Pengertian Pemberdayaan Secara Ahli & Menurut Para Ahli dan Aspek dalam Pemberdayaan         

Kata Pemberdayaan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Sering kali kata yang satu ini disandingkan dengan kata lain, misalnya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, pemberdayaan komunitas dan sebagainya.

Setiap pemberdayaan tentu memiliki defenisi dan tujuannya masing-masing. Namun meskipun setiap pemberdayaan memiliki tujuan spesifik masing-masing tentu saja secara umum tetap memiliki ujuan yang sama, yakni pemberdayaan.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas konsep dasar dari pemberdayaan secara umu, yuk kita simak!

Pemberdayaan Secara Umum

Sering kali kita disuguhkan informasi mengenai berbagai macam pemberdayaan pada kelompok target tertentu. Tentunya sangat bermanfaat sekali untuk memahami masing-masing konsep pemberdayaan tersebut.

Akan tetapi akan lebih baik jika kita terlebih dahulu memahami konsep dasar dari pemberdayaan secara umum, sebab jika kita sudah memahami konsep dasar pemberdayaan makan akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk memahami konsep pemberdayaan perempuan, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan komunitas dan berbagai pemberdayaan lainnya.

Pemberdayaan tidak hanya dilakukan pada satu kelompok saja, akan tetapi juga bisa dilakukan kepad akelompok manapun yang membutuhkan peningkatan atau pengembangan tertentu bagi mereka.

Pengertian Pemberdayaan Menurut Ahli

Dalam memahami sesuatu tentu sangat penting untuk mendengarkan pendapat seseorang yang memang ahli di bidang tersebut.

Berikut ini pendapat ahli mengenai Pemberdayaan:

1). Pengertian Pemberdayaan Menurut Daulay (2006)

Menurut Daulay pemberdayaan merupakan upaya yang dilakukan untuk mendorong masyarakat agar memiliki posisi tawar (bargaining position) sehingga mampu menjadi aktor dalam proses pembangunan yang partisipatif dan aktif.

2). Pengertian Pemberdayaan Menurut Slamet (2003)

Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan agar masyarakat mampu membangun dirinya sendiri sehingga masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Dalam pengertian ini, pemberdayaan secara tidak langsung diartikan sebagai kesempatan untuk melihat dan memanfaatkan peluang sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan prakarsanya.

3). Pengertian Pemberdayaan Menurut Sumodiningrat (1999)

Menurut Sunmodiningrat yang dimaksud dengan pemberdayaan adalah rangkaian dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas semua akses kehidupan sehingga mendorong kemandirian berkelanjutan bagi masyarakat.

4). Pengertian Pemberdayaan Menurut Elisabeth (2007)

Pemberdayaan pada perempuan merupakan upaya yang dilakukan untuk menunjukkan penguatan semua pihak yang berada dalam ketidakberdayaan sehingga pemberdayaan diharapkan mampu membantu dirinya sendiri dalam mengembangkan semangat kepercayaan yang sudah ada.

5). Pengertian Pemberdayaan Menurut Mc. Ardle

Menurut Mc Ardle pemberdayaan adalah proses pengambilan keputusan dari orang-orang yang konsekuensinya melaksanakan keputusan yang telah diambil. Orang-orang yang telah mencapai tujuan kolektif diberdayakan melalui kemandirian, bahkan menjadi keharusan untuk lebih berdaya melalui upaya mereka sendiri dan akumulasi pengetahuan, keterampilan dan sumber daya lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan mereka tanpa bergantung pada bantuan eksternal.

6). Pengertian Pemberdayaan Menurut Parsons

Menurut Parsons pemberdayaan adalah proses dimana orang menjadi cukup kuat untuk berpartisipasi pada berbagai kontrol, mempengaruhi peristiwa dan institusi yang mempengaruhi kehidupan mereka.

7). Pengertian Pemberdayaan Menurut Carlzon dan Macauley

Menurut Carlzon dan Macauley yang dimaksud dengan pemberdayaan adalah sebagai berikut: “bebaskan seseorang dari kendali yang kaku, dan berikan kebebasan untuk bertanggung jawab atas ide, keputusan, dan tindakannya.”

8). Pengertian Pemberdayaan Menurut Carver dan Clatter Back (1995:12)

Menurut Carver dan Clatter Back pemberdayaan adalah upaya memberi individu keberanian dan kesempatan untuk mengambil tanggung jawab individu untuk meningkatkan dan berkontribusi pada tujuan organisasi.”

9). Pengertian Pemberdayaan Menurut Shardlow (1998:32)

Shardlow menyatakan bahwa “Pemberdayaan membahas bagaimana individu, kelompok atau masyarakat berusaha untuk mengendalikan hidup mereka sendiri dan untuk membentuk masa depan sesuai keinginan mereka”

Aspek – Aspek Pemberdayaan

Sebagai sebuah proses yang penting dan seharusnya berdampak jangka panjang, tentu ada beberapa aspek dalam pemberdayaan yang harus dilalui dan tidak boleh dilewatkan.

Berikut ini adalah tigas aspek Pemberdayaan:

1). Pemberdayaan dilakukan untuk menciptakan kondisi yang mampu mengembangkan segala sesuatu yang ada di masyarakat.

2). Pembedayaan tersebut dilakukan untuk memperkuat potensi modal sosial sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

3). Pemberdayaan dilakukan untuk mencegah dan melindungi Anda dari berbagai bentuk yang mengurangi penindasan di berbagai sendi.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai pengertian pemberdayaan menurut para ahli dan secara umum, serta aspek-aspek dalam pemberdayaan.

Demikian ulasan kami Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memahami pemberdayaan. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN