Pengertian Perdagangan, Bentuk, Klasifikasi dan Etika Perdagangan

Kelangsungan kehidupan masusia sangat dekat dengan kegiatan perdagangan. Namun walaupun sudah sedekat nadi, apakah kita mengenal betul apa yang dimaksud dari kata perdagangan itu sendiri? Untuk sama-sama belajar, mari simak ulasan mengenai perdagangan berikut ini:

Pengertian Perdagangan

Dalam pengertiannya, perdagangan merujuk pada konsep ekonomi dasar yang melibatkan pembelian dan penjualan barang atau jasa. Dengan kompensasinya sendiri dibayarkan oleh pembeli kepada penjual, bisa juga pertukaran barang atau jasa antar pihak.

Perdagangan ini dapat terjadi dalam ekonomi antara si produsen dengan konsumen. Agar lebih paham, berikut pendapat para ahli mengenai pengertian perdagangan:

Pengertian Perdagangan Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian perdagangan menurut para ahli, antara lain.

Bambang Utoyo, 2009

Bambang Utoyo menghadirkan pengertian perdagangan sebagai proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah dengan wilayah lainya.

Kegiatan sosial ini sendiri muncul dikarenakan adanya perbedaan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki.

Marwati ‘Djoened, 2002

Selanjutnya ada definisi yang hadir dari Mawarti Djoened. Beliau berpendapat bahwa perdagangan adalah kegiatan ekonomi yang mengaitkan antara para produsen dan konsumen.

Dalam hal ini termasuk sebagai kegiatan distribusi,  perdagangan menjamin peredaran, penyebaran dan penyediaan barang melalui mekanisme pasar.

Bambang Prishardoyo & Shodiqin, 2008

Pengertian perdagangan sebagai salah satu jenis kegiatan perusahaan dikarenakan menggunakan sumber daya / faktor-faktor produksi dihadrikan oleh Bambang Prishardoyo & Shodiqin. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan atau menyediakan pelayanan umum.

Berdasarkan tiga pendapat ahli diatas, dapat di simpulkan bahwa pengertian perdagangan merupakan suatu aktivitas atau kegiatan jual dan beli antara produsen dan konsumen. Tak lain bertujuan untuk memperoleh keuntungan seña dapat memenuhi kebutuhan bersama.

Bentuk Perdagangan

Jika dilihat berdasarkan wilayahnya, perdagangan dikategorikan menjadi 2. Antara lain adalah perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional. Adapun penjelasan kedua bentuk perdagangan tersebut adalah sebagai berikut:

Perdagangan Dalam Negeri

Perdagangan jenis ini didasarkan pada undang-undang no 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dalam negeri adalah suatu proses kegiatan jual beli Barang atau Jasa.

Dimana sistem perdagangannya hanya mencangkup wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak termasuk ke Perdagangan Luar Negeri.

Perdagangan dalam negeri sendiri juga sering di artikan sebagai suatu kegiatan perdagangan yang hanya dilakukan disekitar wilayah Indonesia saja. Misalnya dilakukan dari satu daerah ke daerah yang lainnya yang membutuhkan barang atau jasa terkait.

Perdagangan Internasional

Huala Adolf mengatakaan bahwa perdagangan internasional merupakan suatu kegiatan proses perdagangan barang-barang dari kesepakatan tiap negara secara bersama.

Adapun tujuan dari perdagangan internasional tak lain untuk mendapatkan manfaat perdagangan yang akan menambah pendapatan dari suatu negara. Pada hakikatnya, perdagangan internasional sendiri akan melakukan transaksi jual beli dengan negara lain.

Klasifikasi Perdagangan

Perdagangan sendiri terdiri dari berbagai jenis serta berbagai tujuannya. Perdagangan sendiri dapat dikelompokan dengan cara berbeda-beda.

Klasifikasi ini digunakan untuk mengelompokan bisnis mengabungkan perniagaan dengan berdasarkan aktivitas yang dilakukan dalam mendapatkan keuntungan. Diantara klasifikasi perdagangan tersebut adalah sebagai berikut:

1). Manufaktur sebagai perdagangan yang menghasilkan sebuah produk yang berasal daripada barang mentah atau komponen-komponen. Produl mentah ini lalu dijual dagar mendapatkan keuntungan. Contoh perdagangan manufaktur ini adalah perusahaan yang dapat menghasilkan barang mentah seperti komponen mesin.

2). Perdagangan jasa merupakan perdagangan yang dapar menghasilkan barang yang tidak ketara. Perdagangan jasa ini tentu tetap dengan tujuan mendapatkan keuntungan, dangan cara meminta bayaran atas jasa yang sudah diberikan. Contoh perdagangan jasa ini ialah konsultan dan psikologi.

3). Pengedar merupakan pihak yang memiliki peran sebagai perantara barang antara penjual dengan pengguna. Biasanya perdagangan jenis ini merujuk pada perusahaan yang berorientasi-pelanggan dan pengedar.

4). Perdagangan mineral dan pertanian ini merujuk pada sebuah perdagangan yang dapat menghasilkan barang-barang mantah. Barang mentah dalam hal ini berbeda dengan perdagangan manufaktur, melainkan seperti tanaman atau bahan mineral.

5). Perdagangan keuangan memiliki tujuan mendapatkan sebuah keuntungan. Dalam jenis ini didapatkan dari jasa penyediaan modal.

6). Perdagangan pengantaran atau angkuran merupakan jenis perdagangan yang dikakukan dengan mengantarkan barang atau individu dari sebuah tempat ke tempat lainnya.

Etika Perdagangan

Setiap tindakan atau kegiatan tentunya diiringi dengan etika yang harus dijaga. Sama seperti perdagangan yang dalam hal ini memiliki beberapa etika yang harus dipatuhi.

Etika dalam hal ini maksudnya adalah prinsip-prinsip moral yang standard kelakuan perdagangan yang diterima oleh komuniti peniaga dan juga dunia perdagangan.

Etika dalam perdagangan merupakan satu set nilai dan peraturan yang merangkumi peraturan yang baik atau buruk dalam operasi perdagangan.

Pada kebiasaannya pihak kerajaan, orang ramai, pesaing dan juga individu ini menentukan apa yang boleh diterima umum. Misalkan Pak A usahawan, harus lah beretika dalam tindakan perdagangannya sebagai seorang yang jujur dan amanah.

Demikian artikel kami mengenai perdagangan yang mengulas mulai dari pengertian, bentuk, klasifikasi dan etika perdagangan. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan baru mengenai perdagangan. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bunda, Ini 6 Minyak Goreng Alternatif Pengganti Minyak Sawit

Minyak goreng, yang berasal dari lemak tumbuhan atau lemak hewan yang dimurnikan, merupakan salah satu kebutuhan dapur yang paling penting…

Prilly Latuconsina Dihina Teman-temannya karena Tak Pernah Berhubungan Intim dengan Pacar: Pantesan Putus!

Bekerja di industri hiburan, tak jarang muncul stigma macam-macam pada artis Tanah Air. Salah satunya yang pernah mengalaminya adalah artis…

11 Tahun Dampingi Sang Suami dari Sekolah hingga Jadi Perwira Polisi, Ratu FTV Ini Punya Alasan Khusus Pilih Jadi Ibu Bhayangkari Ketimbang Main Sinetron

Nama Kadek Devi pernah ramai menghiasi dunia FTV Indonesia. Namun, kini nama Kadek Devi sudah tak pernah lagi muncul dan…

Viral! Pengantin Wanita Ini Disebut Jadi Idaman Mertua, Netizen: Mirip Lesti Kejora

Video sepasang pengantin tengah viral di dunia maya. Pasalnya, dalam video itu, mempelai wanita terlihat menggendong seorang balita. "Permisi, idaman…

Iri? Sindiran Doddy Sudrajat pada Keluarga Faisal yang Liburan ke Bali, Ayah Mayang Langsung Diskakmat: Situ 40 Harian Gelar Konser

Ulah Doddy Sudrajat seolah tak ada habisnya, terutama jika menyenggol keluarga Faisal. Kali ini, Doddy Sudrajat diduga menyindir keluarga mendiang…

Denny Darko Terawang Kecelakaan Maut di Balikpapan: Sang Driver Diserang

Ahli Tarot Denny Darko menerawang kecelakaan maut yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat 21 Januari 2022. Dari terawangannya sang…

TERUNGKAP! Wanita di Video Belatung Diduga Telah Jadi Mayat, Gambarnya Viral di Twitter dan Tiktok

Wanita dalam video belatung diduga adalah mayat. Wanita dalam video yang bagian viralnya mengeluarkan belatung disebut-sebut telah meninggal. Video belatung…

Saksinya Dhawiya, Perselingkuhan Raffi Ahmad Bocor ke TV, Sosok Yuni Shara Ikut Terseret: Lu Cumbu-cumbu Ada Gue!

Julukan playboy disematkan pada sosok Raffi Ahmad bukan tanpa sebab. Sejak muda, Raffi Ahmad dikenal dengan kebiasaannya yang hobi gonta-ganti…

Kutukan Nia Ramadhani dan Vonis 1 Tahun Penjara

Nia Ramadhani pernah merasa dilema menjadi dirinya sendiri adalah sebuah kutukan. Jeratan kasus sabu untuknya saat ini pun disebutnya sebagai…

Cuma Anggap Teman Seranjang, Nikita Mirzani Bongkar Kisahnya dengan Sosok Artis Pria Ini

Nikita Mirzani memang tak sungkan membagikan kisah hidupnya, ia pun terkenal dengan gayanya yang blak-blakan dan tak malu mengakui yang…