Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Faktor Pengaruh dan Bentuk Perubahan Sosial

Kita yang hidup dalam masyarakat, tentunya tidak asing dengan perubahan sosial budaya. Bahkan perubahan sosial budaya menjadi kajian yang cukup menarik, sebab mampu merubah gejala dan struktur sosial dalam masyarakat.

Karena disadari atau tidak, perubahan sosial budaya pasti terjadi pada sekelompok orang dan selalu terjadi sepanjang zaman. Ternyata proses perubahan seperti ini adalah hal yang wajar dan sudah menjadi fitrah dan fitrah manusia.

Perubahan sosial budaya yang cukup menarik ya, jadi langsung aja yuk kita simak ulasan mengenai pengertian sosial budaya berikut!

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli, antara lain.

1). Hirschman

Hirschman mendefinisikan bahwa perubahan sosial budaya terjadi karena dipengaruhi oleh komunikasi, cara dan pola pikir masyarakat yang terkait didalamnya. Termasuk juga dipengaruhi oleh faktor internal yang dapat dipengaruhi oleh konflik, perubahan populasi, revolusi, penemuan-penemuan baru dan banyak lagi. Sedangkan terjadinya perubahan sosial budaya yang dipengaruhi oleh faktor eksternal menurut Hirschman dapat disebabkan oleh bencana alam, pengaruh budaya orang lain, peperangan bahkan perubahan iklim dapat berpengaruh.

2). Kornblum

Perubahan sosial budaya menurut W. Kornblum  bisa terjadi disebabkan oleh perubahan komposisi budaya. Baik itu perubahan bertahap atau dalam jangka waktu yang lama.

3). Kingsley Davis

Jika kita membuka buku Human Society, Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial budaya terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

4). Selo Sumardjan

Lebih sederhana, Selo Sumardjan mengatakan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan pranata sosial dalam masyarakat itu sendiri.

5). Max Iver

Tentunya kita sudah tidak asing dengan Max Iver yang merupakan salah satu sosiolog yang juga berbicara tentang perubahan sosial budaya. Dimana sosial budaya diartikan sebagai perubahan sosial yang berlangsung terus menerus dengan hubungan sosial.

6). Max Weber

Menurut Max Weber perubahan sosial budaya adalah suatu keadaan yang terjadi dalam masyarakat yang disebabkan oleh ketidaksamaan dengan unsur-unsur yang ada.

7). Gillin

Selanjutnya ada Gillin yang mendefinisikan perubahan sosial budaya sebagai cara hidup yang dipengaruhi oleh perubahan kondisi budaya material. Termasuk didalamnya perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, ideologi dan karena dipengaruhi oleh penemuan-penemuan baru.

Faktor – Faktor Perubahan Sosial Budaya

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial budaya terjadi karena adanya perubahan struktur dan perubahan fungsi sosial. Dimana ketika perubahan sosial berubah, maka secara otomatis akan mempengaruhi budaya dalam masyarakat itu sendiri.

Sebenarnya dalam pengertian para ahli telah disebutkan faktor-faktor terjadinya perubahan sosial. Namun untuk lebih jelasnya berikut kami sajikan faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain sebagai berikut:

1). Ada Penemuan Baru

Disadari atau tidak, dalam kehidupan bermasyarakat kita akan mengalami akumulasi berbagai macam budaya. Hal ini karena ada penemuan-penemuan baru di masyarakat.

2). Pengaruh Populasi

Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Nah, faktor perubahan penduduk ini juga menjadi salah satu faktor perubahan sosial budaya. Pasalnya, pengaruh perubahan penduduk dapat mempengaruhi perubahan struktur masyarakat.

3). Timbulnya Konflik

Dalam kehidupan sosial, wajar saja jika kita menemukan konflik atau kontradiksi. Umumnya konflik muncul karena pluralitas yang melahirkan berbagai karakter dan sifat yang menimbulkan konflik satu sama lain.

Lahirnya konflik atau kontradiksi inilah yang kemudian mendorong sebagian orang untuk mencari pemecahan masalah atas masalah yang terjadi. Dengan kata lain, adanya konflik sepihak mendorong kreativitas dan mendorong seseorang untuk menciptakan sumber alternatif pemenuhan kebutuhan.

4). Revolusi

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya adalah pemberontakan atau revolusi. Untuk kasus revolusi ini umumnya terjadi dari luar masyarakat.

Revolusi terbentuk di luar lingkungan alam fisik di sekitar masyarakat. Misalnya dikarenakan bencana alam ataupun terjadinya perang.

5). Keterbukaan Terhadap Lapisan Masyarakat

Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya adalah karena keterbukaan masyarakat terhadap perubahan baru. Biasanya masyarakat tipe ini memiliki dua efek, yaitu keterbukaan dan pikiran dan terhadap hal-hal baru.

Di satu sisi, apabila strata masyarakat tidak memiliki dasar nasionalisme yang tinggi, budaya lama warisan filosofis kita akan ditinggalkan dan budaya lama akan hilang.

6). Motivasi Berprestasi

Terjadinya perubahan sosial budaya juga dapat disebabkan karena lapisan masyarakat memiliki motivasi berprestasi yang lebih besar.

Tentunya ini merupakan hal positif yang harus dipertahankan, agar perubahan sosial yang baik juga dapat terjadi. Karena kunci keberhasilan suatu negara adalah kesadaran kolektif untuk berpikir ke depan.

7). Sistem Pendidikan Lanjut

Masih berbicara tentang kemajuan, ternyata ranah pendidikan juga berperan penting dalam perubahan sosial budaya. Semakin tinggi mutu pendidikan, maka akan melahirkan cara pandang dan wawasan peserta didik. Sehingga masyarakat terkait memiliki pemikiran yang maju, rasional dan analitis.

8). Akulturasi

Penyebab perubahan sosial budaya yang sering Anda rasakan adalah akulturasi. Akulturasi adalah pertemuan dua budaya dari bangsa yang berbeda dan saling mempengaruhi.

Proses akulturasi tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses yang terjadi secara terus menerus. Nah, proses terus menerus inilah yang menyebabkan tidak ada rasa perubahan budaya.

9). Asimilasi

Selain proses akulturasi, juga terjadi proses asimilasi. Asimilasi sendiri yaitu perpaduan dua budaya yang berbeda. Dimana kedua budaya tersebut berkembang secara bertahap sehingga memunculkan budaya baru.

Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Di Indonesia banyak terjadi perubahan sosial budaya. Apalagi Indonesia merupakan jajahan dari beberapa negara yang masing-masing penjajah masuk ke Indonesia membawa pengaruh dari negaranya masing-masing.

Nah, nyatanya perubahan sosial budaya memiliki beberapa bentuk yang tidak disadari oleh banyak orang. Adapun bentuk-bentuk nya adalah sebagai berikut:

1). Evolusi

Penggunaan kata evolusi mengacu pada perubahan sosial yang memakan waktu lama tanpa kehendak masyarakat. Terbentuknya revolusi dipengaruhi oleh dorongan masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat yang terjadi saat itu.

2). Revolusi

Istilah revolusi lebih tepat digunakan untuk melakukan perubahan secara cepat tanpa direncanakan terlebih dahulu. Kebalikan dari evolusi, jadi revolusi bisa terjadi karena sudah direncanakan sebelumnya, namun ada juga yang tidak direncanakan.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian perubahan sosial budaya menurut ahli, faktor pengaruh dan bentuk perubahan sosial.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan perubahan sosial. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Ternyata Syahrini Tutupi Kehamilan? Ucapan Reino Jadi Bukti, Bocor Panggilan Baru Incess: Insyaallah

Benarkah selama ini ternyata Syahrini menutupi kehamilannya di hadapan publik. Sudah tiga tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Reino Barack,…

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…