Pengertian Pendekatan dan Jenis-Jenis Pendekatan Penelitian

Subtitle goes here

By:

September 22, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Bagi seorang peneliti, tentu prihal pendekatam sudah tidak asing lagi. Sebab kehadiran pendekatan dalam penelitian ini sangat dibutuhkan.

Namun bagi kita yang masih muda dalam penelitian, mungkin masih bingung terkait pendekatan ya. Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pendekatan berikut!

Pengertian Pendekatan

Pendekatan penelitian sangat penting dilakukan sebelum seorang peneliti melakukan penelitian lebih lanjut. Sebab manfaat pendekatan penelitian adalah ketika menjawab atau menentukan rumusan masalah, peneliti dapat dibantu/difasilitasi. Pendekatan penelitian harus sejalan dengan kebutuhan untuk mendefinisikan dan menjawab pertanyaan penelitian.

Dalam penelitian sosial, pendekatan penelitian mencakup tiga jenis, yaitu kualitatif, kuantitatif dan metode campuran. Sebelum masuk ke jenis nya, mari kita simak pengertian pendekatan yang didefinisikan oleh ahli sebagai berikut:

Deirdre D. Johnston dan Scott W. Vanderstoe

Menurut Deirdre D. Johnston dan Scott W. Vanderstoep, pendekatan adalah perancangan prosedur dan rencana yang dimulai dari tahap hipotesis. Kemudian berlanjut pada pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Pendekatan penelitian ini juga telah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu pendekatan analisis dan pengumpulan data.

Pendekatan data dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menciptakan gambaran tentang peristiwa yang diteliti secara deskriptif dan naratif. Sedangkan pendekatan kuantitatif adalah pengukuran numerik berdasarkan peristiwa yang sedang dipelajari.

Nazir (2014)

Selanjutnya menurut Nazir, pendekatan penelitian adalah metode penelitian ilmiah dimana dalam pencarian kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis.

Hamid Darmadi (2014)

Hadir juga definisi menurut Hamid Darmadi, yang menyatakan bahwa pendekatan penelitian adalah metode atau metode ilmiah demi memperoleh data dengan tujuan tertentu.

Arikunto (2019)

Menurut Arikunto metode penelitian merupakan metode utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas permasalahan yang diajukan.

Sukadarrumidi (2012)

Sukandarrumidi menjelaskan bahwa pendekatan penelitian merupakan metode utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan. Juga demi menentukan jawaban atas permasalahan yang diajukan.

Jenis-Jenis Pendekatan Penelitian

Berikut dibawah ini Jenis-Jenis Pendekatan Penelitian, antara lain:

Pendekatan Metode Kualitatif

Pendekatan penelitian kualitatif adalah pendekatan yang menekankan pada aspek pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah, daripada melihat masalah untuk generalisasi penelitian.

Metode penelitian ini lebih memilih menggunakan teknik analisis mendalam. Yakni dengan menelaah masalah secara kasus per kasus. Hal ini dikarenakan metodologi kualitatif meyakini bahwa sifat masalah yang satu akan berbeda dengan yang lainnya.

Tujuan pendekatan penelitian kualitatif ini bukanlah generalisasi melainkan pemahaman yang mendalam tentang suatu masalah. Maka bisa disimpulkan bahwa penelitian kualitatif berfungsi untuk memberikan kategori substantif dan hipotesis.

Pendekatan penelitian kualitatif terbagi menjadi lima jenis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Penelitian fenomenologis
  2. Teori membumi
  3. Etnografi
  4. Studi kasus
  5. Penelitian naratif

Pendekatan Metode Kuantitatif

Pendekatan penelitian kuantitatif adalah pendekatan yang didasarkan pada filosofi positivism. Digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan alat ukur penelitian dan juga analisis data kuantitatif.

Dengan tujuan menguji dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat/mengatur. Secara umum metode kuantitatif terdiri dari metode survei dan metode eksperimen dengan penjelasan sebagai berikut:

a). Metode Survei

Metode penelitian survei adalah pendekatan penelitian kuantitatif yang digunakan untuk memperoleh data yang terjadi di masa lalu atau sekarang. Tentang keyakinan, pendapat, karakteristik perilaku dan hubungan variable.

Serta untuk menguji beberapa hipotesis tentang variabel sosiologis dan psikologis dari sampel yang diambil dari populasi tertentu. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan wawancara atau angket. Dimana selanjutnya hasil penelitian cenderung digeneralisasikan.

b). Metode eksperimen

Pendekatan penelitian selanjutnya adalah dengan menggunakan eksperimen. Pendekatan penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (perlakuan) terhadap variabel terikat (hasil) dalam kondisi terkendali.

Kondisi dikontrol agar tidak ada variabel lain (selain variabel perlakuan) yang mempengaruhi variabel terikat. Agar kondisi dapat dikendalikan, maka dalam penelitian eksperimen menggunakan kelompok kontrol. Penelitian eksperimental sering dilakukan di laboratorium.

Pendekatan Metode Campuran

Johnson mengungkapkan bahwa metode campuran ini merupakan jenis penelitian yang menggabungkan unsur pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode campuran berfokus pada pengumpulan, analisis dan pencampuran data kuantitatif dan kualitatif dalam satu studi atau serangkaian studi.

Premis dasar menggunakan metode campuran adalah bahwa menggabungkan lebih dari satu jenis sumber data. Dimana kemudian akan memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang masalah penelitian daripada pendekatan tunggal.

Tujuan umum dari metode campuran adalah untuk menggabungkan komponen penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk memperluas dan memperkuat kesimpulan penelitian.

Penggunaan metode campuran harus berkontribusi untuk menjawab pertanyaan penelitian dan seberapa akurat pengetahuan dan validitasnya. Satu sumber data mungkin tidak cukup, karena hasil awal memerlukan elaborasi lebih banyak data.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian pendekatan menurut yang juga membahas terkait jenisnya. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya dalam lebih memahami terkait pendekatan dalam penelitan. Terimakasih sudah singgah dan semangat terus belajar ya!

0 Comment

Comments closed.