Pengertian OJK, Tugas Penting, Tujuan Serta Nilai OJK dalam Mengatur dan Mengawasi Jasa Keuangan

Kita pasti tidak asing dengan sebuah lembaga yang mengawasi segala bentuk kegiatan pada sektor keuangan yang bernama OJK, sebuah lembaga yang terbentuk sejak 16 Juli 2012.

OJK merupakan sebuah lembaga yang menggantikan Bapepam-LK dalam pengaturan serta pengawasan pasar modal dan juga lembaga keuangan, lembaga ini juga menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengawasan dan pengaturan bank, serta melindungi konsumen jasa keuangan.

Berikut adalah ulasan mengenai OJK yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan kamu.

Pengertian OJK

OJK merupakan sebuah lembaga independen yang terbentuk dan berdiri bebas tanpa ada intervensi dari pihak lain, serta memiliki fungsi sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Adapun beberapa sektor jasa keuangan di bawah pengaturan dan pengawasan OJK mencakup kegiatan di sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

OJK terbentuk atas inisiasi pemerintah yang hendak melakukan sesuatu terobosan pada semua sektor jasa keuangan agar dapat berjalan secara adil, transparan, teratur, dan akuntabel.

Dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011, OJK bersifat independen dan tidak tunduk pada satu pihakpun dalam pelaksanaan pengaturan dan pengawasan pada sektor jasa keuangan.

Tugas Penting OJK

Dalam pelaksanaannya tentu memiliki banyak tugas untuk dapat mencapai keamanan pada jasa keuangan dalam berbagai sektor yang ada, berikut adalah beberapa tugas penting OJK, yaitu :

1). Tugas Utama

Tugas utama dari pada lembaga yang disebut sebagai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

Segala tugas dari Bapepam Lk dan sebagian dari tugas pengawasan bank Indonesia telah diberikan sepenuhnya sejak tangal 31 Desember 2013.

2). Dalam Sektor Perbankan

Adapun yang menjadi tugas dari lembaga OJK pada sektor perbankan adalah untuk menyusun sistem serta pengawasan bank dan juga melakukan penegakan hukum pada sektor tersebut.

OJK sebagai lembaga pengawasan perlu melakukan pemeriksaan, pembinaan, serta pengawasan dalam sektor perbankan.

Sehingga, diharapkan nantinya sektor ini mampu dikembangkan lagi untuk meningkatkan kualitas serta performa perbankan yang jauh lebih baik demi kepentingan masyarakat luas.

3). Dalam Sektor IKNB

OJK kemudian membagi tugas untuk mengawasi sektor IKNB, dimana dalam hal ini sektor tersebut termasuk dalam berbagai Industri Keuangan Non-Bank.

Peran OJK terhadap IKNB mulai melaksanakan pengawasannya pada 1 januari 2015, dan tugasnya adalah menjalankan semua kebijakan IKNB sesuai dengan peraturan yang sedang berlaku.

Lembaga OJK juga harus melakukan evaluasi, perumusan norma serta prosedur yang berada dalam sektor IKNB. Dalam pelaksanaannya ada aturan khusus yang harus diberikan oleh OJK pada sektor INKB.

4). Dalam Sektor Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas dalam pengawasan pasar modal di Indonesia, dan harus mampu melaksanakan kegiatan manajemen saat terjadi krisis pasar modal.

OJK sebagai lembaga pengawas pada pasar modal harus mampu menetapkan prinsip tertentu yang berada pada transaksi dan pengelolaan serta melakukan berbagai analisa dalam pengawasan pengembangan pada pasar modal. Agar nantinya pasar modal mampu melaksanakan segada sesuatunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tujuan Utama OJK

Pemerintah sebagai pelaksana pemerintahan negara tentu menginginkan keuangan di negara kita dapat menjadi lebih baik dan berjalan dengan lancar, oleh sebab itu mereka membentuk suatu lembaga khusus yang mengatur dan mengawasi jasa keuangan sehingga pemerintah membentuk OJK dengan tujuan sebagai berikut :

1). Mengatur Berbagai jasa Keuangan

Diharapkan dengan dibentuknya OJK berbagai jasa Keuangan dapat berjalan dengan teratur, baik dan transparan. Dan mampu untuk menjalankan jasa keuangan secara akuntabel dan adil.

Sehingga jasa keuagan tetap memiliki kepercayaan pada masyarakat dan dapat berjalan secara profesional dengan pengawasan dari OJK.

2). Mewujudkan Sistem Keuangan agar Dapat Tumbuh Secara Berkelanjutan

Lembaga Otoritas Jasa Keuangan dibentuk juga dengan harapan untuk dapat mewujudkan sebuah sistem keuangan yang bangkit secara berkelanjutan. Dan sistem keuangan mampu tumbuh secara stabil, agar tidak menyusahkan dan merugikan masyarakat .

3). Melindungi Konsumen dan Masyarakat

Selain beberapa hal di atas tujuan OJK lainnya dibentuk adalah supaya dapat mampu untuk melindungi seluruh kepentingan konsumen serta juga seluruh lapisan masyarakat.

Nilai – Nilai OJK

Berikut dibawah ini nilai-nilai OJK, antara lain sebagai berikut.

1). Integritas

Integritas adalah bertindak objektif, adil, dan konsisten sesuai dengan kode etik dan kebijakan organisasi dengan menjunjung tinggi kejujuran dan komitmen.

Tentunya sebagai lembaga pengawas semua industri jasa keuangan, integritas harus dimiliki oleh semua orang di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena akan berdampak pada kepentingan orang banyak.

2). Profesionalisme

Nilai Profesionalisme dapat dimaknai dengan bekerja dengan penuh tanggung jawab berdasarkan kompetensi yang tinggi untuk mencapai kinerja terbaik.

Hanya orang orang yang terbaiklah yang dapat menjadi bagian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena fungsi OJK sebagai tampuk seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan.

3). Sinergi

Nilai Sinergi adalah berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal secara produktif dan berkualitas.

4). Inklusif

Inklusif adalah terbuka dan menerima keberagaman pemangku kepentingan serta memperluas kesempatan dan akses masyarakat terhadap industri keuangan.

5). Visioner

Visioner adalah memiliki wawasan yang luas dan mampu melihat kedepan, serta dapat berpikir di luar kebiasaan.

Tentunya fungsi OJK harus juga berjalan sesuai dengan nilai-nilai yang menjadi landasan bagaimana lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini mencapai tujuannya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian OJK, tugas penting, tujuan utama serta nilai-nilai OJK dalam mengatur dan mengawasi jasa keuangan.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan OJK. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

15 Tempat Wisata di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jembrana dan kebudayaan Bali memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan kekayaan budayanya kabupaten yang satu ini juga…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

‘Dukun-dukun Langsung Resign’, Pesulap Merah Gandeng Hotman Paris Jadi Pengacara, Firdaus Oiwobo Kebakaran Jenggot: Sesat Semua!

Makin panas, Pesulap Merah alias Marcel Radhival dan dr Richard Lee kini gandeng Hotman Paris sebagai pengacara untuk lawan para…