Pengertian dan Tujuh Osi Layer yang Harus Ada Serta Tahap Kerja Osi Layer

Saat ini dimasa yang serba digital teknologi perangkat komputer telah berubah dari yang dulu, jika dulu masing-masing vendor dan developer di masa itu menggunakan protokol jaringan mereka masing-masing.

Saat ini setiap komputer yang ada telah memiliki rujukan yang sama. Sehingga setiap komputer akan dapat terhubung walaupun berbeda vendor dan developer.

Penyatuan protokol jaringan ini dinamakan Open System Interconnection (Osi Layer), tanpa adanya standarisasi ini maka setiap vendor dan developer tidak dapat bekerja sama dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.

Pengertian Osi Layer

Osi Layer murapakan suatu standar dalam dunia komputer untuk dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain, sehingga komputer dapat memiliki sifat interporate atau yang mudah dimengerti dengan kata bahwa setiap developer dapat saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Sehingga para pengguna komputer tidak perlu bersusah payah tanpa harus melakukan upaya untuk dapat terhubung ke vendor dan developer yang berbeda.

Osi Layer sendiri merupakan standarisasi bagi setiap vendor dan developer untuk dapat membuat perangkat komputer.

Sehingga semua orang dapat saling terhubung dan memudahkan orang jika bertukaran data atau apapun dengan developer dan vendor yang berbeda.

Tujuh Osi Layer yang Harus Ada

Adapun tujuh Osi Layer yang memudahkan kita untuk menggunakan komputer yang berbeda vendor dan developer adalah sebagai berikut :

1). Physical Layer

Bisa dibilang lapisan fisik ini yang paling penting. Tanggung jawab lapisan OSI ini adalah dalam hal mentransmisikan bit data. Tentu saja ini dilakukan dari lapisan fisik pengirim dan ditujukan ke lapisan fisik penerima.

Pada tahap ini data kemudian ditransmisikan dari sinyal yang didukung media fisik. Katakanlah seperti kabel, tegangan listrik, frekuensi radio atau bisa juga infra merah dan cahaya biasa.

2). Data Link Layer

Pada saat proses transmisi data sedang berlangsung, maka akan berpotensi terjadi kesalahan. Jadi ini merupakan tanggung jawab layer service layer data link OSI dimana tugasnya adalah melakukan pengecekan error.

Lapisan data link dalam urutan OSI juga memiliki tanggung jawab untuk membungkus bit ke dalam bingkai data. Selain itu, lapisan data link juga dapat mengatur skema pengamatan fisik seperti alamat MAC pada suatu jaringan.

Bahkan, kamu dapat mengatakan bahwa lapisan data link ini adalah salah satu yang paling rumit dari lapisan lainnya. Inilah sebabnya mengapa lapisan data link dibagi menjadi dua sub-lapisan, yaitu MAC (Media Access Control) dan LLC (Logical Link Control).

Tugas MAC itu sendiri adalah untuk mengontrol perangkat mana dalam jaringan yang dapat mengakses media dan izin saat mengirim data.

LLC sendiri bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengenkapsulasi protokol lapisan jaringan dan mengendalikan pengecekan kesalahan.

3). Network Layer

Di antara 7 lapisan OSI yang ada, lapisan jaringan memiliki tugas untuk mendefinisikan alamat IP (Internet Protocol). Hal ini memungkinkan setiap komputer untuk akhirnya terhubung ke 1 jaringan.

Tidak hanya itu, lapisan jaringan juga digunakan untuk melakukan proses perutean dan membuat header untuk paket data yang ada.

Lapisan jaringan juga mengelola pemetaan antara alamat logis dan alamat fisik. Pada jaringan IP, pemetaan ini dilakukan melalui Address Resolution Protocol (ARP).

4). Transport Layer

Mengirim pesan antara 2 atau lebih host di jaringan adalah tanggung jawab lapisan transport.

Selain itu juga menangani pemisahan dan penggabungan pesan kemudian juga melakukan kontrol terhadap kehandalan jalur koneksi yang telah diberikan.

5). Session Layer

Tanggung jawab lapisan sesi adalah untuk mengontrol sesi koneksi dialog dan juga mengelola bahkan memutuskan koneksi internet dari komputer.

Untuk membentuk sesi komunikasi, digunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh lapisan OSI yang disebut lapisan transport.

6). Presentation Layer

Menentukan sintaks yang digunakan oleh host jaringan dalam berkomunikasi adalah tugas dari lapisan presentasi ini.\Lapisan OSI ini juga bertanggung jawab untuk mengenkripsi dan mendekripsi informasi dan data sehingga selanjutnya dapat digunakan pada lapisan aplikasi.

7). Application Layer

Berbicara tentang penyediaan interface antar protokol jaringan pada aplikasi yang sudah ada di komputer, maka inilah tugas dari layer Application.

Ini juga merupakan lapisan atas model OSI dan sering menyediakan layanan yang paling dibutuhkan aplikasi.

Lapisan aplikasi menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi, seperti menyediakan antarmuka untuk Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), telnet dan File Transfer Protocol (FTP). Di sinilah aplikasi saling berhubungan dengan jaringan.

Tahap Kerja Osi Layer

Adapun dalam melaksanakan sistem kerjanya Osi Layer membutuhkan beberapa tahapan. Berikut adalah sebuah tahapan kerja dari OSI layer:

1). Application layer akan mengirim data ke komputer lain dengan memilih protokol (dalam hal ini SMTP) untuk menyampaikan data.

2). Presentation layer kemudian melakukan konversi terhadap email menjadi format yang kemudian mampu untuk dikenali jaringan.

3). Selanjutnya session layer bertugas untuk membentuk sesi perjalanan pada data email yang ada, lalu diproses pada bagian pengiriman, hingga akhirnya dikirimkan kepada tujuan data hingga pengiriman data email selesai dilaksanakan.

4). Kemudian pada transport layer pengirim akan memecah data dan dikumpulkan kembali pecahan data tersebut pada transport layer penerima.

5). Setelah itu network layer akan melakukan pembuatan alamat pengirim dan menuntun data sampai ke tujuan.

6). Lalu data link layer akan melakukan tugas dengan membentuk data menjadi suatu frame dan juga alamat fisik.

7). Kemudian di physical layerlah, data yang siap akan dikirim melalui medium jaringan ke lapisan transport penerima.

8). Kemudian diakhiri dengan alur yang berbalik dari physical layer secara berturut hingga kembali ke application layer pada komputer penerima.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan tujuh Osi Layer yang harus ada, serta tahap kerja Osi Layer.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Osi Layer. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Sempat Putus Meski Akhirnya Nikah di Bawah Tangan dan Jadi Janda 9 Tahun Terakhir, Umi Pipik Kenang Hidupnya yang Nelangsa Kala Awal Jadi Istri Uje, Jualan Makanan Agar Dapur Tetap Ngebul!

Usai sembilan tahun menyandang status janda, memang Pipik Dian Irawati tak lagi dikabarkan menjalin hubungan dengan laki-laki lain. Sebelumnya sempat…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kudus merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus menyimpan banyak hal-hal yang menarik untuk Anda ketahui, termasuk tempat…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Gisella Anastasia Bangkrut? Ibunda Gempita Tiba-tiba Ungkap Perasaan Bahagia Usai Saldo ATM yang Hanya Sisa Sejuta Berubah Jadi Rp 30 Juta, Ternyata Ini Penyebabnya

Kehidupan Gisella Anastasia memang bak naik wahana kereta luncur dan kini tengah berada di jalur lurus tanpa hambatan. Bagaimana tidak,…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

BCL Asyik Nongkrong di Rumah Ariel NOAH, Adik Ashraf Sinclair Sampai Beri Komentar Begini

BCL Asyik Nongkrong di Rumah Ariel NOAH, Adik Ashraf Sinclair Sampai Beri Komentar Begini Bunga Citra Lestari atau BCL dan…

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

‘Masya Allah’, Kabar Bahagia Syahrini Hamil Anak Pertama Sudah Lama Dinanti! Perubahan Tubuh Istri Reino Barack Usai Bulan Madu di Luar Negeri Heboh Jadi Omongan

Sosoknya yang fenomenal hampir setiap saat menjadi bahan perbincangan. Beberapa waktu yang lalu ia bahkan sempat menghabiskan waktu bersama sangbsuami…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan…