Pengertian MySQL, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Website tentunya membutuhkan database server atau hosting untuk menampung berbagai macam informasi. Berbagai macam data dibutuhkan oleh website seperti username, password, font, URL, dan sejenisnya. MySQL adalah sistem manajemen basis data yang umum digunakan untuk mengelola data ini.

Namun, tahukah kamu apa itu MySQL itu sendiri? Untuk belajar bersama, mari simak ulasan kami tentang pengertian MySQL, fungsi serta kelebihan dan kekurangan MySQL berikut ini.

Pengertian MySQL

MySQL merupakan DBMS (Database Management System) dengan menggunakan perintah-perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal bahkan telah banyak digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web.

SQL sendiri merupakan bahasa yang digunakan dalam pengambilan data di database relasional atau database terstruktur. Jadi MySQL adalah sistem manajemen database yang menggunakan bahasa SQL sebagai bahasa penghubung antara perangkat lunak aplikasi dengan database server.

MySQL terbagi menjadi dua lisensi, yang pertama adalah Free Software dan Shareware. Free Software adalah perangkat lunak yang dapat diakses oleh siapa saja, sedangkan shareware adalah perangkat lunak berpemilik yang memiliki keterbatasan dalam penggunaannya.

MySQL termasuk dalam RDBMS (Relational Database Management System). Jadi, menggunakan tabel, kolom, baris, dalam struktur database-nya. Dalam proses pengumpulan datanya, MySQL menggunakan metode database relasional.

Fungsi MySQL

Secara garis besar fungsi MySQL adalah membuat dan mengelola database di sisi server yang berisi berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL.

Fungsi lain yang dimilikinya adalah memudahkan pengguna untuk mengakses data yang berisi informasi berupa string (teks) sehingga dapat diakses secara pribadi atau publik di web.

Hampir semua web server provider atau host menyediakan fasilitas MySQL dalam mengembangkan aplikasi berbasis web untuk dikelola oleh web developer.

Kemudian, antarmuka MySQL adalah PHPMyAdmin. Fungsinya untuk menghubungkan bahasa pemrograman PHP dengan MySQL untuk memproses pengelolaan database pada web

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Meskipun merupakan database yang cukup populer, MySQL tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan database server lainnya. Kelebihan dan kekurangan MySQL antara lain:

Kelebihan MySQL

MySQL memiliki beberapa keunggulan yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan perangkat lunak yang handal seperti:

a). Bersifat Open Source

Untuk penggunaan MySQL dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Karena memiliki dua lisensi yaitu Free Software dan Shareware. Walaupun gratis, bukan berarti database ini memiliki performa yang buruk.

Apalagi lisensi gratis yang digunakan adalah GPL dibawah manajemen Oracle sehingga kualitasnya bagus. Sekarang juga sudah banyak komunitas dan dokumentasi untuk membantu kamu mengembangkan aplikasi menggunakan server database.

b). Mendukung Integrasi dengan Bahasa Pemrograman Lain

Website atau software terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman, sehingga kamu tidak perlu khawatir menggunakan MySQL.

Oleh karena itu, MySQL dapat membantu mengembangkan perangkat lunak yang lebih efektif dan tentunya lebih mudah dengan integrasi antar bahasa pemrograman.

c). Mendukung Penggunaan multi-user

MySQL juga dapat digunakan secara bersamaan karena bersifat Multi User tanpa membuatnya berhenti bekerja. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengakses database secara bersamaan.

Keuntungannya adalah tim pengembang dapat mengerjakan database secara bersamaan (team work) dan tanpa harus menunggu pengguna lain selesai.

d). Tidak Memerlukan RAM yang Besar

MySQL dapat diinstal pada server dengan spesifikasi kecil. MySQL juga cocok digunakan oleh semua orang untuk membantu mengembangkan aplikasi dengan konsumsi RAM yang rendah.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika hanya memiliki server dengan kapasitas 1 GB karena masih bisa menggunakan MySQL sebagai databasenya.

e). Struktur Tabel Fleksibel

MySQL memiliki struktur tabel yang mudah digunakan dan fleksibel. Misalnya saat MySQL memproses ALTER TABLE dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL relatif lebih mudah.

f). Tipe Data Bervariasi

Kelebihan lain dari MySQL adalah mendukung berbagai macam data yang dapat Anda gunakan di MySQL. Misalnya float, integer, date, char, text, timestamp, double, dan sebagainya.

Jadi sistem manajemen database ini sangat membantu untuk mengembangkan perangkat lunak yang berguna untuk manajemen database di server.

g). Keamanan yang Terjamin

Open source bukan berarti MySQL menyediakan keamanan yang buruk. Malah sebaliknya, MySQL mempunyai fitur keamanan yang cukup apik.

Ada beberapa lapisan keamanan yang diterapkan oleh MySQL, seperti level nama host, dan subnetmask. Selain itu MySQL juga dapat mengatur hak akses user dengan enkripsi password tingkat tinggi.

Kekurangan MySQL

Sayangnya, meskipun memiliki segudang kelebihan, masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh MySQL sehingga kamu perlu mempertimbangkannya juga sebelum memakainya.

a). Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile

Untuk kamu yang sedang mengembangkan aplikasi untuk membuat game dan mobile, kami sarankan untuk mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan MySQL. Karena, manajemen database yang dimiliki kurang cocok untuk pengelolaan aplikasi tersebut.

Kebanyakan pengembang game maupun aplikasi mobile tidak menggunakannya karena memang database manajemen sistem ini masih kurang bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.

b). Sulit Mengelola Database yang Besar

Jika kamu ingin mengembangkan aplikasi atau sistem di perusahaan dengan database yang cukup besar, ada baiknya jika menggunakan database manajemen sistem selain MySQL.

MySQL dikembangkan supaya ramah dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki fitur yang lengkap seperti aplikasi lainnya.

c). Technical Support yang Kurang Bagus

Sifatnya yang open source terkadang membuat aplikasi tidak menyediakan technical support yang memadai. Technical support MySQL diklaim kurang bagus.

Hal ini membuat pengguna kesulitan. Apalagi jika pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan pengoperasian perangkat lunak tersebut dan membutuhkan bantuan technical support.

Demikian artikel kami mengenai pengertian MySQL lengkap dengan fungsi serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai MySQL. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengertian VPN, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kerugian VPN

Awalnya, VPN memang menjadi hal yang tak lazim bagi para pengguna internet pada umumnya. Sebab dulunya VPN hanya digunakan bagi…

5 Gelagat Aneh Vanessa Angel Sebelum Tewas Kecelakaan

Beberapa sahabat Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih merasakan duka mendalam atas kepergian pasangan suami istri ini. Diantara kesedihan itu,…

Setubuhi Istri Cantik Tahanan Narkoba yang Hamil Tua, 8 Oknum Polisi Terancam Dipecat

Sidang terhadap delapan personel Polsek Kutalimbaru, digelar Polrestabes Medan, Sabtu (13/11/20210. Delapan oknum polisi ini terlibat kasus pemerasan dan menyetubuhi…

Tubuhnya Digerogoti Kanker, Pedangdut Cantik Ini Meninggal Dunia di Puncak Karienya, Selama 2 Tahun Bertahan Hidup dengan Satu Payudara

Masih ingatkah dengan lagu 'Pacarku Lima Langkah' yang populer pada 2012 silam? Kesuksesan lagu 'Pacarku Lima Langkah' turut membuat nama…

Pengertian Piutang, Jenis – Jenis dan Karakteristik Piutang

Pada umumnya suatu perusahaan lebih memilih untuk menjual secara tunai, hal ini karena dengan demikian perusahaan akan dapat menghemat sejumlah…

Duh, Ramai Vanessa-Bibi Disebut Permainkan Bacaan Alquran Beberapa Jam Sebelum Meninggal, Begini Penjelasannya…

Di tengah kabar duka yang menimpa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, baru-baru ini justru muncul sebuah informasi tak mengenakan soal…

Disuruh Sadar Diri, Sosok Artis Janda Ini Ungkap Pernah Dituding Mulan Jameela Ingin Rebut Ahmad Dhani, Nyai: Dia Rebut Laki Orang!

Sudah bukan rahasia lagi, Mulan Jameela sempat dituding sebagai artis pelakor (perebut lelaki orang) setelah kisah asmaranya dengan Ahmad Dhani…

Innalilahi Wainna Ilaihi Rojiun, Sosoknya Menghilang Bak Ditelan Bumi, Penyanyi Terkenal yang Gagal Jadi Anggota DPR ini Tiba-tiba Bagikan Kabar Duka : ‘Selamat Jalan Sahabatku’

Bagi masyakat hiburan pasti kenal dengan penyanyi lawas terkenal ini. Dia adalah Ronny Sianturi yang lagu-lagunya kerap menjadi hits. Lagu-lagunya…

Makam Vanessa Angel Dikabarkan Rusak, Penjaga Makam Bilang Begini

Makam Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah di TPU Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dikabarkan dirusak orang tak bertanggung jawab. Hal…

Pengertian Komunikasi, Fungsi dan Jenis – Jenis Komunikasi

Komunikasi Komunikasi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, terlebih lagi kita sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi untuk…