16+ Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli

Apakah istilah metodologi masih terdengar asing bagimu? Mungkin, bagi yang sudah terbiasa melakukan penelitian, istilah metodologi bukan lagi hal yang baru.

Namun, sebenarnya apasih pengertian dari metodologi itu sendiri? Nah… untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian metode dan metodologi menurut ahli berikut!

Pengertian Metodologi

Berdasarkan pemahaman pengertian metodologi dan metode, maka metodologi adalah seperangkat aturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh para pelaku dalam disiplin ilmu.

Termasuk didalamnya konsep, preposisi, model, hipotesis dan teori. Secara etimologi, metodologi diambil dari bahasa Yunani yaitu dari kata methodos dan logos. Kata logos berarti ilmu atau sifat ilmiah.

Jadi pengertian metodologi adalah ilmu atau metode yang digunakan untuk memperoleh suatu kebenaran yang menggunakan pencarian dalam urutan atau prosedur tertentu yang sesuai dengan apa yang akan dipelajari atau akan diteliti secara ilmiah.

Metode sendiri adalah suatu prosedur, teknik, langkah, atau cara untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Namun, secara alami sifat metodologi dan metode berbeda satu sama lain. Metodologinya bersifat umum.

Metodologinya mencakup sistem panduan untuk memecahkan masalah, dengan komponen spesifik berupa bentuk, tugas, metode, teknik dan alat. Sedangkan metode lebih bersifat spesifik, yaitu hanya membahas hal-hal teknis dari hal-hal yang terkandung dalam metodologi.

Pengertian Metode Menurut Ahli

Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha yang berarti melewati, melalui dan kata hodos yang berarti jalan atau cara. Metode berarti jalan atau jalan yang harus dilalui atau ditempuh.

Sedangkan menurut istilah metode adalah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Ada dua hal penting dalam metode, yaitu cara melakukan sesuatu dan rencana pelaksanaannya yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian metode sebagai cara kerja yang mempunyai sistem untuk memperlancar pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai suatu tujuan.

2). Kementerian Sosial RI

Kementrian Sosial Republik Indonesia berpendapat bahwa pengertian metode adalah cara yang teratur dan digunakan dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang tujuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3). Drs. Agus M. Hardjana

Drs. Agus M. Hardjana menjelaskan bahwa metode adalah suatu cara yang telah dipikirkan matang-matang sebelumnya. Selanjutnya dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu untuk mencapai tujuannya.

4). Titus

Pengertian metode menurut Titu adalah serangkaian cara dan langkah yang teratur untuk mendefinisikan suatu bidang keilmuan.

5). Almadk

Pemahaman metode menurut Almadk merupakan salah satu cara untuk menerapkan berbagai prinsip logis dalam suatu penemuan dan penjelasan suatu kebenaran.

6). Max Siporin

Menurut pendapat Max Siporin, bahwa metode adalah orientasi kegiatan yang mengarah pada persyaratan tujuan dan tugas yang nyata.

7). Hamid Darmadi

Selanjutnya ada Hamid Darmadi yang mengungkapkan bahwa metode adalah sebagai cara atau cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.

8). Heri Rahyubi

Menurut pendapat Heri Rahyubi yang menjelaskan bahwa metode adalah suatu model cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mendapatkan proses belajar yang baik.

9). Sanjaya (2010:147)

Sanjaya menjelaskan bahwa metode merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata. Tak lain agar tujuan yang telah disusun sebelumnya tercapai secara optimal.

10). Hasibuan dan Moedjiono (2013:3)

Pengertian metode menurut Hasibuan dan Moedjiono adalah salah satu alat yang merupakan bagian dari toolkit sekaligus dalam pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar.

11). Warsita (2008:273)

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswanya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang akan diajarkan.

12). Winarno

Winarno juga berpendapat bahwa metode penelitian merupakan salah satu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang cermat dan sistematis.

13). Muhiddin Sirat

Pengertian metode penelitian menurut Muhiddin Sirait adalah cara memilih masalah dan menentukan judul penelitian.

14). Sugiyono

Menurut pendapat Sugiyono, bahwa metode penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

15).Kerada Emzir

Di sini, Kerada Emzir berpendapat bahwa pengertian metode adalah suatu prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tak lain guna mencapai tujuan belajar dan mengajar.

16). Surachmad (dalam Hamamik)

Metode adalah ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk mengajar siswa agar tujuan belajar dan mengajar dapat dicapai dengan cara yang sistematis.

Demikian artikel kami mengenai pengertian metode dan metodologi menurut ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian sholat. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ayah Bibi Kecewa pada Ayah Vanessa Angel yang Ribut Soal Harta: Dia Aja Diam 10 Tahun Anaknya Enggak Pulang

Baru-baru ini heboh pemberitaan mengenai hak waris dan hak asuh Gala Sky Andiansyah, putra semata wayang Vanessa Angel dan Bibi…

Ramalannya Jarang Meleset, Ternyata Mbak You Sempat Meramal Pasangan Selebriti yang Akan Bercerai karena Terjerat Utang dan Penipuan, Inisial Terbongkar Segera Jadi Kenyataan?

Publik tentu sudah tak asing dengan paranormal kejawen yang jadi sorotan, Mbak You. Ya, almarhumah Mbak You memang sempat menjadi…

Videonya Viral, Nikita Mirzani Sebut Mulan Jameela Harus Sadar Diri, Tak Terima Dituduh Ingin Rebut Ahmad Dhani: Dia Gak Sadar ya?

Belakangan viral video pengakuan Nikita Mirzani soal Mulan Jameela. Dalam pengakuannya, Nikita mirzani seret nama istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.…

12+ Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pernahkah kamu mendengar kata populasi? Jawabannya pasti pernah ya… Ditambah lagi dengan menucuatnya permasalahan over populasi sekarang ini. Namun, sudahkah…

Mobil Pajero Baru Dibeli 8 Bulan Lalu, Curhatan Vanessa Soal Mobil Impian Keluarga Viral: Alhamdulillah Kebeli Pelan-Pelan

Dunia hiburan Tanah Air tengah berduka dengan meninggalnya artis cantik Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah. Keduanya meninggal dunia…

Demi Mengenal Teuku Ryan Sebelum Menikah, Ria Ricis Akui Kirim ‘Intel’ ke Aceh: Untuk Melihat

Baru-baru ini, Ria Ricis mengungkit kembali perjalanan cintanya dengan Teuku Ryan. Telah menikahi Teuku Ryan pada 12 November 2021 lalu,…

Pengertian XAMPP dan Unsur – Unsur XAMPP

Mungkin kata XAMPP masih sangat asing bagi kita yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang pemrograman, namun bagi para web designer…

Senjata Makan Tuan? Berlagak Jadi Ketua RT, Luna Maya Tuai Akibat, Camat Daerahnya Kini Tantang Balik sang Model: Silahkan, Gak Masalah

Aksi Luna Maya berlagak jadi ketua RT viral jadi pembicaraan publik. Sebab, banyak yang mengira Luna Maya benar-benar mengambil jabatan…

Apes! Belum Juga Kering Luka Kehilangan Bayi Dalam Kandungan, Meggy Wulandari Mendadak Singgung Pura-pura Demi Suami: ‘Berpura-pura Sabar’

Nama Meggy Wulandari sampai saat ini masih ramai jadi bahan perbincangan publik. Mantan istri Kiwil ini memang cukup mencuri perhatian…

Instastory Vanessa Angel Sebelum Kecelakaan Maut: “Ada yang bisa tebak aku mau kemana?”

Artis sinetron Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah tewas dalam kecelakaan di tol Jombang, Jawa Timur. Sebelum kejadian maut itu…