Pengertian Patung Menurut Para Ahli

Tentunya patung bukan lah karya seni yang asing lagi. Sebab sudah hampir di berbagai tempat kini mudah ditemukan karya seni patung mulai dari yang kecil hingga besar.

Patung sendiri merupakan sebuah karya seni patung yang dibuat dengan bahan-bahan tertentu untuk membentuk sebuah patung. Patung sangat bervariasi, ada yang berupa gambar manusia, hewan, dan lain-lain.

Dimana perbedaan utama antara karya seni ini dengan karya seni lainnya adalah seni pahat lebih bisa dinikmati dalam tiga dimensi.

Berikut ini berbagai informasi mengenai pengertian patung menurut ahli, , jenis, bentuk dan fungsi patung berikut!

Pengertian Patung Menurut Para Ahli

Seni patung yang dalam bahasa Inggris disebut “sculpture” berasal dari bahasa latin “sculptura” yang berarti memotong, mengukir atau membelah. Seni pahat adalah cabang dari karya seni rupa tiga dimensi, yang dibuat dengan metode subtraktif atau metode adiktif.

Metode subtraktif sendiri ialah metode pengurangan bahan seperti pemotongan, pemahatan dan sejenisnya. Sedangkan metode adiktif ialah metode yang pertama membentuk model dengan casting atau pencetakan.

Dalam bahasa Indonesia, patung adalah kata benda yang berarti tiruan dari bentuk orang, binatang, atau tumbuhan. Sengaja dibuat dari batu, kayu, tanah liat, damar dan sebagainya.

Patung adalah benda tiga dimensi atau volumetrik. Artinya, patung itu bisa dilihat dari berbagai arah. Seni patung telah tertanam dalam budaya berbagai bangsa sejak zaman dahulu, tak terkecuali Indonesia.

1). Soenarso dan Soeroto

Soenarso dan Soeroto mendefinisikan seni pahat memiliki beragam definisi yang menarik untuk disimak. Begitu juga dengan pendapat Soenarso dan Soeroto yang menyatakan bahwa seni pahat adalah suatu benda buatan yang dibuat oleh manusia dalam berbagai bentuk. Bentuk karya seni dapat berupa hewan atau manusia. Selanjutnya, semua patung memiliki bentuk spasial.

2). BS Mayer

Pengertian seni pahat juga dijelaskan oleh B.S Mayer yang berpendapat bahwa karya seni ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari sudut manapun.

Karakter ini menambahkan bahwa sifat patung yang memiliki karakteristik tiga dimensi membuat semua orang dapat menikmatinya dari sudut manapun.

3). Mikke Susanto

Selanjutnya ada pengertian patung dari Mike Susanto, yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pendapat para ahli di atas.

Mikke berpendapat bahwa seni pahat adalah karya seni rupa yang memiliki bentuk tiga dimensi. Selain itu terdapat potongan atau patung yang terdapat dari karya seni rupa sehingga membentuk sebuah patung.

Jenis – Jenis Patung

Walaupun patung merupakan salah satu dari sekian jenis seni, namun patung juga memiliki jenis nya tersendiri. Adapun jenis patung akan kami jelasakan dibawah ini:

1). Patung kinetis

Seni pahat kinetic yang dari namanya saja, pasti ada gambaran tersiratnya. Penamaan kinetik dalam arti pas mengingat semua jenis patung ini bisa memunculkan suatu gerakan.

Pergerakan patung tersebut umumnya disebabkan oleh bantuan kekuatan tertentu. Seperti patung hewan yang dibuat untuk mengeluarkan air dari mulutnya.

2). Patung relief

Jenis patung ini bisa dibilang yang paling tua, sebab hampir semua peninggalan karya seni ini seringkali berada di gedung-gedung kuno.

Relief bisa Anda temukan baik di candi maupun di goa-goa tertentu. Melihat penampilannya di dinding membuat patung ini masih berbentuk dua dimensi.

3). Patung 3 dimensi

Dalam pengertian seni pahat telah dijelaskan bahwa sebagian besar seni pahat adalah tiga dimensi. Oleh karena itu patung jenis ini lebih sering kita jumpai di seluruh belahan dunia.

Bahkan jenis seni ini sekarang sangat populer. Setiap pahatan, baik untuk dekorasi atau keperluan lainnya, banyak ditemukan dalam bentuk tiga dimensi.

Bentuk Patung

Hasil karya seni pahat dapat dibedakan dari berbagai jenis bentuk. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1). Patung kepala

Bentuk seni rupa tiga dimensi ini sebenarnya sangat beragam. Salah satu yang tidak jarang adalah bentuk kepala.

Ya, artinya kamu hanya akan melihat patung atau ukiran patung yang menampilkan kepala dan leher saja.

2). Patung batang tubuh

Jika patung kepala disebut patung kepala, berbeda dengan penamaan bagian tubuh lainnya.

Torso adalah bentuk patung yang hanya menampilkan bagian tubuh berupa pinggul, dada dan pinggang. Jadi untuk kepala atau kaki tidak akan ditampilkan.

3). Zonde

Dalam bentuk seni ini, patung terlihat lebih elegan. Karena semua bagian tubuh akan terlihat. Ini memungkinkan kamu untuk melihat semua detail ukiran pada patung.

Perlu diketahui bahwa di zona ini terdapat lebih banyak patung dalam posisi duduk, tengkurap atau pose lainnya.

4). Berdiri bebas

Bentuk patung ini pasti sudah tidak asing lagi, sebab setidaknya sebagian besar pasti telah melihatnya berkali-kali.

Seperti yang terlihat dari namanya, patung ini menampilkan seluruh bagian tubuhnya secara utuh dalam posisi berdiri. Jadi jenis ini jelas berbeda dengan bentuk patung lainnya, terutama Zone.

Fungsi Patung

Setelah panjang lebar membahas mengenai patung, tentu yang selanjutnya menjadi pertanyaan besar adalah apa fungsi dari patung itu sendiri?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami sajikan beberapa fungsi patung lengkap dengan penjelasannya:

1). Patung Monumen

Setiap kali patung dibuat, pasti ada tujuannya. Seperti patung monumen yang dibuat untuk memperingati dan memperingati suatu peristiwa penting yang telah terjadi.

Kamu bisa melihat berbagai patung monumen yang dibuat untuk selalu mengenang jasa dan jerih payah yang telah diberikan para pahlawan kepada bangsa ini.

2). Patung Arsitektur

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, pengertian seni pahat lebih mengarah pada sebuah karya seni rupa yang dapat dinikmati secara tiga dimensi.

Dari penjelasan tersebut, pembuatan patung juga dapat bertujuan untuk mendukung arsitektur dan membuat bangunan di sekitarnya terlihat lebih indah dan penuh estetika.

3). Patung Religi

Sebuah patung tidak hanya memberikan arti keindahan saja. Karena pembuatan patung juga banyak digunakan untuk menampilkan unsur religi atau religi.

Berbeda dengan jenis patung lainnya, patung jenis ini akan lebih disakralkan. Hal ini karena penggunaannya sebagai tempat peribadatan bagi kepercayaan tertentu.

4). Dekorasi Patung

Patung dekoratif memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda dengan arsitektur. Hal ini dikarenakan sejak awal jenis ini dibangun dengan tujuan untuk memperindah sebuah bangunan dan lingkungan sekitarnya.

Kita pasti sudah tidak asing lagi melihat sebuah karya seni pahat di beberapa tempat umum, misalnya dipinggir jalan yang dibuat untuk memperindah tempat tersebut.

5). Patung Kerajinan

Patung juga banyak dibuat untuk keperluan kerajinan tangan. Jenis ini biasanya dibuat dengan fungsi hanya untuk menikmati keindahannya.

Tidak ada tujuan lain selain memulai pembuatan. Nilai seni yang terkandung dalam seni pahat berupa pahatan dan bentuk yang unik menjadi sebuah karya yang indah untuk dinikmati.

Demikian artikel kami mengenai pengertian patung menurut ahli, jenis, bentuk dan fungsi patung.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai patung. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Sampai Lecet! Luna Maya Langsung Bergidik Ngeri Dengar Pengakuan Blak-Blakan Soal Cerita Malam Pertama Venna Melinda dan Ferry Irawan, Rahasia Bocor!

Pasangan Ferry Irawan dan Venna Melinda memang tak pernah lepas dari sorotan. Bagaimana tidak, pasangan pengantin baru itu sudah mencuri…

Lirik Lagu Widodari – Denny Caknan dan Guyon Waton

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Harga Mobil Isuzu Traga Terbaru 2022

Bagi kamu warga Indonesia tentunya sudah tidak asing lagikan dengan mobil Isuzu? Mobil isuzu merupakan mobil yang sudah lama masuk…

Lirik Lagu Aku dan Dirimu – Ari Lasso feat Bunga Citra Lestari

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Rondo Kempling – Fendik Adella

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Krisdayanti Muak Dengan Alasan Orang Tua Atta Halilintar Lantaran Tak Kunjung Pulang ke RI? Istri Raul Lemos Ungkap Hal Menohok!

Sejak menikahi Aurel Hermansyah, publik dibuat bertanya-tanya dengan sikap keluarga Atta Halilintar pada menantu pertama mereka. Bagaimana tidak? dari jaman…

Kabar Bayi Diberi Nama Mirip Eril Sampai ke Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil Itu Beri Tanggapan

Kepergian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, masih sangat membekas di benak masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat. Sejak…

Innalilahi, Ayu Ting Ting Berduka? Sosok Ayah Rozak Dikabarkan Alami Hal Tak Terduga Hingga Harus Dilarikan ke Rumah Sakit, Ada Apa?

Sebagai ayah, Abdul Rozak memang diketahui selalu ingin yang terbaik untuk putrinya, Ayu Ting Ting, termasuk soal pasangan bagi sosok…

Harga Mobil Honda Accord Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Lirik Lagu Kesepian yang Dinyanyikan oleh Dygta

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…