Pengertian Obat Tradisional, Jenis – Jenis, Keamanan dan Alasan Orang Memilih Obat Tradisional

Obat merupakan salah satu media untuk dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang ada. Kegunaan obat sendiri biasa dibuat untuk dapat meminimal rasa sakit dan mengobati penyakit yang di derita oleh seseorang.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis obat yang di jual di dalam kehidupan sehari-hari yaitu obat tradisional dan obat modern atau yang sering disebut dengan obat kimia.

Obat-obat tradisional biasanya di racik dengan menggunakan bahan-bahan alami dan dikemas menjadi bahan seperti jamu dan beberapa jenis obat lainnya, berikut ini kita akan mengulas tentang obat tradisional yang ada di Indonesia mulai dari pengertian, jenis, keamanan dan alasan memilih obat tradisional berikut!

Pengertian Obat Tradisional

Obat tradisional merupakan obat alami yang di dapat dari alam yang diolah berdasarkan resep turun temurun dari nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, maupun kebiasaan penduduk di suatu daerah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri mendefinisikan bahwa obat tradisional (OT) merupakan bahan atau ramuan yang diracik sedemikian rupa yang biasanya didapatkan dari tumbuhan, bagian hewan, mineral, atau campuran dari bahan-bahan alami yang digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan.

Perlu di tegaskan bahwa obat herbal belum tentu menjadi obat tradisional sedangkan obat tradisional sudah tentu merupakan obat herbal.

Karena obat herbal merupakan obat yang dapat berupa bahan tumbuhan, hewan, mineral saja, sedangkan obat tradisional merupakan obat yang diracik dengan campuran ketiga bahan obat herbal tadi dan sudah digunakan secara turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit.

Jenis – Jenis Obat Tradisional

Ada beberapa jenis obat tradisional yang di jual di pasaran, jenis-jenis ini mewakili pada pengujian dan proses pembuatan obat itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis obat tradisional berdasarkan jenisnya:

1). Jamu

Pada obat tradisional yang berbentuk jamu umumnya akan ada tanda berupa simbol gambar pohon berwarna hijau. Jamu merupakan obat tradisional yang dibuat menggunakan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar kita, obat ini umumnya diracik dalam bentuk serbuk seduhan, pil, dan cairan yang berisi seluruh bahan tanaman yang digunakan secara tradisional.

Jamu sendiri telah lama digunakan oleh leluhur kita secara turun-menurun, telah dipakai selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun, dan telah membuktikan keamanan serta manfaat yang ada secara langsung untuk tujuan kesehatan tertentu.

Contoh dari obat tradisional sendiri yaitu susu dicampur kunyit dan madu untuk menghilangkan sakit pinggan dan campuran kunyit dengan ekstrak curcumin untuk mengobati asam lambung.

2). Obat Herbal Terstandar (Scientific based herbal medicine)

Obat Herbal Terstandar biasanya akan di beri label dengan simbol Tiga Bintang. Obat herbal terstandar merupakan obat yang aman dan khasiatnya secara ilmiah telah teruji dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi.

Obat Herbal Terstandar adalah obat tradisional yang telah diproses dengan teknologi maju, jenis ini pada umumnya telah ditunjang dengan pengujian ilmiah berupa penelitian – penelitian pre-klinik seperti standart kandungan bahan berkhasiat, standar pembuatan ekstrak tanaman obat, standart pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis.

3). Fitofarmaka (Clinical based herbal medicine)

Obat fitofarmaka dikemas dengan simbol seperti bunga es atau Salju Berwarna Hijau. Fitofarmaka adalah obat herbal yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan melalui tahapan panjang uji praklinik dan uji klinik, sehingga bahan baku dan produk jadinya juga telah di standarisasi oleh pemerintah.

Fitofarmaka merupakan bentuk obat tradisional yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar dan telah melewati tahapanyang panjang, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia.

Keamanan Obat Tradisional

Obat tradisional yang di jual harus kita perhatikan keamanannya agar kita bisa mendapatkan manfaaat yang maksimal dari obat tersebut, sehingga kita dapat sembuh karena obat yang kita makan merupakan obat yang aman untuk di konsumsi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan:

1). Selalu perhatikan dan gunakan produk yang sudah memiliki nomor pendaftaran dari BPOM.

2). Selalu periksa tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label kemasan obat sebelum mengonsumsi obat tradisional.

3). Jangan lupa membaca aturan pakai sebelum mengonsumsi obat tradisional.

4). Hindarilah penggunaan obat tradisional bersamaan dengan obat modern (dari resep dokter).

5). Jika terjadi efek samping yang terbilang cepat setelah kita meminum obat tradisional, ada kemungkinan terdapat tambahan bahan kimia dalam obat tersebut yang dilarang penggunaannya.

6). Selalu perhatikan informasi “peringatan” atau “perhatian” pada label kemasan produk, lalu jangan lupa untuk menysesuaikan efek samping penggunaan obat tersebut dengan kondisi kesehatan Anda.

Alasan Orang Memilih Obat Tradisional

Orang-orang biasanya memiliki alasan untuk lebih memilih obat tradisional dibandingkan dengan obat modern, hal itu karena keyakinan diri seseorang atau sugesti yang mereka dapatkan akan obat tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit mereka, beberapa hal lainnya yang membuat orang lebih memilih obat tradisional adalah seperti berikut ini:

1). Rekomendasi Orang Tua

Para generasi muda biasanya akan tertarik untuk mencoba obat tradisional karena ada rekomendasi dari generasi sebelumnya, orang tua yang telah membuktikan keampuhan obat tradisional, menjadikan obat tradisional sebagai referensi yang cukup dipercaya dan membuat orang cenderung untuk mencoba dan membuktikan sendiri.

2). Khasiat Teruji

Khasiat obat tradisional yang telah teruji menyembuhkan penyakit, membuat orang semakin yakin akan obat tradisional.

Misalnya saja madu untuk menekan batuk yang biasa kambuh pada suhu dingin, kunyit yang bisa menyembuhkan asam lambung serta jahe yang bisa menghangatkan serta melegakan pada tenggorokan.

3). Minim Efek Samping

Obat tradisional umunya dibuat dari bahan-bahan rempah alami, jelas berbeda dengan obat modern yang bahan dasar pembuatannya adalah bahan kimia.

Walaupun keduanya sama-sama dapat mengobati penyakit dan sudah teruji aman untuk dikonsumsi, namun dianggap minim efek samping karena dari bahan alami sehingga pengguna merasa lebih aman dan nyaman untuk memakainya.

4). Harga Terjangkau

Obat tradisional umumnya memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Mudahnya bahan pembuatan obat tradisional di sekitar kita membuat harga obat ini lebih terjangkau, membuat orang lebih memilih obat herbal ketimbang obat modern.

5). Praktis Dikonsumsi

Obat tradisional yang kinj banyak di kemas dengan cara yang modern membuat obat ini semakin mudah untuk dikonsumsi.

Untuk mengobati batuk misalnya, kini telah banyak obat yang menggunakan bahan alami seperti antangin, tolak angin dan berbagai jenis jamu lainnya untuk menghilangkan masuk angin dan ada obat tradisiomal lainnya seperti adem sari dan larutan cap kaki tiga untuk menghilangkan panas dalam yang telah dikemas dan tinggal diminum saja.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian obat tradisional, jenis, keamanan dan alasan memilih obat tradisional.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman terkait obat-obat tradisional. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tragis! Pasangan Kekasih Ini Tewas Mengenaskan Telanjang Bulat di Kamar Hotel, Terkuak Ada Lendir di Rahim Wanita, Status Facebook Terakhir Sang Pria Jadi Sorotan: ‘Aku Orang Paling Bodoh’

Menjalin hubungan dengan seseorang seharusnya menjadi hal yang membahagiakan bagi pasangan. Namun ternyata tidak untuk pasangan asal Sumatera Utara ini…

Diam-diam Makan Hati Pacaran dengan Gisel? Kini Putus, Wijin Ternyata Pernah Ngaku Kewalahan dengan Sang Mantan: Harga Diri

Kisah cinta Wijin dan Gisel dikabarkan kandas. Padahal hubungan keduanya sudah terjalin tak lama sejak Gisel cerai dari Gading Marten.…

Pantas Sang Suami Tajir Mampu Hasilkan Cuan Rp 150 Miliar dalam 3 Minggu, Intip Kondiis Ruang Keluarga di Rumah Artis Ayu Dewi yang Mewah Abis, Serba Emas yang Menyilaukan Mata!

Suami tajir Ayu Dewi, Regi Datau diketahui mampu hasilkan cuan Rp 150 miliar hanya dalam 3 minggu. Sang suami tajir…

Adik Vanessa Angel Mulai Sadar? Mayang Tiba-tiba Beberkan Soal Keadaan Keluarganya Terutama Doddy Sudrajat Usai Sering Dihujat

Nama adik Vanessa Angel, Mayang sempat jadi sorotan publik usai kepergian mendiang istri Bibi Ardiansyah tersebut. Bukan tanpa alasan, Mayang…

Heboh ‘Gus Arya Tantang Allah Dimana?’, Tokoh Nahdlatul Ulama: Nantangin Allah, Ferdinand Kedua?

Usai kasus Ferdinand Hutahaean, kini beredar sebuah potongan video Gus Arya bernarasi "Gus Arya Tantang Allah Dimana?" media sosial, Minggu…

Segera Besanan dengan Maia Estianty, Sosok Ayah Kekasih Al Ghazali Ternyata Miliki Profesi Tak Kalah Mentereng dari Irwan Mussry, Hartanya Tak Habis 7 Turunan

Kehidupan Maia Estianty kini diliputi kebahagiaan setelah melepas status jandanya dengan Irwan Mussry. Dilansir dari laman kompas.com, Irwan Mussry dikenal…

Wajah Arsy Terluka, Lenggogeni Faruk Panik Carikan Dokter Usai Insiden di Wahana, Ashanty: Mukanya Keseret

Rombongan keluarga Anang Hermansyah dan Gen Halilintar mengunjungi berbagai spot menarik selama berlibur di Turki. Salah satunya wahana bermain dipilih…

Roy Kiyoshi Sampai Kaget, Sosok Artis Tajir Ini Dijaga 3 Sosok Mistis di Setiap Kemewahan yang Dipunya: Ada yang Jagain

Sebuah pengelihatan mengejutkan diungkap oleh peramal, Roy Kiyoshi soal sosok artis tajir ini. Ditanya soal kekayaan yang dimiliki oleh sosok…

Paranormal Buta Baba Vanga Ramal 2022 Akan Kiamat, Mulai Virus Mematikan dan Invasi Alien

Paranormal buta Baba Vanga diyakini telah meramalkan peristiwa 9/11 sebelumnya akan memprediksi tahun 2022 muncul virus baru yang mematikan hingga…

Kadang Cemburu tapi Banyak Sayangnya, Ini 10 Potret Gemas Rafathar dan Rayyanza Malik Ahmad

26 November 2021 lalu, pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tengah berbahagia menyambut kehadiran anak kedua mereka. Bayi lelaki…