Pengertian Penawaran Menurut Ahli, Faktor Pengaruh, Ciri Serta Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran

Penawaran merupakan setiap barang dan jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada tingkat dan harga tertentu yang ada yang dapat di pengaruhi oleh penawaran. Jumlah harga yang ada terbentuk pada banyak atau sedikitinya jumlah barang dan jasa yang ada di pasar. Umumnya para pedagang atau produsen akan memasok barang lebih banyak ketika terjadi kenaikan harga serta cenderung menahan harga atau bahkan akan membuang barang tersebut jika jumlah barang sangat banyak di pasar untuk mencegah barang yang sangat murah. Berikut ini kita akan mengulas lebih jelas mengenai penawaran.

Pengertian Penawaran Menurut Ahli

  • Gregory Mankiw

Mengatakan bahwa dalam penawaran, jumlah yang ditawarkan berhubungan positif dengan harga barang. Kuantitas yang ditawarkan meningkat ketika harga naik dan berkurang ketika harga turun.

  • Gilarso

Penawaran adalah jumlah barang tertentu yang bersedia dijual pada berbagai kemungkinan harga selama jangka waktu tertentu, ceteris paribus.

  • Sigit Sardjono

Penawaran dalam teori ekonomi memiliki arti berbagai jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu, sehingga dapat dikatakan bahwa penawaran merupakan barang yang ditawarkan dalam satu periode dengan harga yang berbeda-beda.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan penawaran dapat berubah, hal tersebut disebabkan oleh perubahan yang ada, seperti beberapa barang yang harganya mengalami kenaikan, atau biaya produksi yang betambah dan lainnya, beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu sebagai berikut :

  • Muncul Produsen Baru

Banyaknya barang yang tersedia di pasar juga dipengaruhi oleh munculnya produsen baru. Dimana beberapa perusahaan akan memproduksi barang yang sama sehingga akan lebih banyak stok di pasar. Hal sebaliknya juga berlaku, jika ada produsen yang menarik diri dari persaingan pasar, jumlah produk akan berkurang.

  • Biaya Produksi

Keterkaitan biaya produksi dengan biaya yang digunakan untuk proses produksi. Mulai dari pembelian bahan baku, biaya bahan penolong, gaji karyawan, dan lain-lain. Jika biaya produksi meningkat dari waktu ke waktu, maka harga barang yang diproduksi juga akan meningkat.

Dengan demikian, produsen akan menawarkan barang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini karena produsen tidak ingin menderita kerugian. Sebaliknya, jika biaya produksi turun, produsen akan meningkatkan jumlah produksi. Dengan demikian, pasokan juga akan meningkat.

  • Kemajuan Teknologi

Adanya teknologi akan membuat produk dapat dihasilkan secara maksimal.  Dengan teknologi modern, para produsen lebih mudah untuk menghasilkan produknya berupa barang atau jasa. Mesin modern juga akan menekan biaya produksi sehingga memudahkan produsen untuk menjual barang dalam jumlah yang relatif banyak.

  • Pajak

Pajak merupakan penetapan dari pemerintah atas suatu produk. Pajak dapat mempengaruhi besar kecilnya harga suatu produk. Pajak yang tinggi akan meningkatkan harga jual sebuah produk. Jika harga barang tinggi karena pajak yang tinggi, permintaan akan menurun. Akibatnya, penawaran juga berkurang jumlahnya.

  • Tujuan Perusahaan

Perusahaan tentunya memiliki tujuan untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan demikian, perusahaan akan menjual produk dengan margin keuntungan yang besar dan harga jual yang lebih tinggi.

Jika perusahaan ingin produknya menguasai pasar, maka tetapkan harga yang lebih rendah. Keuntungan yang lebih rendah akan mendorong harga jual dipasaran akan menjadi lebih rendah. Dengan harga yang lebih rendah tersebut maka konsumen akan lebih tertarik untuk membelinya.

  • Harga Barang

Faktor pertama yang mempengaruhi penawaran adalah harga. Ini adalah syarat penting. Karena, tanpa harga, tidak akan ada hukum penawaran. Umumnya hukum penawaran akan berkaitan dengan harga barang dengan prospek jumlah barang.

Jika harga barang naik maka jumlah yang ditawarkan kepada konsumen juga akan naik pula. Namun, ketika harga barang turun, jumlah barang yang tersedia akan berkurang.

  • Harga Barang Pengganti

Jika harga barang substitusi meningkat, penjual akan meningkatkan jumlah barang yang tersedia. Dengan begitu, penjual bisa mengalihkan konsumen ke barang substitusi yang harganya lebih murah.

  • Perkiraan Harga pada Masa Depan

Kuantitas yang ditawarkan juga dipengaruhi oleh prediksi harga di masa depan. Jika perkiraan para ahli strategi dari peruahaan mengatakan bahwa harga produk akan meningkat  tetapi pendapatan masyarakat tetap, maka perusahaan dapat mengurangi jumlah barang yang ditawarkan.

Ciri-ciri Kurva Penawaran

Ciri kurva penawaran merupakan hal-hal yang menggambarkan bahwa sebuah kurva itu merupakan bentuk dari kurva penawaran. Adapun yang menjadi ciri dari kurva penawaran adalah sebagai berikut ini, yaitu :

  • Digambarkan dari kiri bawah ke kanan atas, dimana sesuai dengan hukum penawaran dimana hubungan terbalik antara harga dengan jumlah barang yang diminta, yang menyatakan apabila harga meningkat, maka jumlah barang yang diminta menurun;
  • Yang terjadi jika antara P dan Q bergerak sejalan garis lurus, jika P meningkat maka Q meningkat. Jika P turun maka Q akan menurun.
  • Pindah ke atas dari kiri ke kanan; dan Hubungan positif antara harga dan kuantitas yang ditawarkan dalam hal ini jika harga. meningkat, jumlah yang ditawarkan meningkat dan ketika harga turun, jumlah yang ditawarkan turun.

Pergerakan dan pergeseran kurva penawaran

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai hal-hal yang membuat pergerakan dan pergeseran kurva dapat terjadi, yaitu :

  • Pergerakan Kurva Penawaran

Pergerakan kurva penawaran adalah pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva penawaran yang disebabkan oleh perubahan kuantitas suatu produk yang ditawarkan oleh produsen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut. Pergerakan yang terjadi akan ssama dengan Hukum Penawaran, yaitu ketika harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, sehingga titik pada kurva penawaran akan bergerak ke kanan.

  • Pergeseran Kurva Penawaran

Kurva penawaran juga dapat bergeser, baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran ini terjadi karena adanya perubahan jumlah produk yang ditawarkan oleh produsen sebagai akibat dari berbagai faktor kecuali faktor harga produk tersebut. Berbagai faktor yang dimaksud antara lain harga input, teknologi, ekspektasi (ekspektasi), dan jumlah penjual.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian penawaran menurut ahli, faktor yang mempengaruhi, ciri serta pergerakan dan pergeseran kurva penawaran. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan penawaran. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Bak Tuai Karma Buruk! Dulu Tega Siksa Manohara Hingga Paksa Lakukan Hubungan Seksual Saat Sedang Datang Bulan, Sang Pangeran Kelantan Kini Kabarnya Miris di Depak Dari Istana

Ada yang masih ingat dengan mantan suami Manohara sang Pangeran Kelantan? Sosoknya dahulu pernah viral lantaran melakukan KDRT terhadap Manohara.…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…