Pengertian Penawaran dan Permintaan Lengkap dengan Faktor yang Mempengaruhinya

Dalam perekonomian terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu. Dimana kedua hal ini membentuk titik temu dalam satuan harga dan kuantitas (quantity of goods).

Dimana tentunya setiap transaksi perdagangan memiliki permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada harga dan waktu tertentu.

Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada harga dan waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya terkait pengertian penawaran dan permintaan, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Penawaran

Penawaran dapat diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang tersedia. Barang ini tentunya dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Jadi bisa dikatakan, pelaku dari penawaran ini adalah produsen atau penjual.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran dapat terjadi, jika ketersediaan barang mencukupi. Jika barang atau jasa yang ditawarkan terbatas atau langka, hal ini berpotensi mempengaruhi kenaikan harga.

Kelangkaan barang atau jasa secara langsung mempengaruhi elastisitas penawaran. Jadi pasokan sangat tergantung pada ketersediaan sumber daya yang tersedia. Faktor lainnya yang mempengaruhi penawaran adalah sebagai berikut!

1). Faktor penjual atau produsen

Jumlah produsen yang memproduksi suatu barang berbanding lurus dengan ketersediaan barang. Jadi produsen atau penjual memiliki keyakinan untuk melakukan penawaran, karena ketersediaan barang mendukung proses penawaran.

Padahal, jika barang tidak ditawarkan menyebabkan penumpukan dan berpengaruh pada berhentinya perputaran ekonomi.

2). Harga

Harga merupakan faktor pendukung pertama dalam suatu penawaran. Jika tidak ada harga, penjual atau produsen pasti bingung melakukan penawaran.

Sama halnya dengan calon pembeli yang juga akan mengalami kebingungan ketika memiliki kebutuhan, namun tidak mengetahui harga barang yang akan dibeli.

Maka semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, maka produsen atau perusahaan akan menawarkan lebih banyak barang dan sebaliknya.

3). Harga dan ketersediaan barang serupa sebagai pengganti

Apabila suatu barang mengalami kenaikan harga, maka konsumen akan mencari alternatif lain. Alternatif ini dimaksudkan sebagai pengganti pemenuhan kebutuhan barang utama tersebut.

Konsumen akan melihat barang substitusi, karena biasanya barang substitusi akan memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga barang utama.

Misalnya, jika gula tipe A yang paling disukai konsumen mengalami kenaikan harga, maka konsumen akan mencari alternatif substitusi dengan menggunakan gula B yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama namun dengan harga yang lebih murah.

4). Biaya produksi

Untuk dapat melakukan produksi, seorang produsen membutuhkan modal untuk membiayai produksinya.

Diantaranya seperti untuk membeli bahan baku, untuk membayar gaji karyawan, pembiayaan untuk pengadaan bahan penolong dan sebagainya. Jika biaya produksi meningkat, maka harga barang akan tinggi.

5). Waktu produksi

Waktu produksi mempengaruhi ketersediaan barang dimana penawaran akan terjadi, ketika barang yang ditawarkan dapat diprediksi akan tersedia dalam tenggang waktu tertentu.

Biasanya ketersediaan barang ini tergantung berapa lama waktu produksi yang dibutuhkan.

6). Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi membantu memudahkan produsen dalam menyediakan barang dan jasa. Pemanfaatan teknologi dapat mempersingkat waktu produksi, meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan kapasitas produksi, dan menekan biaya produksi. Dengan sendirinya, manfaatnya akan semakin banyak.

7). Kebijakan pemerintah

Setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan peningkatan produksi dalam negeri dalam rangka menekan impor, hal ini mendorong petani untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas panen atau meningkatkan kuantitas serta kualitas produksi.

Hal ini dapat menekan laju impor barang dari luar, karena produk lokal dapat memenuhi kebutuhan dari segi kualitas dan kuantitas.

8). Pajak dan Subsidi

Secara umum, pajak dikenal sebagai iuran wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang. Dimana imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.

Meskipun merupakan peraturan pemerintah, pajak juga sangat berpengaruh terhadap harga. Jika pajak yang ditetapkan terlalu tinggi, maka produsen tidak dapat melakukan penawaran sehingga permintaan juga menurun.

Selanjutnya subsidi adalah suatu bentuk bantuan atau dukungan dari pemerintah yang diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil produksi suatu usaha atau sektor ekonomi.

Subsidi bisa dalam bentuk uang atau komoditas dimana dengan adanya subsidi dari pemerintah, jumlah produksi akan meningkat begitu juga dari sisi penawaran.

Pengertian Permintaan

Permintaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk meminta sesuatu atau barang dalam jumlah tertentu, yang akan dibeli atau diminta pada harga dan waktu tertentu.

Permintaan berkaitan erat dengan keinginan konsumen akan barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, jumlahnya tidak terbatas.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Ternyata permintaan itu tidak berdiri sendiri, sebab ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya permintaan sebagai berikut:

1). Harga barang itu sendiri

Jika ada promo sale yang bagus untuk suatu produk, umumnya kita akan buru-buru membeli item tersebut. Hal itu jugalah yang mempengaruhi tingginya permintaan, karena barangnya murah apalagi berkualitas.

Jadi permintaan banyak, jadi permintaannya tinggi. Begitu pula sebaliknya, jika harga cenderung tinggi atau tidak ada promo, maka permintaan terhadap barang tersebut akan cenderung rendah.

2). Harga barang terkait lainnya

Dalam teori ekonomi, jika harga barang substitusi dan barang komplementer turun, maka permintaan terhadap barang tersebut akan menurun. Namun jika harga barang substitusi dan barang komplementer meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat.

3). Tingkat pendapatan dan daya beli konsumen

Daya beli konsumen ditentukan oleh pendapatan konsumen itu sendiri. Jika pendapatan konsumen tinggi, maka secara otomatis daya beli akan meningkat. Daya beli ini, akan meningkatkan permintaan terhadap suatu barang.

Tingkat pendapatan konsumen akan menunjukkan daya beli konsumen. Semakin tinggi tingkat pendapatan, semakin tinggi permintaan terhadap suatu barang.

Misalnya konsumen tidak perlu menunggu promo untuk membeli suatu barang, karena konsumen memiliki dana yang cukup untuk membeli suatu barang.

4). Selera masing-masing konsumen

Jika suatu produk sesuai dengan selera atau kebiasaan konsumen maka permintaan terhadap suatu produk akan meningkat.

Meningkatnya selera, diikuti dengan tren produk yang mengikuti selera, akan meningkatkan permintaan terhadap barang tersebut.

5). Jumlah penduduk

Meskipun kebutuhannya berbeda-beda, namun jumlah penduduk mempengaruhi permintaan.

Hal ini ditunjukkan dengan semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara maka semakin tinggi pula permintaan terhadap suatu barang pada harga tertentu.

Demikian artikel kami mengenai pengertian penawaran dan permintaan lengkap dengan faktor yang mempengaruhinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai penawaran dan permintaan. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Air Mata Nia Ramadhani Pecah! Tak Hanya Dituntut 12 Bulan Masa Rehabilitasi, Ardi Bakrie dan Istri Juga Harus Telan Pil Pahit Gegara Hukuman Berat Ini: Kami Minta Keringanan…

Nia Ramadhani mengaku syok dengan permintaan JPU (Jaksa Penuntut Umum). Kasus penyalahgunaan narkoba yang menimpa Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Gading Marten Mendadak Singgung ‘Semoga Dukamu Bukan Konten’, Netter Riuh Sebut Nama Nikita Mirzani!

Aktor tampan Gading Marten mendadak mencuri perhatian publik. Ini lantaran unggahan Instagram Stories miliknya yang seakan menyinggung seseorang yang tengah…

Sri Mulyani Pusing Jadi Penduduk Indonesia: NIK, NPWP dan Paspor Nomornya Berbeda Semua!

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani mengaku sangat pusing dan heran dengan penduduk Indonesia saat ini yang memiliki banyak nomor yang…

Berkali-kali Lakukan Operasi Plastik, Netizen Salfok Lihat Tubuh Krisdayanti Gunakan Pakaian Terbuk: Kok Begitu

Sosok Krisdayanti memang tak ada henti-hentinya menjadi sorotan. Diusianya yang ke-44 tahun, KD sapaan akrab Krisdayanti bahkan masih cantik dan…

Belangnya Ketahuan, Doddy Sudrajat Nanggung Malu, Fakta Soal Pamer Mobil Alphard Terbongkar: Itu Sebenarnya…

Hebohnya kabar Fuji mendapat hadiah mobil baru dari seorang pengusaha disbeut-sebut membuat Doddy Sudrajat panas. Pasalnya tak lama berselang, Doddy…

Nasib Lesti dan Billar Diramalkan Memburuk Tahun Ini, Sosok yang Terawang Kematian Bibi Andriansyah Wanti-wanti

Sosok Hard Gumay, kini menjadi sorotan semenjak ramalannya tentang mendiang Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel dianggap terbukti. Bibi sebelum kematiannya…

Nahloh! Dituding Tak Dapat Restu Gegara Verrel Bramasta Pilih Liburan Bareng Ayah Kandung, Ferry Irawan Beberkan Sikap Anak Sulung Venna Melinda: Dia Cuma Bilang…

Heboh kabar Verrel Bramasta tak berikan restu untuk Ferry Irawan dengan Venna Melinda. Kabar tersebut bermula ketika Verrel Bramasta memilih…

Pengertian Recount Text, Macam – Macam, Ciri – Ciri dan Struktur Recount Text

Dalam penggunaan kalimat bahasa inggris ada sebuah jenis teks yang dapat menceritakan suatu kejadian, tindakan, kegiatan, atau bahkan pengalaman yang…

Mau Bila Diajak Rujuk, Gisel Harus Gigit Jari Saat Gading Marten Beri Jawaban Menohok Soal Isu Balikan: Enggak Ada!

Kabar mengenai kembalinya Gading Marten dan Gisella Anastasia bakal kembali menjalin hubungan yang pernah putus mencuat lagi. Bermula dari kebersamaan…

‘Banyak Mengambil Tumbal’, Bak Ogah Jatuh Miskin, Artis ini Rela Dinikahi Jin Demi Punya Harta Melimpah, Sosoknya Diungkap Anak Indigo, Siapa?

Beberapa waktu lalu terbongkar kalau ada artis Indonesia yang rela dinikahi jin. Hal ini dilakukan sang artis demi mendapatkan harta…