktur di dunia. Perusahaan manufaktur di Indonesia juga banyak, dengan jenis industri yang beragam. Berikut ini adalah contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, antara lain:

1). Tekstil dan Garmen

Tekstil dan garmen merupakan salah satu perusahaan manufaktur industri di Indonesia. Industri tekstil ini berjalan dengan mengolah kapas menjadi benang, kemudian benang menjadi kain. Dimana selanjutnya tersebut dapat diolah kembali menjadi pakaian seperti baju, celana dan lain-lain.

Industri tekstil dan garmen membutuhkan banyak tenaga kerja. Maka tidak heran jika banyak sekali orang Indonesia yang bekerja di perusahaan manufaktur tekstil dan garmen. Contoh industri tekstil dan garmen di Indonesia adalah PT Sri Rejeki Isman

2). Otomotif

Otomotif adalah perusahaan manufaktur industri di Indonesia juga. Industri ini bergerak dengan memanfaatkan teknologi tingkat tinggi untuk melakukan proses produksi.

Banyak sekali barang-barang yang dihasilkan dari industri otomotif di Indonesia, barang-barang yang dihasilkan dari industri otomotif antara lain sepeda motor, mobil dan lain-lain. Contoh industri otomotif yang terkenal di Indonesia dan dunia adalah Grup Astra.

3). Elektronik

Elektronik memiliki kemiripan dengan industri otomotif, dimana perusahaan manufaktur industri elektronik menggunakan teknologi tinggi dalam pembuatan suatu barang. Hasil produksi industri elektronik sangat banyak dan sangat sering dijumpai dan digunakan oleh masyarakat.

Misalnya seperti televisi, komputer, laptop, handphone, lemari es, AC, kipas angin, dispenser, kompor listrik dan lain-lain. Contoh perusahaan elektronik besar di Indonesia dan cukup terkenal adalah Maspion Electronics yang didirikan di Surabaya.

4). Makanan dan Minuman

Banyak perusahaan makanan dan minuman menggunakan perusahaan manufaktur sebagai bahan utama. Industri makanan dan minuman bergerak dalam pengolahan suatu bahan mentah menjadi makanan dan minuman yang siap dikonsumsi oleh konsumen.

Ada banyak produk dari industri makanan dan minuman, misalnya makanan ringan, makanan kemasan, minuman kemasan, dan lain-lain. Contoh perusahaan besar makanan dan minuman serta barang konsumsi yang berasal dari Indonesia adalah Mayora Group.

5). Kerajinan

Kerajinan tangan merupakan industri yang banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia. Banyak sekali hasil kerajinan dari Indonesia yang dikirim ke luar negeri.

Ada banyak jenis produk yang berasal dari industri kerajinan. Misalnya keramik, kain tenun, ukiran kayu dan batu.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian perusahaan manufaktur menurut ahli, perkembangan, sistem dan contoh perusahaan manufaktur.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan manufaktur. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Selalu Ada yang Dinyanyikan oleh Blackout

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Karo Durma Daging – Maharani Tarigan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Kondisi Nikita Mirzani Mengkhawatirkan, Ini Unggahan Terakhirnya

Kondisi Nikita Mirzani yang sedang dirawat di rumah sakit tampaknya mengkhawatirkan. Hal tersebut diketahui dari unggahan Instagram Story di akun…

Lirik Lagu Judika Tak Mungkin Bersama

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Dirimu Satu yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Gugur Bunga Cipta Ismail Marzuki

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lama Tinggalkan Indonesia, Perubahan Drastis Lekuk Tubuh Syahrini, Istri Reino Barack Hamil?

Membahas mengenai kontroversional Syahrini tak henti-hentinya menjadi perbincangan warganet Indonesia. Menjadi publik figur sudah tentu dirinya menjadi sorotan banyak orang.…

Viral Suami Pamit ke Luar Kota Ternyata Untuk Nikah Lagi, Rombongan Istri Sah Labrak Acara Nikahan

Niat menikah lagi tanpa izin istri, seorang pria malah ke gep sampai dilabrak. Di TikTok tengah viral sebuah video yang…

Video Nikita Mirzani Diduga Sebut Suami Dewi Perssik Penyuka Sejenis Viral Lagi, Depe: Laki Gue Homo, Kawin Lagi!

Di tengah gonjang-ganjing keretakan rumah tangg Dewi Perssik dan Angga Wijaya, sejumlah video lawas yang berkaitan dengan keduanya pun viral…

Aib Syahrini Dinikahi Suami Orang Dikorek, Orangtua Reino Disentil Bak Dapat Karma: Nolak Luna Gegara Skandal, Malah Dapet Mantu Munafik!

Kehidupan rumah tangga Syahrini dengan Reino Barack tak pernah luput dari pemberitaan. Tiga tahun menikah dan belum diberikan keturunan, hubungan…