6+ Pengertian Penjualan Menurut Ahli, Faktor Pengaruh dan Tujuan Penjualan

Dalam kegiatan pemasaran yang sangat kompleks dan saling terkait satu sama lain. Salah satunya adalah keterkaitan antara promosi dan penjualan, yang harus dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu laba.

Promosi berfungsi untuk meningkatkan volume penjualan. Dilain sisi jug sekaligus sebagai strategi untuk menjangkau pembeli untuk ditukar. Sedangkan penjualan ialah pemindahan barang dan jasa.

Umumnya, perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume penjualan akan melakukan kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang dimaksud baik melalui periklanan, personal selling dan publisitas.

Pengertian Penjualan Menurut Ahli

Penjualan merupakan urat nadi suatu perusahaan. Sebab dari penjualan itulah dapat diperoleh keuntungan.

Sekaligus sebagai upaya menarik konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik konsumen agar dapat mengetahui hasil dari produk.

1). Moekijat (dalam Kamus Istilah Ekonomi)

Menjual adalah suatu kegiatan yang bertujuan mencari pembeli. Penjual biasanya juga mempengaruhi dan memberikan petunjuk agar pembeli menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan. Nah, selanjutnya penjual dan pembeli akan mengadakan kesepakatan mengenai harga yang menguntungkan kedua belah pihak.

2). Marwan (1991)

Penjualan adalah upaya terpadu untuk mengembangkan rencana strategis. Diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pembeli. Dilakukan dengan tujuan mendapatkan penjualan yang menghasilkan keuntungan.

3). Philip Kotler (dalam buku “Manajemen Pemasaran (2000:8))

Pengertian penjualan menurut Kotler adalah proses sosial dan manajerial. Dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Kegiatan didalamnya termasuk menciptakan, menawarkan, dan menukar produk yang bernilai dengan orang lain.

4). Nitisemito (1998:13)

Menurut Nitisemito, yang dimaksud dengan penjualan meliputi segala kegiatan yang ditujukan demi memperlancar arus barang dan jasa. Penjualan sendiri bergerak dari produsen ke konsumen, dengan cara yang paling efisien. Penilihan cara terbaik ini dimaksudkan untuk menciptakan permintaan yang efektif.

5). Assuari (2004:5)

Assuari berpendapat bahwa menjual adalah kegiatan manusia. Keinginan yang mengarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan. Pemuasan kebutuhan dan keinginan ini diwujudkan melalui suatu proses pertukaran.

6). Basu Swastha (dalam buku Prinsip-Prinsip Pemasaran)

Menjual adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi penjual, untuk membujuk orang lain agar membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Penjualan sebagai proses menawarkan barang atau produk kepada konsumen, dengan cara merayu.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penjualan

Dalam prakteknya, kegiatan penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1). Kondisi dan Kemampuan Penjual

Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik atas barang dan jasa pada prinsipnya melibatkan dua pihak. Hal ini tentunya juga menyangkut penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.

Artinya penjual harus memiliki kemampuan meyakinkan pembeli, agar berhasil mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk mencapai hal tersebut, penjual harus memahami beberapa hal penting yang berkaitan erat diantaranya sebagai berikut:

  • Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan.
  • Harga produk
  • Syarat penjualan meliputi pembayaran, pengiriman, layanan purna jual, garansi dan sebagainya.

2). Kondisi Pasar

Kondisis pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak juga harus diperhatikan. Sebab pasar berperan menjadi sasaran penjualan juga dapat mempengaruhi kegiatan penjualan. Faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan bagi penjual meliputi:

  • Jenis pasar
  • Kelompok pembeli atau segmen pasar
  • Daya beli
  • Frekuensi pembelian
  • Keinginan dan kebutuhan

3). Modal

Akan lebih sulit penjualan barang jika barang yang dijual belum diketahui oleh calon pembeli.

Masalah lain seperti jika lokasi pembeli jauh dari tempat penjual. Dalam hal ini penjual harus melakukan gerakan, yakni membawa barangnya ke tempat pembeli.

Nah, tentunya semua hal tersebut hanya bisa dilakukan jika penjualan memiliki jumlah modal.

Modal yang dimaksudkan adalah untuk memenuhi beberapa kebutuhan perusahaan seperti:

  • Sarana transportasi
  • Tempat percontohan dalam maupun di luar perusahaan itu sendiri
  • Sarana promosi

4). Kondisi Organisasi Perusahaan

Pada perusahaan yang sudah besar, masalah penjualan akan ditangani oleh bagian ahli tersendiri.

Biasanya dinamakan dengan departemen penjualan yang dipegang oleh orang yang memang sudah ahli dalam bidang penjualan.

5). Faktor Pendukung Lain

Selain fator yang sudah dijelaskan diatas, terdapat juga faktor lain seperti iklan, demonstrasi, kampanye dan pemberian hadiah yang sering mempengaruhi penjualan. Namun, untuk melakukannya, sejumlah besar uang diperlukan.

Tujuan Penjualan Perusahaan

Setelah memahami pengertiannya, kita harus memahami bahwa penjualan dilakukan dengan berbagai tujuan yang penting bagi bisnis atau perusahaan itu sendiri. Adapun tujuan dari penjualan adalah sebagai berikut:

1). Setiap Perusahaan Pasti Memiliki Tujuan yang Ingin Dicapai

Jumlah penjualan dan pembelian perusahaan diharapkan naik setiap bulan atau tahun untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis.

2). Menghasilkan Keuntungan

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan atau profit dari produk yang dijual.

Dengan manajemen yang baik, perusahaan atau bisnis mu akan mendapatkan keuntungan besar dan mendapatkan pelanggan setia.

3). Mendukung Pertumbuhan Perusahaan

Jika perusahaan mencapai target yang ditetapkan, tentu bisnis akan cepat berkembang.

Hal ini juga terbantu dengan peningkatan kinerja perusahaan sebagai distributor dalam menjamin kualitas barang yang dijual.

Demikian artikel kami mengenai 6 pengertian penjualan menurut ahli, faktor yang memengaruhi penjualan dan tujuan penjualan.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai penjualan. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN