10+ Pengertian Menulis Menurut Para Ahli dan Manfaat Menulis

Dalam kehidupan sehari-hari kita kegiatan menulis tentu sulit sekali dihindari. Terkadang kita harus menulis mulai dari hal-hal penting seperti pelajaran, alamat, data diri ataupun menulis hal yang tidak terlalu penting misalnya sekedar menulis-nulis saat bosan.

Namun, apa sih sebenarnya menulis itu? Untuk lebih lengkapnya, yuk kita bahas dalam artikel berikut.

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Jika kita ingin mencari tau mengenai sesuatu tentu akan sangat baik jika bertanya kepada ahlinya langsung, begitu juga dengan mencari tau pengertian dari menulis. Berikut ini sepuluh pengertian menulis menurut para ahli:

1). Pengertian Menulis Menurut Tarigan

Pendapat Tarigan (1986:21) mendefinisikan menulis sebagai upaya untuk menciptakan simbol-simbol grafis. Tentunya lambang yang digunakan merupakan lambang yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat umum, berupa tulisan. Maka dari penyatuan simbol-simbol tersebut membentuk sebuah pesan yang maknanya mudah dipahami oleh pembaca.

2). Menurut Lado dalam Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009:5)

Menulis adalah meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dipahami orang lain.

3). Pengertian Menulis Menurut Hargrove dan Pottet

Pengertian menulis pertama kali dikemukakan oleh Hargrove dan Pottet yang disampaikan dalam Abdurahman, dimana menulis merupakan upaya untuk menggambarkan pikiran, gagasan, perasaan dalam bentuk simbol-simbol. Lambang yang dimaksud di sini adalah lambang sistem bahasa tulisan.

Bahasa tulis ini digadang-gadang sebagai media komunikasi (1998:239). Dikatakan lambang karena di masa lalu, tulisan tidak hanya disusun menurut urutan kata. Namun pada zaman dahulu bisa juga dibuat dalam bentuk pembuatan relief, pembuatan prasasti dan masih banyak lagi. Baru-baru ini bentuk komunikasi tertulis dapat ditulis dalam simbol huruf dan menjadi kalimat.

4). Pengertian Menulis Menurut Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69)

Menulis adalah keterampilan berbahasa, yaitu kemampuan seseorang untuk mengungkapkan gagasan, perasaan, dan pikiran kepada orang atau pihak lain dengan menggunakan media tulis.

5). Pengertian Menulis Menurut Las HS

Pengertian menulis menurut Lasa HS dalam bukunya Menulis itu semudah berkata. Secara umum beliau juga menjelaskan bahwa menulis itu sederhana. Sesederhana ketika kita berbicara sehari-hari. Ucapkan cas cis cus tanpa harus menuangkannya, bahkan Hs menyatakan bahwa menulis adalah dunia yang menakutkan. Ia juga berbagi tips untuk memudahkan dan kelancaran penulis dalam menuangkan ide. Penulis harus memiliki daya analisis, kualitas dan kuantitas bacaan dan apresiasi agar apa yang ingin disampaikannya lebih mudah.

6). Pengertian Menulis Menurut Liang Gie

Pengertian menulis menurut The Liang Gie adalah kegiatan menulis yang mencakup beberapa unsur penting dalam menulis. Jadi tidak sekedar menuangkan ide, tetapi juga harus mengikuti unsur-unsur lain seperti mengkaji dari segi tuturan, wahana dan aransemen. Tentunya saat menulis tidak hanya sekedar menulis saja, tetapi ada juga seni merangkai tulisan atau sejenisnya agar ejaan yang digunakan benar. Sedangkan wahana lebih berupa alat, misalnya dari segi tata bahasa, retorika atau dari segi kosa kata.

7). Pengertian Menulis Menurut Suyitno

Menurut Suyitno, menulis dapat diartikan sebagai upaya mengungkapkan pikiran, pengetahuan, gagasan, dan pengalaman hidup pengarang dalam bahasa tulis. Jadi, agar tulisannya mudah dipahami dan mampu membangkitkan emosi, penulis menulis dengan runtut, mudah dibaca, ekspresif, dan mudah dipahami orang lain.

8). Pengertian Menulis Menurut Abdurrahman dan Sumarmo Markam

Berbeda dengan pendapat Abdurrahman yang mengartikan bahwa tulisan merupakan salah satu bentuk sistem komunikasi. Hakikat menulis adalah mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan gagasan melalui lambang-lambang bahasa grafis sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

9). Pengertian Menulis Menurut Sumarmo Markam

Menurut Soemarmo Markam (1989:7) yang juga menjelaskan bahwa menulis tidak hanya diekspresikan dalam bentuk lambang, tetapi juga dalam bentuk gambar.

10). Pengertian Menulis Menurut Hernowo

Pengertian menulis menurut Hernowo adalah upaya melahirkan perasaan dan pikiran melalui bahasa tulis. Secara garis besar, pengarang juga mengungkapkan ide, gagasan agar orang lain dapat membacanya.

Menurut Hernowo, ada beberapa persyaratan menulis. Pertama, memiliki kesatuan gagasan, kedua, menggunakan kalimat yang jelas, tidak menggunakan kalimat yang ambigu. Syarat penulisan yang ketiga, dibuat dalam paragraf yang baik. Keempat, terapkan aturan ejaan yang benar. Kelima, gunakan kosakata yang memadai. Dari kalimat conditional, Anda harus memahami dan menguasainya jika ingin menjadi penulis.

Manfaat Menulis

Setelah memahami apa itu menulis tentu kita jadi penasaran mengenai manfaat dari menulis. Meskipun terdengar sepele namun sebenarnya ada banyak manfaat yang bsa kita dapatkan dari menulis, menurut Akhadayah manfaat dari menulis antara lain:

1). Dapat memperkaya pengetahuan dan memperkuat kognitif dalam menyimpan informasi. Secara tidak langsung, kita juga akan terbiasa bergelut dengan ide dan gagasan untuk dianalisis dan membuat ide dan inovasi. Termasuk memperkaya ide.

2). Manfaat menulis bagi siswa tentunya lebih mudah dalam mengerjakan tugas. Terutama tugas karya ilmiah, laporan atau penulisan skripsi. Setidaknya saat mengerjakan tugas-tugas tersebut, mereka tidak lagi mengalami kesulitan yang berarti dalam menulis.

3). Membiasakan berpikir kritis, objektif dan penguasaan kosakata bahasa yang lebih baik. Ini termasuk meningkatkan kemampuan untuk mengatur dan mengatur kualitas tulisan.

Selain manfaat diatas, menulis juga memiliki manfaat lain, yaitu:

1). Kegiatan menulis adalah sebagai sarana untuk dapat menemukan sesuatu, dalam arti dapat memunculkan ide dan juga informasi yang ada di alam bawah sadar kita.

2). Kegiatan menulis dapat memunculkan ide baru.

3). Kegiatan menulis dapat melatih kemampuan mengorganisasikan dan juga memperjelas berbagai konsep atau ide yang kita miliki.

4). Kegiatan menulis dapat melatih sikap objektif yang ada pada diri seseorang.

5). Kegiatan menulis dapat membantu kita untuk berlatih memecahkan beberapa masalah sekaligus.

6). Kegiatan menulis dalam suatu bidang ilmu akan memungkinkan kita untuk aktif dan juga tidak hanya menjadi penerima informasi..

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Pengertian Menulis menurut para ahli dan manfaat dari menulis.

Demikian ulasan kami Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memahami menulis. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN