Pengertian Multimedia, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis dan Manfaat Multimedia

Multimedia merupakan istilah yang umum digunakan khususnya dalam bidang informatika.

Definisi multimedia itu sendiri adalah media atau fasilitas yang menggunakan komputer sebagai perantara untuk menggabungkan dan menyajikan teks, audio, video hingga animasi dengan alat dan koneksi tambahan sehingga pengguna dapat berinteraksi dan berkreasi.

Untuk mengenal lebih jauh tentang multimedia, yuk simak ulasan kami tentang pengertian multimedia, unusur, jenis-jenis dan manfaat multimedia di bawah ini.

Pengertian Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat dan koneksi sehingga pengguna dapat berinteraksi, membuat dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Multimedia juga digunakan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik di ruang belajar maupun secara individu.

Dalam perkembangannya, multimedia mencakup kinetik (gerak) dan penciuman. Multimedia mulai memasukkan bagian kinetik sejak diterapkan pada demonstrasi film 3 dimensi yang dipadukan dengan gerakan di kursi penonton. Kinetika dan film 3 dimensi membangkitkan rasa realistis.

Sementara itu, penciuman mulai menjadi elemen multimedia sejak ditemukannya teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, operator dapat mengirimkan hasil digitalisasi bau melalui internet.

Pada komputer penerima harus ada alat keluaran berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampur berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet.

Dengan menganalogikannya dengan printer, perangkat ini menggunakan feromon bau sebagai pengganti tinta. Outputnya bukan cetakan tetapi aroma.

Unsur – Unsur Multimedia

Multimedia adalah data dalam bentuk digital yang kemudian digunakan sebagai informasi ketika data tersebut disampaikan kepada orang lain.

Melalui multimedia informasi dikatakan dalam media yang lebih kreatif dan menarik, sehingga informasi yang disebarluaskan dapat dinikmati oleh banyak orang. Berikut adalah unsur dalam multimedia:

1). Gambar

Gambar adalah data digital yang memberikan informasi secara deskriptif dengan memberikan ilustrasi visual atau penglihatan yang statis atau tidak bergerak. Contohnya adalah potret dan lukisan.

2). Audio

Audio adalah data digital yang tidak mewakili ilustrasi visual, seperti gambar. Namun, audio hanya memberikan informasi melalui suara secara dinamis. Misalnya musik dan rekaman.

3). Video

Video adalah sejumlah data digital yang digabungkan, yaitu gambar dalam video menjadi bergerak dan disinkronkan dengan data audio, bahkan jika diperlukan teks dapat ditambahkan dalam data video.

Gambar yang digunakan berupa foto, video secara etimologis memiliki arti gambar atau data yang dinamis. Biasanya video dibuat menggunakan kamera yang memiliki fitur video.

4). Animasi

Animasi adalah gambar yang didesain menggunakan aplikasi, kemudian gambar tersebut dibuat bergerak. Animasi merupakan tiruan dari suatu hal yang nyata, meskipun produksi animasi dapat memberikan informasi yang jelas.

5). Teks

Teks adalah data berupa artikel yang sering digunakan untuk menggambarkan atau mencerminkan suatu peristiwa atau objek dengan kalimat. Contohnya adalah artikel ini, yang menyampaikan informasi secara tertulis.

Jenis – Jenis Multimedia

Berdasarkan sifat penggunaannya, multimedia dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1). Multimedia Interaktif

Jenis multimedia yang pertama adalah multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai komponen di dalamnya.

Tipe pertama ini mengkhususkan diri dalam personalisasi penggunaan multimedia sesuai dengan keinginan pengguna.

2). Multimedia Hiperaktif

Jenis multimedia hiperaktif adalah jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar setiap komponen dalam multimedia.

Multimedia hiperaktif ini juga bersifat interaktif sehingga pengguna dapat memilih berbagai asupan informasi sesuai dengan seleranya melalui berbagai link yang tersedia.

3). Multimedia Linier

Multimedia linier adalah jenis multimedia yang memiliki sifat non-interaktif. Artinya pengguna hanya dapat menikmati berbagai penyajian informasi secara linier. Itu dilakukan tanpa memiliki kesempatan untuk mengendalikannya secara mandiri.

4). Multimedia Kit

Jenis multimedia selanjutnya adalah multimedia kit yang digunakan untuk pembelajaran, yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan disusun berdasarkan satu topik.

Perangkat yang diklasifikasikan sebagai kit multimedia adalah CD-ROM, kaset audio, transparansi overhead, gambar statis, dan sebagainya.

Manfaat Multimedia

Saat ini multimedia telah merambah ke segala aspek kehidupan, apalagi didukung oleh perkembangan teknologi digital yang sangat pesat.

Kemajuan teknologi ini membawa penggunaan yang paling luar biasa. Multimedia merupakan hal yang sangat fungsional dalam banyak bidang kehidupan manusia, berikut manfaat multimedia:

1). Sebagai Fasilitas Informasi Umum

Saat ini banyak lembaga pelayanan publik yang lebih mudah menyebarkan informasi dengan memanfaatkan multimedia. Mereka hanya perlu menyediakan infrastruktur peralatan yang memadai untuk kemudian dipasang di berbagai lokasi dan media yang strategis.

Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi secara langsung dengan mudah. Multimedia dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga institusi pendidikan.

Saat ini juga terdapat berbagai perangkat seperti komputer, laptop, dan gadget untuk berbagi informasi, sehingga tidak perlu pergi ke tempat tertentu untuk mendapatkan informasi.

2). Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat selanjutnya dengan adanya multimedia adalah dapat menjadi sarana atau media pembelajaran. Di banyak lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran.

Penggunaan multimedia ini memberikan hasil yang baik karena paling efektif. Metode pengajaran yang monoton dan membosankan menjadikan multimedia sebagai inovasi yang sangat unik agar siswa mengetahui dan menikmati metode pengajaran yang menggunakan multimedia ini.

Salah satu contoh penerapan penggunaan multimedia dalam media pembelajaran adalah saat membuat presentasi. Dimana siswa juga menggunakan media interaktif untuk mengerjakan presentasi hasil belajar dengan memanfaatkan peralatan laptop dan proyektor.

Multimedia juga merupakan sarana yang tepat untuk memahami apa minat setiap siswa, mereka memiliki kebebasan untuk memilih hobinya masing-masing, belajar sesuai keinginannya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran di sekolah.

3). Untuk Membantu Memajukan Ilmu Medis

Dengan berkembangnya teknologi khususnya multimedia, kini dapat membantu dalam bidang medis, salah satunya penemuan alat pemindai USG. Dengan bantuan USG memungkinkan dokter mengetahui keadaan janin dalam kandungan, salah satunya untuk melihat jenis kelamin janin.

Inilah salah satu contoh pemanfaatan multimedia dalam bidang kesehatan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Perangkat USG bukan satu-satunya perangkat multimedia yang ditemukan di dunia Kesehatan.

Ada juga yang disebut pemindai sinar-X, yang merupakan alat penting bagi dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan pada pasiennya. Penemuan medis ini sangat membantu pekerja media dalam upaya mereka untuk menyembuhkan dan mengamankan pasien mereka.

Demikian artikel kami tentang pengertian multimedia lengkap dengan unsur, jenis dan manfaat multimedia. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan Anda tentang multimedia. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Usianya Baru 22 Tahun Saat Dituding Jadi Duri di Rumah Tangga Veronica Tan, Puput Nastiti Devi Akhirnya Bongkar Awal Mula Ahok Ajak Nikah, Singgung Soal Bahasa Sang Mantan Gubernur

Usai menikah dengan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias BTP alias Ahok, sosok Puput Nastiti Devi seolah tak ada…

Unggahan Terakhir Laura Anna sebelum Meninggal Jadi Sorotan: Ini Bisa Jadi Akhir dari Segalanya

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Selebgram muda Edelenyi Laura Anna atau biasa dipanggil Lora meninggal dunia,…

Anak Pertama Lesti Kejora dan Rizky Billar Lahir Prematur

Penyanyi Lesti Kejora telah melahirkan anak pertamanya dari pernikahan dengan Rizky Billar pada 26 Desember 2021 dalam kondisi prematur. Persalinan…

Kemensos Buka Suara Perihal Aduan Doddy Sudrajat Soal Donasi, Aset Marissya Icha Siap Disita?

Kementerian Sosial (Kemensos) akhirnya buka suara menanggapi aduan Doddy Sudrajat perihal penggalangan donasi yang dilakukan Marissya Icha. Laporan tersebut dilayangkan…

Pengertian PPH 21, Pihak Pemotong, Penerima Penghasilan dan Perhitungan Pajak PPh 21

Sebagai warga negara kita tentu akan membayar pajak sebagai bukti ketaatan kita sebagai warga negara. Ada banyak jenis pajak yang…

Pengertian Transistor, Jenis – Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Transistor

Transistor ialah suatu komponen elektronika yang digunakan untuk penguat. Komponen ini biasanya digunakan sebagai pemutus arus, penghubung, penstabil tegangan, modulasi…

Atta Halilintar Diramal oleh Rezky Aditya: di Otaknya Cuma Seks

Beberapa waktu Rezky Aditya dan Citra Kirana mengundang pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Rezky Aditya dan Citra Kirana menanyakan…

Gaji PNS Tahun 2022 Makin Menggiurkan, Kabarnya Minimal Jadi Rp 9 Juta, Berikut Daftar Gaji ASN dari Berbagai Golongan

Wacana gaji PNS minimal Rp 9 juta per bulan ramai diperbincangkan di awal tahun 2022. Pasalnya, rencana peningkatan gaji PNS…

Tukul Pendarahan di Otak, Zhovan: Aku Enggak Tega Lihat Ayah

Komedian Tukul Arwana menjalani fisioterapi pasca dinyatakan sembuh oleh dokter RSPON. Melihat kondisi Tukul Arwana membuat kesedihan Zhovan tak terelakkan…

Doddy Sudrajat Nyengir Puas, Gegara Ulahnya Kini Rumah Gala Sky Terancam Disita, Susi Pudjiastuti Beri Sentilan Menohok

Doddy Sudrajat seolah tak ada lelahnya mengusik orang-orang yang disayangi Vanessa Angel. Bahhkan Doddy Sudrajat sampai hati mempermasalahkan rumah yang…