Pengertian Metode Ilmiah Menurut Ahli, Syarat, Langkah Membuat dan Manfaat Metode Ilmiah

Kamu pasti pernah membuat suatu strategi atau tehnik dalam menghadapi suatu permasalahan yang ada. Strategi yang kamu buat pastilah terdiri dari beberapa tahap hingga menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Tehnik yang kamu lakukan itu bila didalam penelitian ilmiah dikatakan sebagai metode ilmiah.

Metode ilmiah merupakan ranngkaian tehnik yang harus kamu lakukan dengan urut sampai dengan kamu menemukan jawaban dari suatu hal yang ingin kamu teliti.

Pengertian Metode Ilmiah Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian metode ilmiah menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Agung Nugroho

Metode ilmiah adalah metode yang disusun secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah yang muncul dalam ilmu pengetahuan.

2). Iman Rahayu

Metode ilmiah adalah metode ilmiah yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu masalah yang muncul dalam pikiran kita.

3). Menurut Sudarminta

Metode ilmiah adalah prosedur atau langkah-langkah sistematis yang perlu diambil untuk memperoleh pengetahuan yang didasarkan pada persepsi indera dan melibatkan pengujian hipotesis dan teori yang terkontrol.

4). Menurut Abdurahman Fathoni

Metode ilmiah adalah cara dan sekaligus proses berkelanjutan untuk membangun pengetahuan dari pengetahuan yang masih bersifat pra-ilmiah yang dilakukan secara sistematis dan mengikuti prinsip-prinsip pengaturan prosedur teknis normatif, sehingga memenuhi syarat keabsahan.

Terdapat pula kekhususan ilmiah yang biasa disebut juga dengan validitas ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Syarat Metode Ilmiah

Dalam proses penelitian kita tidak boleh melakukan penulisan secara asal kita harus melakukan syarat yang ada pada metode ilmiah, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan sehingga penulisan penelitian dapat di terima dan dapat diuji kebenaran dari penelitian ilmiah kita.

Syarat dari metode ilmiah dalam penelitian yang harus ada yaitu seperti pada ulasan berikut!

1). Sistematik

Sistematik artinya adalah penulisan dalam penelitian harus dilaksanakan secara runtut, dari awal hingga akhir. Disusun dengan kaidah dan pola yang benar dari yang mudah hingga pola-pola yang kompleks.

2). Replikatif

Replikatif artinya suatu penelitian yang telah dilakukan harus diteliti kembali oleh peneliti lain dan harus memberikan hasil yang sama apabila dilakukan dengan metode, kriteria, dan kondisi yang sama. Agar bersifat replikatif, penyusunan definisi operasional variabel merupakan langkah penting bagi seorang peneliti.

3). Logis

Logis artinya suatu penelitian dikatakan benar jika dapat diterima dengan akal dan berdasarkan fakta empiris. Pencarian kebenaran harus berlangsung menurut tata cara atau kaidah pengoperasian akal, yaitu logika.

Prosedur penalaran yang digunakan bias dengan prosedur induktif, yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan umum dari berbagai kasus individu (khusus), atau prosedur deduktif, yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan khusus dari pernyataan umum.

4). Empirik

Empirik artinya penelitian dilakukan akibat adanya permasalahan yang ada di kehidupan kita sehari-hari, kemudian muncul pernyataan untuk mencari jawaban dan mengangkatnya pada penelitian. Landasan empirik adalah sebagai berikut :

a). Hal-hal empirik selalu memiliki persamaan dan perbedaan (ada penggolongan atau perbandingan satu sama lain) hal ini terjadi karena penelitian yang sama belum tentu berlaku di tempat penelitian yang lain atau pada jumlah sampel yang berbeda.

b). Hal-hal empirik selalu berubah-ubah sesuai dengan waktu, adanya perubahan waktu tentu akan membuat sebuah penelitian berbeda perubahan masa dan perubahan kebiasaan orang-orang tentu akan mempengaruhi suatu penelitian.

c). Hal-hal empirik tidak bisa secara kebetulan,melainkan ada penyebabnya, hal ini dapat dikatakan penelitian empirik harus memiliki suatu permasalahan dan akibat dari permasalahan itulah sebuah penelitian dibuat.

Langkah-langkah Metode Ilmiah

Adapun langkah-langkah untuk membuat suatu penulisan dengan metode ilmiah ada beberapa tahap, dan kesemua tahap harus dilaksanakan guna memudahkan kamu untuk menyelesaikan penelitian.

Selain itu penelitian kamu baru dapat dinyatakan valid jika telah melalui semua langkah-langkah dalam metode ilmiah ini, berikut adalah tahapan yang harus kamu lalui tahap demi tahap.

1). Merumuskan masalah

Perumusan masalah adalah langkah awal dari sebuah penelitian. Perumusan masalah ini perlu dilakukan untuk kita dapat memperjelas arah penelitian kita.

Sehingga, nantinya penelitian jelas arahnya dan tidak melebar dengan adanya sebab-sebab yang lain yang menjadi permasalahan dalam penelitian.

2). Menyusun perencanaan penelitian

Adapun penyusunan rencana dalam penelitian adalah seperti menyusun tujuan penelitian, menyusun hipotesis, menetapkan variabel, memilih alat (metode penelitian) dan bahan yang akan digunakan, menentukan langkah kerja, menentukan populasi dan sampel serta menetapkan cara pengambilan data dan menganalisis data.

3). Melakukan penelitian

Penelitian diawali dengan kegiatan observasi. Pengamatan dapat dilakukan secara langsung (pengamatan kualitatif) dan pengamatan tidak langsung (pengamatan kuantitatif).

Untuk menguji hipotesis yang telah dibuat, perlu dilakukan penelitian melalui eksperimen yang sesuai dengan rancangan eksperimen yang telah disusun sebelumnya.

Berlatih menggunakan peralatan eksperimen merupakan cara belajar yang efektif untuk mengurangi kesalahan kerja.

4). Menyusun kesimpulan penelitian

Setelah mengolah dan menganalisis data, ditarik kesimpulan. Penarikan kesimpulan harus berdasarkan hasil penelitian dan tetap berpedoman pada pandangan yang objektif.

5). Melakukan penelitian perbaikan

Suatu penelitian akan dikatakan valid secara ilmiah apabila penelitian tersebut dapat diuji ulang oleh peneliti lain. Oleh karena itu, untuk semua teori yang ada, pasti banyak peneliti yang menjadi kontributor.

6). Menulis laporan ilmiah

Penulisan dapat dikatakan sebagai penelitian ketika penelitian tersebut telah dipublikasikan pada khalayak umum.

Publikasi dalam penelitian haruslah disusun secara runtut hingga orang yang membaca dapat dengan mudah memahami dan mengetahui hal-hal pentung yang ada di dalam penelitian kita.

Penulisan itu dapat dimulai dengan menulis sebuah judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, daftar pustaka, dan juga lampiran.

Manfaat Metode Ilmiah

Adapun manfaat dari metode penelitian adalah dapat memudahkan kita dalam melakukan penelitian dan memiliki metode-metode yang baik dalam menyelesaikan penelitian, namun ada manfaat lainnya yaitu sebagai berikut :

1). Denagan penalaran dan pembuktian yang jelas sebuah penelitian dapat mengatasi sebuah persoalan atau permasalahan yang telah terjadi.

2). Kebenaran yang objektif dapat terbentuk dengan adanya penelitian ulang. Sehingga penelitian terdahulu dapat di anggap valid dan benar adanya untuk dapat digunakan.

3). Dapat menemukan dan menjawab sebuah pertanyaan tentang hal-hal yang belum pernah ada atau yang masih menjadi sebuah misteri.

4). Dapat melakukan penelitian dan pengujian kembali hasil dari suatu penelitian tersebut ilmu pengetahuan akan semakin berkembang.

5). Menjadi referensi untuk penelitian di kemudian hari dan dapat memudahkan peneliti lainnya untuk menyelesaikan penelitian lain dengan metode ilmiah yang telah ada.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian metode ilmiah menurut ahli, syarat, langkah-langkah, serta manfaat metode ilmiah.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan metode ilmiah. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN