Pengertian Metode Penelitian, Tujuan, Macam dan Kerangka Metode Penelitian

Dalam suatu penelitian kita harus mampu melewati segala proses yang ada, untuk akhirnya mendapatkan suatu hasil yang bisa dijadikan menjadi sebuah acuan bagi peneliti selanjutnya ataupun dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Metode penelitian sendiri merupakan salah satu proses untuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi pada data yang telah didapatkan.

Data yang ada nantinya akan di proses dengan alat-alat statistik ataupun metode lainnya. Berikut adalah ulasan mengenai metode penelitian.

Pengertian Metode Penelitian

Berikut dibawah ini pengertian metode penelitian, antara lain sebagai berikut.

1). Sugiyono

Pengertian metode penelitian menurut Sugiyono adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dapat dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan dan ditemukan pengetahuan, teori, untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam kehidupan manusia.

2). Muhammad Nasir

Sejalan dengan Arikunto Muhammad Nasir menyatakan  metode penelitian merupakan hal yang penting bagi seorang peneliti untuk mencapai sebuah tujuan, serta dapat menemukan jawaban dari masalah yang diajukan.

3). Arikunto

Arikunto memberikan pikirannya tentang metode penelitian adalah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

4). Hamid Darmadi

Hamid Darmadi juga mengatakan bahwa Metode penelitian adalah suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan kegunaan tertentu.

Tujuan Metode Penelitian

Setiap penelitian sudah tentu memiliki target yang akan yang harus dijawab dengan berbagai macam tahapan dalam penelitian.

Target yang hendak dituju tersebutlah yang dapat kita maknai sebagai tujuan dari sebuah penelitian, berikut adalah tujuan dari metode penelitian, yaitu sebagai berikut:

1). Tujuan Secara Umum

Adapun tujuan dari metode penelitian secara umum adalah untuk memperoleh pengetahuan ataupun penemuan baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Hal berikut juga merupakan tujuan secara umum yaitu:

  • Pembuktian data yang sudah ada
  • Pengujian terhadap data yang telah ada apakah masih dapat diterima atau tidak dikemudian masa.
  • Pengembangan ilmu pengetahuan sudah ada.
  • Referensi peneliti di kemudian hari.

2). Tujuan Penelitian Secara Praktis

Tujuan penelitian secara praktis adalah penelitian yang dapat digunakan secara langsung atau dapat dikatakan applied research.

Penelitian ini ditujukan guna menemukan atau memperbaharui ilmu yang ada untuk dapat digunakan dan dimafaatkan di kehidupan sehari-hari.

Macam-Macam Metode Penelitian

Berikut dibawah ini macam-macam metode penelitian, antara lain sebagai berikut.

1). Metode Kualitatif

Metode ini merupakan metode penelitian deskriptif yang menitikberatkan pada pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah. Metode penelitian kualitatif sendiri lebih menekankan pada kualitas gambaran yang jelas.

Tidak hanya itu, dengan fakta di lapangan dan cenderung lebih banyak menggunakan analisis. Metode kualitatif berusaha mengungkapkan makna dan pengalaman subjek penelitian terhadap suatu fenomena yang tidak dapat dengan mudah diukur dengan menggunakan angka atau angka.

2). Metode Kuantitatif

Metode Penelitian Kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka-angka dan proses penelitiannya ditekankan pada hasil pengukuran yang objektif dengan menggunakan analisis statistik.

Dimana fokus metode ini adalah mengumpulkan data dan membuat generalisasi untuk menjelaskan fenomena khusus yang dialami oleh populasi. Sebagai contoh, kita akan menguji hubungan antara tempat tinggal dan pendapatan.

3). Metode Survei

Sedangkan metode survei adalah metode penelitian yang menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian. Sumber data utama diperoleh dari responden yang menjadi sampel penelitian.

Kuesioner ditujukan kepada responden yang dianggap mewakili populasi tertentu, sehingga dapat diperoleh informasi tentang responden yang dianggap mewakili populasi tersebut.

4). Metode Ekspos Facto

Metode ekspose facto adalah penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu masalah yang memungkinkan terjadinya perubahan perilaku, fenomena yang disebabkan oleh peristiwa dan perilaku atau hal-hal yang berdampak pada perubahan variabel bebas yang secara keseluruhan telah terjadi.

5). Metode Deskriptif

Terakhir, terdapat metode deskriptif dimana metode ini berfungsi untuk menggambarkan peristiwa, peristiwa, gejala yang sedang terjadi. Metode deskriptif berusaha untuk menggambarkan peristiwa.

Tidak hanya itu, metode jenis ini juga mengidentifikasi mengapa, apa dan bagaimana suatu fenomena atau peristiwa dapat terjadi, yang dalam praktiknya lebih ditekankan pada pengamatan di lapangan tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap pengamatan yang dilakukan.

6). Metode Historis

Metode sejarah mempunyai fungsi utama yaitu mampu merekonstruksi informasi dari peristiwa-peristiwa di masa lalu secara objektif dan sistematis.

Metode ini menggunakan cara mengumpulkan data, menilai, membuktikan dan mensintesis dari bukti lapangan. Hal ini dilakukan agar diperoleh kesimpulan yang kuat dalam hubungan antar hipotesis.

Metode historis ini digunakan jika dilakukan oleh peneliti ilmuan sosial yang pernah mengajukan pertanyaan terbuka tentang suatu hal atau peristiwa di masa lalu.

Selanjutnya adalah memberikan beberapa jawaban dari beberapa data yang dikumpulkan dan disusun dalam format paradigma penjelasan.

Sehingga dalam sebuah penelitian itu sangat kritis terhadap suatu situasi dan perkembangan sosial. Tidak hanya itu, pengalaman di masa lalu dan mempertimbangkan dengan cermat, cermat beberapa sumber sejarah, terutama dalam menafsirkannya.

Kerangka Metode Penelitian

Berikut dibawah ini kerangka metode penelitian, antara lain sebagai berikut.

1). Tempat Penelitian

Tempat penelitian merupakan lokasi tempat penelitian akan dilaksanakan dan tempat ini pula yang akan menjadi lokasai pengambilan sampel dari jumlah populasi yang berkunjung atau ada tempat penelitian ini.

2). Populasi dan Sampel

Subjek penelitian dapat berasal dari populasi atau sampel penelitian yang ditetapkan sebagai sumber data penelitian. Populasi dapat diartikan sejumlah penduduk atau individu yang paling sedikit mempunyai satu sifat yang sama. Sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi yang ingin di teliti oleh peneliti.

3). Variabel Penelitian

Variabel penelitian adalah variasi dari objek penelitian yang hendak diteliti oleh peneliti. Variabel  penelitian umumnya terdiri atas variabel bebas dan variabel terikat

4). Definisi Operasional

Untuk menyamakan presepsi bersama maka biasanya peneliti akan memberikan defenisi operasional untuk membuat kajian dalam penelitian tidak melebar dan agar tidak terjadi kekeliruan bersama.

5). Tehnik Pengumpulan Data

Tehnik penumpulan data merupakan cara dari peneliti untuk mendapatkan data yang hendak diteliti oleh si peneliti, dapat berupa kuisioner, wawancara, maupun studi kasus yang didapat seorang peneliti untuk dapat dilakukan pengujian pada alat-alat statistik yang yang ada pada uji Instrumental.

6). Uji Instrumental

Uji instrumental adalah hasil uji yang nantinya akan mendapatkan hasil berupa data informasi dari hasil pengujian yang dilakukan oleh peneliti.

Uji tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti uji validitas, uji reabilitas dan uji statistik lainnya, sehingga akhirnya akan didapatkan informasi yang dapat menjadi jawaban atau hasil penelitian.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian metode penelitian, tujuan, macam-macam, serta kerangka metode penelitian.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan metode penelitian. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pemalang yang Wajib Dikunjungi

Pemalang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Menawarkan destinasi wisata alam yang indah, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi sebuah…