Pengertian Morfologi, Proses, Cabang Ilmu dan Contoh Morfologi

Wajar jika banyak dari kita yang belum mengetahui arti morfologi, walaupun mungkin sudah sering mendengarnya. Banyak ahli yang telah memberikan pemahaman tentang morfologi.

Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian morfologi menurut ahli, proses, cabang ilmu dengan nama morfologi dan contoh morfologi berikut!

Pengertian Morfologi Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Morfologi menurut para ahli, antara lain.

1). Mulyana (2007:5)

Mulyana menyatakan bahwa istilah “morfologi” berasal dari bahasa Inggris morphology, artinya cabang linguistik yang mempelajari susunan gramatikal atau bagian-bagian kata. Dahulu ilmu ini lebih dikenal dengan morphemics, yaitu ilmu yang mempelajari tentang morfem. Namun seiring dengan perkembangan dan dinamika bahasa, istilah yang kemudian lebih populer adalah morfologi.

2). Verhaar (1996: 97)

Morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal, sedangkan Samsuri (1988: 15), mendefinisikan morfologi sebagai cabang linguistik yang mempelajari struktur dan bentuk kata.

3). Rusmajo

Selanjutnya Rusmajo juga turut mendefinisikan morfologi, yakni sebagai bahasan tentang kata, bagian-bagiannya, dan juga proses pembentukan kata.

4). O’Grady dan Dobrovolsky

Morfologi adalah komponen bahasa generatif transformasional yang secara khusus membahas struktur internal kata, terutama kata-kata yang kompleks.

5). Nida (1974: 1)

Morfologi sebagai ilmu yang mempelajari morfem dan susunan morfem dalam rangka pembentukan kata didefinisikan oleh Nida

6). J.W.M. Verhaar

J.W.M. Verhaar juga memberikan pemahaman bahwa morfologi merupakan salah satu cabang linguistic. Dimana ilmu ini mengidentifikasi satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal tulisan.

7). Ramlan

Pemahaman tentang morfologi menurut Ramlan, yaitu bagian linguistik yang secara khusus membahas tentang struktur kata dan pengaruh perubahan struktur kata terhadap makna kata.

8). Nida (dalam Syahwin Niclass; 1993)

Pendapat Nida, bahwa morfologi adalah ilmu yang mempelajari morfem dan susunan morfem dalam pembentukan kata.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, bisa kita tarik satu kesimpulan bahwa proses morfologis adalah proses pembentukan kata dari bentuk dasar menjadi kata baru. Tak lain diantaranya meliputi proses afiksasi, proses pengulangan dan proses pemajemukan.

Proses Morfologis

Ada beberapa definisi tentang proses morfologis, salah satunya merurut Sudaryanto (1992:15) yang menjelaskan bahwa proses morfologis adalah proses pengubahan kata secara teratur atau keteraturan pengubahan dengan menggunakan alat yang sama.

Sehingga menimbulkan komponen makna baru pada kata yang dimodifikasi, kata baru yang dihasilkan bersifat polimorfemik. Selanjutnya, Ramlan (1987:51) juga menyatakan bahwa proses morfologis adalah proses pembentukan kata dari satuan lain yang merupakan bentuk dasarnya.

Kemudian didukung dengan pendapat Samsuri (1988: 190) yang menyatakan bahwa proses morfologis ialah sebagai cara pembentukan kata dengan menghubungkan morfem satu sama lain. Proses morfologis tentu berlaku untuk setiap bahasa.

Cabang Ilmu yang Menggunakan Nama Morfologi

Setelah memahami pengertian dari morfologi, barulah kita menyadari bahwa ada beberapa cabang ilmu yang nyatanya menggunakan nama morfologi. Berikut beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi diantaranya yaitu:

1). Morfologi linguistik, merupakan bidang linguistik yang mempelajari pembentukan kata atau morfem dalam suatu bahasa.

2). Morfologi biologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang bentuk organisme khususnya hewan dan tumbuhan.

3). Geomorfologi, merupakan ilmu yang mempelajari batuan dan bentuk-bentuk luar bumi.

Contoh Morfologi

Tentu setelah mengetahui ragam detail mengenai morfologi, yang menjadi pertanyaan adalah contoh morfologi itu sendiri. Untuk itu, berikut kami sajikan dua contoh morfologi:

1). Contoh morfologi pada hewan

Berbagai hewan yang terdapat di muka bumi ini memiliki cara adaptasinya masing-masing karena beradaptasi dengan lingkungan habitatnya. Salah satu contoh morfologi yang terdapat pada hewan adalah morfologi belalang.

Belalang adalah sejenis serangga pemakan tumbuhan. Belalang memiliki sepasang antena, dua mata majemuk dan berwarna coklat. Belalang juga memiliki dua pasang sayap depan yang lebih sempit dari sayap belakangnya.

2). Contoh pada tumbuhan

Tidak hanya pada hewan, morfologi juga merupakan cabang ilmu yang mendalami bentuk – bentuk tumbuhan. Tentu saja, hewan dan tumbuhan memiliki karakteristik yang berbeda.

Tumbuhan hidup di berbagai tempat mulai dari yang kering, berair hingga lembab. Tentu saja tumbuhan juga beradaptasi sesuai dengan tempat tinggalnya.

Contoh mudahnya adalah kaktus yang bentuk daunnya berduri. Hal ini dikarenakan pertumbuhan kaktus berada di tempat yang kering. Selain itu, akar kaktus juga panjang yang memiliki fungsi untuk dapat mencari air di dalam tanah.

Demikian artikel kami mengenai pengertian morfologi menurut ahli, lengkap dengan proses, cabang ilmu dengan nama morfologi dan contohnya. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai morfologi. Terimakasih sudah berkunjung.