Pengertian Motherboard, Jenis serta Fungsi Motherboard

Bagi kita yang sudah lama mengenal dunia IT, tentunya motherboard sudah tidak asing lagi di telinga. Motherboard memegang peranan penting dalam sebuah perangkat keras, semua kinerja yang ada di dalam perangkat keras harus melaluinya terlebih dahulu. Semua komponen hardware mulai dari RAM, Processor, harddisk dan lain-lain pasti akan melekat padanya. Setiap daya yang digunakan untuk mengalirkan listrik harus melalui motherboard ini.

Tapi tahukah kamu apa pengertian motherboard itu sendiri? Berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai motherboard, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian, jenis dan fungsi motherboard.

Pengertian Motherboard

Motherboard (atau biasa disebut mainboard, systemboard, logic board, baseboard atau mobo) adalah print circuit board (PCB) yang berperan sebagai tulang punggung sebuah komputer, karena motherboard menyediakan konektivitas listrik yang disebut bus sehingga semua komponen eksternal dan perangkat pada motherboard dapat dihubungkan.

Pada motherboard ini sudah terpasang semua komponen komputer, seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB. Selain itu, motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan mouse. Intinya, motherboard inilah yang membuat semua komponen di komputer kamu bisa bekerja sama.

Jenis Motherboard

Motherboard hadir dengan berbagai jenis dan bentuk, mengenali jenis motherboard yang kamu miliki adalah penting, terutama ketika kamu sedang membangun atau mengupgrade komputer. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan jenis-jenis motherboard berikut ini:

  1. Motherboard AT (Advanced Technology)

Motherboard AT merupakan jenis motherboard yang pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada bulan Agustus 1984, kemudian banyak digunakan pada tahun 1980-an. Motherboard jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 12 x 13,8 inci, ukuran yang cukup besar sehingga tidak muat di mini desktop.

Masalah lain yang dimiliki motherboard AT adalah sulitnya melakukan instalasi, troubleshooting dan upgrade karena jarak antar komponen yang sangat dekat.

Versi lain dari motherboard AT adalah Motherboard Baby AT yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu 8,5 x 13 inci. Namun, saat ini motherboard AT/Baby AT sudah jarang digunakan, dan telah digantikan oleh motherboard jenis yang lebih baru seperti ATX.

  1. ATX (Advanced Technology Extended)

Motherboard ATX merupakan jenis motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada pertengahan tahun 1990 yang merupakan perbaikan dari jenis motherboard sebelumnya yaitu AT.

Selain bertambahnya ukuran motherboard yang semakin mengecil. Motherboard ATX juga telah mengalami peningkatan dalam kemudahan penggunaan, dalam hal instalasi, pemecahan masalah dan peningkatan, serta peningkatan dalam teknologi I/O dan prosesor serta biaya produksi sistem. Hal inilah yang membuat motherboard jenis ini masih paling populer digunakan di tahun 2017.

  1. Micro-ATX

Micro-ATX sama dengan tipe ATX, keunggulan yang ditawarkan juga sama, yang membedakan hanya ukuran motherboard yang lebih kecil, hal ini dilakukan dengan cara mengurangi jumlah slot I/O yang didukung pada motherboard.

  1. LPX (Low Profil Extended)

Motherboard LPX ini dibuat setelah motherboard AT pada 1990-an. Motherboard jenis ini dirancang untuk digunakan pada casing Slimline atau low profile, yang dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan ruang dan biaya.

Yang membedakan motherboard jenis ini dengan yang lain adalah riser card yang merupakan kartu upright yang digunakan untuk memasang slot ekspansi.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketinggian sebuah casing, karena umumnya tinggi casing komputer dipengaruhi oleh kartu ekspansi itu sendiri. Namun, hal ini sebenarnya tidak disarankan, karena dapat mempengaruhi sistem pendingin pada komputer Anda.

  1. BTX (Balanced Technology Extended)

Motherboard BTX dikembangkan untuk mengurangi atau menghindari beberapa masalah yang muncul saat menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang lebih baru cenderung menggunakan lebih banyak daya dan juga menghasilkan lebih banyak panas. Tidak seperti motherboard jenis lainnya, BTX benar-benar melepaskan diri dari bentuk jenis ATX yang populer saat ini.

Salah satu fitur yang paling menarik dari BTX adalah penggunaan aliran udara in-line dimana slot memori dan slot ekspansi dipindahkan sehingga komponen utama seperti prosesor, chipset dan kartu video dapat menggunakan aliran udara yang sama, sehingga mengurangi penggunaan kipas yang diperlukan. oleh sistem.

  1. Mini-ITX (Information Technology Extended)

Mini ITX merupakan jenis motherboard berdaya rendah dengan ukuran yang cukup kecil yaitu 17 x 17 cm. Mini-ITX ini dirancang oleh VIA Technologies pada tahun 2001. Motherboard Mini-ITX ini digunakan pada komputer yang memiliki form factor kecil, selain itu motherboard jenis ini juga tidak menghasilkan panas yang lebih karena menggunakan konsumsi daya yang rendah sehingga tidak membutuhkan kipas yang besar.

Fungsi Motherboard

Peran motherboard sebagai tulang punggung komputer bukan tanpa alasan, karena motherboard memiliki berbagai fungsi. Selain fungsi utamanya yaitu sebagai media yang menampung komponen-komponen pada sebuah komputer, motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode basic input/output system (BIOS) pada chip read-only memory (ROM).

Kode BIOS adalah firmware, yang berarti firmware tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan dan tidak dapat diubah oleh proses sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi normal.

Selain itu, jika memperhatikan motherboard terdapat kumpulan slot yang memungkinkan penggunaan komponen atau perangkat eksternal yang dapat meningkatkan fleksibilitas komputer itu sendiri. Perangkat yang dimaksud adalah printer, keyboard, mouse, audio jack, hard disk eksternal, atau game stick. Perangkat dapat dihubungkan ke komputer dengan menghubungkannya langsung ke motherboard menggunakan port yang disediakan.

Demikian artikel kami mengenai pengertian motherboard lengkap dengan jenis dan fungsinya. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai motherboard. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bisa Bikin Korbannya Merintih Kesakitan di Detik Terakhir Hidupnya, Neneng Umaya Ternyata Pakai Alat Tak Biasa Ini untuk Cabut Nyawa Selingkuhan Sang Suami

Demi habisi nyawa pelakor, alat yang digunakan Neneng Umaya (36) selaku istri sah terbilang janggal untuk lakukan kejahatan. Dilansir dari…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Bak Tuai Karma Buruk! Dulu Tega Siksa Manohara Hingga Paksa Lakukan Hubungan Seksual Saat Sedang Datang Bulan, Sang Pangeran Kelantan Kini Kabarnya Miris di Depak Dari Istana

Ada yang masih ingat dengan mantan suami Manohara sang Pangeran Kelantan? Sosoknya dahulu pernah viral lantaran melakukan KDRT terhadap Manohara.…

Ketuban Jessica Iskandar Pecah, Sosok Vincent Verhaag Panik Parah Tapi Justru Ditertawakan Jedar: Kamu Kontraksi, Aku Harus Ngebut-ngebut

Kabar bahagia datang dari pasangan artis, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag baru-baru ini. Bagaimana tidak? bayi yang dinanti-nantikan oleh Jessica…

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…