Pengertian Perspektif, Jenis – Jenis dan Perspektif Menurut Beberapa Bidang

Subtitle goes here

By:

September 15, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Berbagai pendapat yang terjadi di kehidupan sehari-hari merupakan hal yang lumrah, karenanya setiap orang pasti memiliki cara pandang terhadap suatu hal yang berbeda-beda.

Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seiring semakin banyaknya pengalaman yang didapat dari suatu kejadian, dari apa yang dibaca, dilihat, dan dirasakan dapat membuat karakter sesoorang terbentuk. Dalam hal ini, bukan hanya mental yang dibentuk tetapi cara memandang terhadap sesuatu juga akan terbentuk dengan sendirinya.

Dalam berbagai bidang, kata perspektif memiliki beragam makna yang disesuaikan dengan tujuan masing-masing. Di kehidupan sehari-hari perspektif berupa acuan dalam memnentukan sebuah keputusan untuk menyelesaikan yang sedang dipikirkan atau dikerjakan.

Lalu, apa sih sebenarnya perspektif itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Perspektif Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian perspektif menurut para ahli, antara lain:

Martono

Perspektif menurutnya merupakan sebuah cara pandang yang manusia gunakan saat melihat suatu fenomena atau masalah yang sedang terjadi.

Sumaatmadja dan Winardit

Cara pandang dan cara berperilaku terhadap suatu masalah atau kegiatan berarti perspektif. Dalam hal ini, ia menyiratkan bahwa manusia senantiasa akan mempunyai perspektif yang digunakan guna memahami sesuatu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Upaya dalam melukiskan suatu pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata telanjang dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tinggi). Selain itu perspektif memiliki makna lain yakni sebuah sudut pandang; pandangan.

Joel M. Charon

Perspektif memiliki arti sebuah kerangka bersifat konseptual, perangkat asumsi, perangkat nilai, dan perangkat gagasan yang kemudian akan mempengaruhi persepi serta tindakan yang akan diambil dalam situasi tertentu.

Collins Dictionary

Berdasarkan Collins Dictionary, perspektif memiliki berbagai makna, yaitu: merupakan cara seseorang berpikir tentang sesuatu yang dipengaruhi oleh keyakinan atau pengalaman. Dalam lini ilmu seni, perspektif bis membuat beberapa objek dalam gambar terlihat jauh lebih dari yang lain.

Melalui berbagai pendapat dari para ahli dapat disimpulkan bahwa perspektif berarti suatu pandangan atau cara pandang yang berguna untuk memaknai atau memahami sebuah kejadian atau permasalahan tertentu.

Perspektif adalah kata yang berasal dari Bahasa Latin, yaitu ‘perspicere’ yang bermakna ‘melihat, pandangan, gambar’. Secara bahasa perspektif merupakan sudut pandang untuk memahami atau memaknai permasalahan.

Jenis – Jenis Perspektif

Berikut dibawah ini jenis-jenis perspektif, antara lain:

Perspektif Mata Manusia

Perspektif manusia merupakan saat objek atau gambar yang dilihat oleh seseorang memiliki posisi sejajar dengan apa yang dilihatnya.

Hingga dapat dikatakan secara sederhana, bahwa perspektif ini bisa menunjukkan suatu objek dengan apa adanya atau sederhana dan hampir sama persis dengan keadaan yang sesungguhnya.

Perspektif Mata Burung

Perspektif ini diibaratkan seperti saat burung mengamati daratan saat ia terbang. Melalui perspektif mata burung ini, seseorang diharapkan dapat melihat objek dari posisi atas, yang mana posisi atas ini dapat melihat sesuatu dari berbagai arah atau aspek.

Dengan cara ini, ketika kita ingin menggambar sebuah ruangan, akan menjadi lebih mudah ssat sudah terpikirkan warna, bentuk, dan berbagai hal lain yang harus dipilih.

Perspektif Mata Kucing atau Cacing

Perspektif mata kucing merupakan perspektif yang memposisikan diri sendiri seperti kucing saat melihat suatu objek dalam posisi tiarap. Melalui perspektif ini memungkinkan penggunanaya seolah-olah sedang melihat objek dari posisi bawah. Melalui cara pandang ini dapat melihat objek secara dramatis.

Dari 3 jenis perspektif di atas, perspektif bermakna bahwa setiap orang berhak serta memiliki cara pandang yang berbeda-beda dalam menilai suatu permasalahan. Masing-masing dari cara pandang tersebut akan menghasilkan pendapat yang berbeda-beda pula.

Perspektif Menurut Beberapa Bidang

Berikut dibawah ini perspektif menurut beberapa bidang, antara lain:

Perspektif Bidang Gambar

Dalam bidang ini, perspektif diartikan sebagai teknik seni yang digunakan saat menggamabr objek 3 dimensi pada permukaan datar. Ketika perspektif digunakan dengan tepat, maka hasil gambarnya tampak seperti nyata.

Perspektif Sosiologi

Perspektif dalam bidang ini dapat diartikan sebagai sebuah asumsi yang berupa cara pandang seseorang yang digunakan saat memahami gejala yang terjadi dan didasarkan pada keyakinan orang yang mempelajari objek tertentu.

Perspektif Komunikasi

Perspektif menurut bidang komunikasi berarti sebuah pilihan dan wawasan yang manusia miliki saat ingin memilih beberapa aturan komunikasi yang berhubungan dengan hidupnya. Dalam bidang komunikasi, perspektif memiliki dua ciri khusus, yaitu:

  • Beberapa aturan dalam komunikasi menjadi tanda bahwa hal yang terjadi merupakan hasil dari proses sebab-akibat.
  • Aturan yang dibuat bertujuan menjadi refleksi atas perilaku yang telah dilakukan manusia.

Demikianlah ulasan terkait dengan perspektif beserta jenis dan menurut beberapa bidang. Semoga artikel ini membantu teman-teman yang sedang membutuhkan.

0 Comment

Comments closed.