Pengertian Peradaban Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

September 17, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Ada yang suka denger lagu “Peradaban” dari Feast? Wah, lagunya dalam sekali ya. Mengisahkan keadaan negara dengan judul “peradaban” ini memunculkan pertanyaan besar.

Tak lain pertanyaan mengenai pengertian kata peradaban itu sendiri. Agar sama-sama belajar, yuk simak 8 pengertian peradaban menurut beberapa ahli dan ciri-cirinya berikut!

Pengertian Peradaban

Peradaban adalah bagian dari budaya yang sangat halus, indah dan maju. Sedangkan pengertian peradaban dalam arti yang lebih luas adalah kumpulan identitas seluas-luasnya dari semua hasil budi daya manusia, yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.

Dalam hal ini baik fisik (seperti bangunan, jalan) maupun non fisik (nilai, ketertiban, seni, budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi). Peradaban sendiri diidentifikasi melalui unsur-unsur objektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, adat istiadat, institusi serta melalui identifikasi diri subjektif.

Istilah “peradaban” dalam bahasa Inggris disebut dengan Civilization. Dalambahasa asing lainnya Civilization sering disebut bescahave (Belanda) dan zivilsation (Jerman). Untuk lengkapnya, berikut pengertian peradaban menurut ahli:

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian peradaban menurut para ahli, antara lain:

1. Bierens De Hann

Menurut Bierens De Hann peradaban adalah segala kehidupan sosial, politik, ekonomi dan teknis. Jadi peradaban memiliki kegunaan praktis dalam hubungan sosial.

2. Huntington

Peradaban sering digunakan untuk menunjukkan pendapat dan penilaian terhadap perkembangan kebudayaan. Tepatnya pada saat perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berupa unsur-unsur kebudayaan yang halus, indah, tinggi, santun, luhur dan sebagainya. Maka, dalam masyarakat pemilik budaya tersebut dikatakan memiliki peradaban yang tinggi.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka masyarakat Amerika, khususnya Amerika Serikat dan Eropa yang selama ini dipersatukan oleh bahasa, budaya dan agama dapat digolongkan dalam satu peradaban, yaitu peradaban barat.

3. Albion Small

Peradaban adalah kemampuan manusia untuk mengendalikan dorongan dasar manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Sedangkan budaya mengacu pada kemampuan manusia untuk menguasai alam melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Albion Small Jjuga menambahkan bahwa peradaban berkaitan dengan suatu perbaikan yang bersifat kualitatif Menyangkut kondisi pikiran manusia. Sedangkan kebudayaan mengacu pada sesuatu yang material, faktual, relevan dan konkrit.

4. Alfred Weber

Pengertian peradaban mengacu pada pengetahuan praktis dan intelektual. Serta seperangkat metode teknis yang digunakan untuk mengendalikan alam. Dimana dalam budaya sendiri terdiri dari seperangkat nilai, prinsip, normative dan ide unik.

5. Prof. Dr. Koentjaraningrat

Menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat, peradaban adalah bagian halus dan indah seperti seni. Dimana dalam suatu masyarakat yang telah maju, berarti memiliki peradaban yang tinggi.

Istilah peradaban sering digunakan untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan.

Dimana ketika perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berupa unsur-unsur kebudayaan yang halus, indah, tinggi, santun, luhur dan sebagainya, masyarakat yang memiliki kebudayaan itu adalah dikatakan memiliki peradaban yang tinggi.

6. Oswald Spengler

Pengertian peradaban menurut Oswald Spengler adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkatan yang tinggi atau kompleks. Peradaban sendiri juga merupakan tingkatan kebudayaan ketika telah mencapai tingkatan yang tinggi dan kompleks.

7. V. Gordon Childe

Peradaban sebagai transformasi unsur-unsur kebudayaan manusia. Berarti bahwa transformasi dalam penguasaan tulisan, metalurgi, bangunan arsitektur monumental, perdagangan jarak jauh, standar ukur panjang dan berat, aritmatika, alat angkut, cabang seni dan seninya.

Termasuk juga seniman, produksi surplus, sistem pertukaran atau barter dan penggunaan bajak atau alat pertanian lainnya.

8. S. Czarnowski

S. Czarnowski mendefinisikan peradaban sebagai tingkat budaya tertentu, yaitu tingkat tertinggi yang mengandaikan tahap perkembangan umum dari manusia yang lebih rendah selama prasejarah dan zaman barbar.

Karakteristik Peradaban

Peradaban memiliki ciri atau ciri yang berfungsi dalam memperjelas peradaban dan juga berfungsi dalam membedakan peradaban dan budaya.

Dimana kita tahu bahwa banyak dari kita yang menganggap bahwa peradaban dan budaya itu sama, padahal peradaban dan budaya itu sangat berbeda.

Oleh karena itu, ciri-ciri peradaban sangat membantu dalam membedakan antara peradaban dan budaya. Ciri-ciri umum suatu peradaban adalah sebagai berikut.

1). Pembangunan kota baru dengan tata ruang yang baik, indah dan juga modern.

2). Memiliki sistem pemerintahan yang tertib karena ada peraturan perundang-undangan.

3). Perkembangan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju seperti astronomi, kesehatan, tulisan, arsitektur, seni, geometri, agama dan sederet lainnya.

4). Terdiri dari masyarakat dalam berbagai jenis pekerjaan, keterampilan dan strata sosial lebih kompleks.

5). Merupakan hasil pemikiran manusia.

6). Pikiran berasal dari keberadaan.

7). Ada perkembangan atau perubahan ke tahap yang lebih baik.

8). Menghasilkan sesuatu yang memberikan kebermanfaatan.

9). Ada unsur budaya sekitar

10). Menciptakan sesuatu yang lebih

11). Ada klasifikasi

Demikian ulasan kami mengenai peradaban yang menyajikan pengertian peradaban menurut beberapa ahli dan ciri-cirinya.

Semoga artikel kami membantu kamu, khususnya dalam lebih memahami terkait pengertian peradaban. Terimakasih sudah singgah dan semoga harimu menyenangkan.

0 Comment

Comments closed.