Pengertian Microsoft Word, Sejarah dan Fitur Unggulan Microsoft Word

Subtitle goes here

By:

Agustus 26, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pada saat sekarang ini, kebutuhan akan aktivitas yang berhubungan dengan dokumen sangat sering kita lakukan. Salah satu software yang sangat populer yang digunakan oleh banyak orang dalam membuat sebuah dokumen ialah Microsoft Word.

Microsoft Word sendiri tidak hanya dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen saja, namun juga dapat digunakan untuk menyimpan atau mengedit sebuah dokumen. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian Microsoft Word secara umum,sejarah singkat dan fitur unggulan dari Microsoft Word.

Pengertian Microsoft Word Secara Umum

Secara umum, Microsoft Word merupakan sebuah software yang diciptakan oleh salah satu perusahaan besar pengembang software yang ada didunia, yaitu Microsft yang berfungsi sebagai software pengolah kata yang dapat melakukan banyak aktivitas seperti membuat,menyimpan,mengedit sebuah dokumen.

Microsoft word sendiri memiliki segudang fitur yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Seperti Microsoft Word juga dapat digunakan untuk membuat tabel, penomoran sebuah halaman dan masih banyak lagi.

Beberapa para ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari Microsoft Word. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari Microsoft Word yang telah kami rangkum sebagai berikut.

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia, Microsoft Word merupakan sebuah software yang berguna dalam mengolah kata atau yang disebut sebagai word processor yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang populer didunia yaitu Microsof.

2. Wahana Komputer

Menurut Wahana Komputer, Microsoft Word ialah sebuah program pengolah kata yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan pembuatan dalam hal ini pembuatan sebuah dokumen. Dengan begitu, anda dapat menggunakan software ini pada beragam aktivitas yang berkaitan dengan kata-kata.

3. Purnomo

Menurut Purnomo, Microsoft Word merupakan sebuah software pengolah kata yang baru dirilis oleh perusahaan Microsoft. Hal ini berarti bahwa sebelumnya sudah ada software yang memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Word.

Dengan teknologi terbaru serta fitur-fitur yang baru juga, anda dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin. Semua itu juga bisa anda manfaatkan untuk membuat pekerjaan anda dapat lebih efektif.

4. Iskandar (2003)

Menurut Iskandar, Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam mengolah data dan banyak digunakan oleh beragam pengguna komputer di berbagai bidang, seperti pada bidang pendidikan, bisnis dan juga perusahaan dalam skala kecil dan besar.

5. Budiharjo (2004)

Menurut Budiharjo, Microsoft Word merupakan sebuah proogram yang dapat digunakan dalam mengolah kata yang berfungsi untuk membuat, mengubah dan berbagai aktivitas lain yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah dokumen dalam bentuk kata-kata (teks).

Microsoft Word sendiri dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan penggunanya seperti cerita,puisi dan lain sebagainya. Memiliki fitur yang beragam membuat Microsoft Word juga dapat digunakan untuk menambah berbagai komponen.

6. Permana (2007)

Menurut Permana, Microsoft Word merupakan sebuah software yang fungsi utamanya ialah mengolah kata. Microsoft Word sendiri juga memiliki segudang fitur yang dapat digunakan untuk membuat dokumen yang memiliki variasi. Dengan segudang fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word, membuat para penggunanya dapat bekerja dengan cepat dan lebih efesien.

Sejarah Singkat Terciptanya Microsoft Word

Pada awal kemunculannya pada tahun 1983, Microst Word diterbitkan dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Kemudian muncul versi-versi lain yang dikembangkan untuk beragam jenis sistem operasi, contohnya seperti DOS,Apple Macintosh dan masih banyak lagi.

Ide dan konsep dari Microsoft Word sendiri bersumber dari Bravos. Bravos ialah sebuah pengolah kata berbasis grafik pertama yang dkembangkan di Xerox PARC.

Setelahnya, Charles Simonyi yang merupakan pencipta Bravos memutuskan untuk hengkang ke Microsoft pada tahun 1981 bersama Richard Brodie dari PARC. Semenjak saat itu, awal mulainya pengembangan Multi-Tool Word pada tanggal 1 Februari 1983.

Pada tahun 1985, Word for Macintosh diperkenalkan. Didalam paket program Word for Macintosh sendiri sudah terdapat fitur WYSIWYG. Fitur ini tentunya dapat digunakan dalam menampilkan tulisan bercetak tebal dan miring.

Tidak disangka, program ini mendapat attention yang tinggi oleh pengguna komputer setelah Word for Macintosh dirilis, sekitaran tahun 1990 hingga 1995, Word for Windows mulai diperkenalkan.

Versi pertamanya dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 USD. Setelah kemunculan Microsft Windows 3.0 diluncurkan, pada tahun-tahun berikutnya penjualan program ini meningkat.

Fitur Unggulan Microsoft Word

Banyak pengguna yang menggunakan software ini dikarenankan fitur dan kemudahan yang diberikan sangat berguna bagi para penggunanya. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Microsoft Word.

1. Auto Correct

Auto Correct merupakan salah satu fitur unggulan yang ada pada Microsoft Word yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan pada kata yang dilakukan secara tidak sengaja oleh pengguna.

2. MailMerge

MailMerge merupakan sebuah fitur pada Microsoft Word yang berfungsi untuk menghasilkan beberapa surat,label dan sejenisnya dengan memakai informasi yang disimpan pada database.

3. Macro

Macro merupakan sebuah rangkaian perintah atau intruksi yang dapat ada buat dalam bentuk kelompok sebagai sebuah satu perintah dalam menyelesaikan tugas secara otomatis.

4. Add-ins

Add-ins merupakan sebuah dukungan dari aplikasi lain yang dapat digunakan oleh Microsoft Word seperti PDF Reader.

5. Booklet Layout

Booklet Layout merupakan salah fitur unggulan Microsoft yang berguna bagi para pengguna untuk mencetak buku secara menarik.

6. WYSIWYG

What You See is Wha You Get merupakan salah sati keunggulan dari Microsoft Word yang memungkinkan apa yang sedang anda kerjakan pada layar monitor juga akan terlihat sama persis dengan hasil saat dokumen akan dicetak.

Demikian pembahasan mengenai pengertian Microsoft Word Secara Umum dan Menurut Para Ahli, sejarah singkat dan beberapa fitu unggulan dari Microsoft Word. Semoga Bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.