Pengertian dan Tujuh Osi Layer yang Harus Ada Serta Tahap Kerja Osi Layer

Saat ini dimasa yang serba digital teknologi perangkat komputer telah berubah dari yang dulu, jika dulu masing-masing vendor dan developer di masa itu menggunakan protokol jaringan mereka masing-masing.

Saat ini setiap komputer yang ada telah memiliki rujukan yang sama. Sehingga setiap komputer akan dapat terhubung walaupun berbeda vendor dan developer.

Penyatuan protokol jaringan ini dinamakan Open System Interconnection (Osi Layer), tanpa adanya standarisasi ini maka setiap vendor dan developer tidak dapat bekerja sama dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.

Pengertian Osi Layer

Osi Layer murapakan suatu standar dalam dunia komputer untuk dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain, sehingga komputer dapat memiliki sifat interporate atau yang mudah dimengerti dengan kata bahwa setiap developer dapat saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Sehingga para pengguna komputer tidak perlu bersusah payah tanpa harus melakukan upaya untuk dapat terhubung ke vendor dan developer yang berbeda.

Osi Layer sendiri merupakan standarisasi bagi setiap vendor dan developer untuk dapat membuat perangkat komputer.

Sehingga semua orang dapat saling terhubung dan memudahkan orang jika bertukaran data atau apapun dengan developer dan vendor yang berbeda.

Tujuh Osi Layer yang Harus Ada

Adapun tujuh Osi Layer yang memudahkan kita untuk menggunakan komputer yang berbeda vendor dan developer adalah sebagai berikut :

1). Physical Layer

Bisa dibilang lapisan fisik ini yang paling penting. Tanggung jawab lapisan OSI ini adalah dalam hal mentransmisikan bit data. Tentu saja ini dilakukan dari lapisan fisik pengirim dan ditujukan ke lapisan fisik penerima.

Pada tahap ini data kemudian ditransmisikan dari sinyal yang didukung media fisik. Katakanlah seperti kabel, tegangan listrik, frekuensi radio atau bisa juga infra merah dan cahaya biasa.

2). Data Link Layer

Pada saat proses transmisi data sedang berlangsung, maka akan berpotensi terjadi kesalahan. Jadi ini merupakan tanggung jawab layer service layer data link OSI dimana tugasnya adalah melakukan pengecekan error.

Lapisan data link dalam urutan OSI juga memiliki tanggung jawab untuk membungkus bit ke dalam bingkai data. Selain itu, lapisan data link juga dapat mengatur skema pengamatan fisik seperti alamat MAC pada suatu jaringan.

Bahkan, kamu dapat mengatakan bahwa lapisan data link ini adalah salah satu yang paling rumit dari lapisan lainnya. Inilah sebabnya mengapa lapisan data link dibagi menjadi dua sub-lapisan, yaitu MAC (Media Access Control) dan LLC (Logical Link Control).

Tugas MAC itu sendiri adalah untuk mengontrol perangkat mana dalam jaringan yang dapat mengakses media dan izin saat mengirim data.

LLC sendiri bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengenkapsulasi protokol lapisan jaringan dan mengendalikan pengecekan kesalahan.

3). Network Layer

Di antara 7 lapisan OSI yang ada, lapisan jaringan memiliki tugas untuk mendefinisikan alamat IP (Internet Protocol). Hal ini memungkinkan setiap komputer untuk akhirnya terhubung ke 1 jaringan.

Tidak hanya itu, lapisan jaringan juga digunakan untuk melakukan proses perutean dan membuat header untuk paket data yang ada.

Lapisan jaringan juga mengelola pemetaan antara alamat logis dan alamat fisik. Pada jaringan IP, pemetaan ini dilakukan melalui Address Resolution Protocol (ARP).

4). Transport Layer

Mengirim pesan antara 2 atau lebih host di jaringan adalah tanggung jawab lapisan transport.

Selain itu juga menangani pemisahan dan penggabungan pesan kemudian juga melakukan kontrol terhadap kehandalan jalur koneksi yang telah diberikan.

5). Session Layer

Tanggung jawab lapisan sesi adalah untuk mengontrol sesi koneksi dialog dan juga mengelola bahkan memutuskan koneksi internet dari komputer.

Untuk membentuk sesi komunikasi, digunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh lapisan OSI yang disebut lapisan transport.

6). Presentation Layer

Menentukan sintaks yang digunakan oleh host jaringan dalam berkomunikasi adalah tugas dari lapisan presentasi ini.\Lapisan OSI ini juga bertanggung jawab untuk mengenkripsi dan mendekripsi informasi dan data sehingga selanjutnya dapat digunakan pada lapisan aplikasi.

7). Application Layer

Berbicara tentang penyediaan interface antar protokol jaringan pada aplikasi yang sudah ada di komputer, maka inilah tugas dari layer Application.

Ini juga merupakan lapisan atas model OSI dan sering menyediakan layanan yang paling dibutuhkan aplikasi.

Lapisan aplikasi menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi, seperti menyediakan antarmuka untuk Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), telnet dan File Transfer Protocol (FTP). Di sinilah aplikasi saling berhubungan dengan jaringan.

Tahap Kerja Osi Layer

Adapun dalam melaksanakan sistem kerjanya Osi Layer membutuhkan beberapa tahapan. Berikut adalah sebuah tahapan kerja dari OSI layer:

1). Application layer akan mengirim data ke komputer lain dengan memilih protokol (dalam hal ini SMTP) untuk menyampaikan data.

2). Presentation layer kemudian melakukan konversi terhadap email menjadi format yang kemudian mampu untuk dikenali jaringan.

3). Selanjutnya session layer bertugas untuk membentuk sesi perjalanan pada data email yang ada, lalu diproses pada bagian pengiriman, hingga akhirnya dikirimkan kepada tujuan data hingga pengiriman data email selesai dilaksanakan.

4). Kemudian pada transport layer pengirim akan memecah data dan dikumpulkan kembali pecahan data tersebut pada transport layer penerima.

5). Setelah itu network layer akan melakukan pembuatan alamat pengirim dan menuntun data sampai ke tujuan.

6). Lalu data link layer akan melakukan tugas dengan membentuk data menjadi suatu frame dan juga alamat fisik.

7). Kemudian di physical layerlah, data yang siap akan dikirim melalui medium jaringan ke lapisan transport penerima.

8). Kemudian diakhiri dengan alur yang berbalik dari physical layer secara berturut hingga kembali ke application layer pada komputer penerima.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan tujuh Osi Layer yang harus ada, serta tahap kerja Osi Layer.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Osi Layer. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Harga Mobil Isuzu Panther Terbaru 2022

Bagi kamu warga Indonesia tentunya sudah tidak asing lagikan dengan mobil Isuzu? Mobil isuzu merupakan mobil yang sudah lama masuk…

Dikecam MUI, Mbak Rara Ngaku Ngobrol dengan Anak Ridwan Kamil: Itu Bukan Kebohongan Saat Aku Melihat Roh

Kendati sudah dikecam oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena meramal anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz atau…

‘Balikin Pokoknya!’, Rohimah Mengamuk, Microwave Beli Nyicil di Tukang Kredit malah Diambil Kiwil dan Istri Barunya

Rohimah Alli sangat terkejut mendapati microwave dan 200 ubin keramik miliknya hilang. Usut punya usut Kiwil lah yang mengambilnya. Hubungan…

Harga Mobil Toyota 86 Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Ayahnya Jatuh Sakit hingga Harus Masuk ICU, Thalia Tulis Surat Khusus untuk Ruben Onsu: Nanti Ayah Nangis

Presenter Ruben Onsu beberapa waktu lalu dilarikan ke ruang ICU lantaran membutuhkan darah segera. Ruben Onsu bahkan pindah ke ruangan…

Badannya Sudah Habis Dielus Doddy Sudrajat, Ayu Wisya Bongkar Tiara Marleen Ternyata Masih Punya Suami Sah: Gue Jadi Lakinya Udah Gue Laporin!

Tiara Marleen dan Ayu Wisya kerap disebut-sebut terlibat cinta segitiga dengan Doddy Sudrajat. Pasalnya, kedua wanita itu nampak senang berada…

Harga Mobil Toyota Vellfire Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Sampai Lecet! Luna Maya Langsung Bergidik Ngeri Dengar Pengakuan Blak-Blakan Soal Cerita Malam Pertama Venna Melinda dan Ferry Irawan, Rahasia Bocor!

Pasangan Ferry Irawan dan Venna Melinda memang tak pernah lepas dari sorotan. Bagaimana tidak, pasangan pengantin baru itu sudah mencuri…

Bikin Resah! Heboh Video Celine Evangelista Terlampau Seksi Pakai Baju Terbuka, ‘Buah Dada’ Terekspos Jadi Omongan: Maklum Anaknya Udah 4

Artis cantik Celine Evangelista belekangan tengah mencuri perhatian sejumlah pengguna TikTok. Video potret seksi dirinya tetiba saja mencuat hingga menjadi…

Selama Ini Satu Indonesia Kena Tipu? Ahmad Dhani Berderai Air Mata Mengaku Sekuat Tenaga Tutupi Aib Gelap Maia Estianty dari Masyarakat dan Ketiga Anaknya: ‘Yang Masyarakat Tahu kan Itu, Padahal…’

Selama ini Indonesia tertipu? Ahmad Dhani mendadak berderai air mata ngaku sekuat tenaga tutupi aib Maia Estianty. Kisah rumah tangga…