Pengertian Pencemaran Udara, Jenis – Jenis, Penyebab dan Dampak Polusi Udara

Secara sadar, kita memahami bahwa udara khususnya di daerah perkotaan yang kita hirup sekarang ini sudah tersemar. Ya, pencemaran udara di zaman ini sudah tidak bisa terelakkan lagi. Maka tak heran jika istilah pencemaran udara terdengar lumrah di telinga kita. Namun, tahukah kamu apa pengertian dari pencemaran udara itu sendiri?

Untuk menambah pengetahuan sekaligus memahami permasalahan pencemaran udara, berikut kami sajikan mulai dari pengertian pencemaran udara menurut ahli, penyebab, sumber, jenis dan dampak pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana adanya satu atau lebih zat kimia, fisik atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang membahayakan.

Zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan atau merusak properti. Pencemaran udara merupakan salah satu jenis pencemaran lingkungan selain pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran suara.

Secara sederhana, pencemaran udara ini merupakan istilah untuk masalah kerusakan kualitas udara. Kerusakan kualitas ini disebabkan oleh berbagai sumber, baik sumber hayati maupun nonhayati.

Pencemaran udara dapat berasal dari berbagai sumber, antara lain: asap kendaraan bermotor, asap pabrik, limbah industri, limbah rumah tangga dan beberapa sumber tersebut juga merupakan sumber pencemaran tanah.

Agar kita lebih memahami apa itu polusi udara, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian pencemaran udara menurut para ahli:

1). Corman

Menurut Corman, pengertian pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana terdapat zat pencemar di atmosfer akibat perbuatan manusia. Hal ini untuk membedakan antara polusi udara alami dan polusi udara di dalam ruangan.

2). Wisnu Arya

Selanjutnya ada pendapat dari Wisnu Arya, yang menyatakan bahwa pencemaran udara merupakan campuran berbagai gas yang tidak tetap sehingga gas-gas tersebut mengganggu kehidupan. Dalam hal ini udara juga merupakan atmosfer di sekitar bumi yang fungsinya sangat penting bagi makhluk hidup.

3). Chambers

Pengertian pencemaran udara juga diartikan oleh Chambers, yang mendefinisikannya sebagai penambahan zat atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal dalam jumlah tertentu. Sehingga dapat dideteksi oleh manusia atau yang dapat dihitung dan diukur, serta dapat menimbulkan pengaruh. pada manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan material.

Penyebab Pencemaran Udara

Setelah memahami pengertian dari pencemaran udara, tentu yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab dari polusi udara itu sendiri. Nah, lebih dari 70% pencemaran udara di Indonesia merupakan akibat dari emisi kendaraan bermotor.

Kendaraan bermotor mengeluarkan zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan. Zat berbahaya tersebut antara lain timbal/timbal (Pb), zat partikulat tersuspensi (SPM), nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO) dan oksida fotokimia (Ox).

Kendaraan bermotor menyumbang hampir 100 persen timbal, 13-44% partikel tersuspensi (SPM), 71-89% hidrokarbon, 34-73% NOx, dan hampir seluruh karbon monoksida (CO) ke udara. Sumber utama debu berasal dari pembakaran sampah rumah tangga, yang merupakan 41% dari sumber debu Jakarta.

Sektor industri juga merupakan sumber utama sulfur dioksida. Peneliti mengungkapkan bahwa tempat-tempat ramai di Jakarta, konsentrasi timbal bisa mencapai 100 kali ambang batas. Tingkat polusi udara di dunia juga sudah mencapai titik sangat mengkhawatirkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 98 persen kota dengan lebih dari 100.000 orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak memenuhi standar kualitas udara WHO. Sedangkan untuk negara berpenghasilan tinggi, jumlahnya menurun menjadi 52 persen.

Sumber Pencemaran Udara

Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab pencemaran udara, mari kita lihat sumber pencemaran udara yang terdiri dari dua sumber sebagai berikut:

1). Sumber pencemaran udara alami, misalnya akibat letusan gunung berapi. Bisa juga kebakaran hutan, nitrifikasi dan denitrifikasi biologis.

2). Sumber pencemaran udara berasal dari manusia. Sumber polusi jenis ini misalnya dari transportasi, emisi pabrik. Zat-zat penyebab pencemaran udara yang berasal dari aktivitas manusia antara lain Karbon Monoksida (CO), Sulfur Oksida (SOx), Nitrogen Oksida (NOx), Partikulat, Hidrokarbon (HC), dan Oksida Fotokimia termasuk ozon.

Jenis – Jenis Pencemaran Udara

Secara umum, ada dua jenis pencemaran udara yang terdiri dari pencemaran udara primer dan pencemaran udara skunder. Untuk lebih memahaminya, berikut kami paparkan:

1). Pencemaran udara primer

Pencemaran udara primer yaitu zat pencemar yang dihasilkan langsung dari sumber pencemaran. Karbon monoksida adalah contoh polutan udara primer karena merupakan produk sampingan dari pembakaran.

2). Pencemaran udara sekunder

Pencemaran udara sekunder, yaitu zat pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam proses fotokimia adalah contoh polusi sekunder. Atmosfer adalah sistem yang kompleks, dinamis, dan rapuh. Baru-baru ini, perhatian telah diberikan pada efek emisi polusi udara terhadap perubahan iklim global dan penipisan lapisan ozon.

Dampak Polusi Udara

Pencemaran udara memiliki dampak yang merugikan bagi semua makhluk hidup, terutama manusia. Berikut ini adalah beberapa dampak pencemaran udara:

Dampak Polusi Udara pada Manusia

Berikut dibawah ini dampak polusi udara pada manusia, antara lain.

a). Menyebabkan gangguan pernapasan bagi manusia karena oksigen tercemar oleh senyawa berbahaya.

b). Menyebabkan masalah pada kulit manusia, seperti kulit kusam, keriput, flek hitam, bahkan kanker kulit.

c). Menimbulkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti asma, batuk dan sederet penyakit lain.

d). Polusi udara juga dapat menyebabkan orang mudah stres dan tidak seimbang secara emosional.

e). Mengganggu pemandangan karena asap.

Dampak Polusi Udara terhadap Lingkungan

Berikut dibawah ini dampak polusi udara terhadap lingkungan, antara lain.

a). Memicu hujan asam, dimana hujan asam dapat merusak tanaman.

b). Mengakibatkan pemanasan global. Polusi udara merupakan salah satu penyebab pemanasan global dalam jangka panjang.

c). Pencemaran udara juga dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Udara yang kotor membuat tanaman mudah terserang penyakit, seperti klorosis, nekrosis, dan flek hitam.

Demikian artikel kami mengenai pengertian pencemaran udara menurut ahli, penyebab, sumber, jenis dan dampak pencemaran udara.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian pencemarn udara. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Utang Tak Dibayar-bayar, Ayu Ting Ting Pasang Muka Tembok Dibandingkan Ivan Gunawan dengan sang Mantan: Dia yang Gaji Gue Yu!

Untuk ukuran biduan dangdut, kekayaan Ayu Ting Ting bukan main. Bayangkan saja, sekali tampil, Ayu Ting Ting bisa dibayar dari…

Pengertian Good Governance, Karakteristik, Prinsip, Implementasi dan Manfaat Good Governance

Pernahkah kamu mendengar istilah good governance? Mungkin bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia administrasi publik, sudah tidak asing lagi dengan…

Ini Dia Sosok Pengemudi Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel, Ternyata Bukan Sopir Biasa

Ini dia sosok pengemudi Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel, ternyata bukan sopir biasa. Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi artis Vanessa…

10+ Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan dan aktivitas kita sehari-hari. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan…

Buat Acara Lamaran dengan Ariel NOAH? Sosok Dina Lorenza Kepergok Sibuk Cari Batik, Netizen Auto Curiga: Cie

Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat heboh menjodoh-jodohkan Ariel NOAH dengan Dina Lorenza. Perjodohan itu dimulai saat Ariel NOAH dan Dina…

15+ Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Belajar merupakan aktifitas interkasi aktif individu terhadap lingkungan sehingga terjadi perubahan tingkah laku seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman,…

Klarifikasi Tudingan Netizen soal Uang Duka, Adik Bibi Andriansyah: Aku Harus Apa? Harus Marah?

Adik mendiang Bibi Andriansyah, Fuji, menanggapi soal tudingan netizen yang menyebutnya uang duka atau donasi untuk Vanessa Angel dan Bibi…

Pengertian Proses Produksi, Karakteristik, Tahapan dan Tujuan Proses Produksi

Semua hal pasti butuh proses, termasuk pula dalam upaya produksi. Sebab tidaklah mungkin suatu produk bisa terwujud tanpa melalui proses…

Keluarga Tubagus Joddy Nangis Minta Maaf ke Ayah Bibi Ardiansyah

Pihak keluarga Tubagus Joddy sopir Vanessa Angel akhirnya datang ke kediaman mendiang Bibi Ardiansyah. Kedatangan mereka bertujuan untuk meminta maaf…

Sopir Mobil Vanessa Angel Akui Sempat Main HP Sebelum Kecelakaan

Penyidik Kepolisian Daerah Jawa Timur mengatakan bahwa sopir mobil Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy, mengakui sempat bermain telepon seluler (HP)…