Pengertian Menggambar, Unsur, Komposisi serta Alat dan Teknik Menggambar

Menggambar merupakan suatu aktifitas untuk membentuk imajinasi  dalam menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai menuangkan ekspresi dengan menggunakan berbagai teknik dan alat gambar yang beraneka ragam. Jika dilihat dari segi fisiknya, menggambar hanyalah mencurahkan imajinasi melalui alat gambar. Baik itu meniru gambar alam, binatang atau manusia. Untuk pembahasan lebih jauh, berikut kami ulas mengenai pengertian menggambar.

Pengertian Menggambar Menurut Ahli

Menggambar dalam KBBI berasal dari kata “Gambar” yang artinya tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya) yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagianya pada kertas dan sebagaiya; lukisan.

Menggambar juga merupakan kegiatan membentuk citra, dengan menggunakan alat-alat dan teknik. Menggambar secara tidak langsung bentuk kreatif menuangkan ide, gagasan dan simbol sebagai bentuk penyampaian ekspresi. Sejatinya menggambar merupaka salah satu bahasa universal yang dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Kita bisa menyaksikan buktinya dengan banyak penemuan berbagai gambar di gua-gua, yang bisa kita saksikan bahwa gambar sudah ada sejak zaman prasejarah.

Para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai menggambar yaitu sebagai berikut:

  1. Sumanto

Menurut Sumanto menggambar adalah proses menciptakan gambar dengan cara menggoreskan benda-benda tajam (seperti pensil atau pena) pada bidang datar contoh permukaan papan tulis, kertas atau dinding.

  1. Tarja Sudjana

Menurut Tarja Sudjana, menggambar bisa dikenal juga dengan istilah menggambar alam benda. Menggambar seakan –akan memindahkan benda tersebut kedalam sebuah bidang gambar tanpa adanya suatu perubahan

  1. Affandi

Menurut Affandi, menggambar dan juga melukis merupakan perwujudan bayangan angan-angan atau suatu pernyataan perasaan  atau ekspresi dan pikiran yang diinginkan. Perwujudan itu dapat berupa tiruan objek ataupun fantasi yang lengkap dengan garis, bidang, warna, dan tekstur dengan sederhana.

  1. D.K Ching

Menurutnya menggambar merupakan kegiatan menuangkan persepsi visual kedalam media gambar. Menggambar adalah membuat sebuah guratan diatas sebuah permukaan yang secara grafis menyajikan kemiripan terhadap sesuatu. proses menyalin ini dianggap mudah dan merupakan aksi ampuh bagi manusia untuk membuat sebuag ekpresi visual.

  1. Sindoedasono Sudjojono

Menurut bapak senirupa Indonesia kegiatan menggambar adalah proses jiwa dan tidak hanya berdasarkan apa yang dilihat mata saja. mata manusia memang meiliki cara kerja yang hampir mirip dengan lensa kamera, tapi tidak selalu seperti itu. Manusia itu sendiri memiliki perasaan dan menghasilkan interpretasi yang berbeda. Jadi, menurutnya menggambar suatu karya seni yang tidak hanya berupa tiruan, tetapi didalamnya juga terdapat interpretasi manusia yang menggambarnya.

Unsur-Unsur Menggambar

Unsur-unsur dalam membuat sebuah gambar yaitu sebagai berikut:

Titik

Unsur titik merupakan langkah awal setiap karya apapun. Titikpun bisa menjadi pusat perhatian tersendiri jika berkumpul apalagi mempunyai warna yang berbeda dari yang lainnya.

Garis

Unsur garis merupakan sebuah goresan atau limit dari suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan lainnya. Garis ini biasanya mempunyai dimensi memanjang dan memiliki arah tertentu. Garis ini memiliki sifat seperti panjang, horizontal, pendek, tipis, putus-putus, vertikal dan lain sebagianya.

Bidang

Unsur ini merupakan seni rupa yang terbentuk atau dibentuk dari bebarapa garis. Bidang tentu mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi makanya selalu memiliki volume dan isi.

Bentuk

Unsur bentuk merupakan bentuk benda polos. Seperti yang bisa dilihat oleh mata. Yang bisa disebut sifat saja seperti kotak, bundar, ornamental dan tidak beraturan.

Tekstur

Tekstur merupakan suatu sifat permukaan sebuah benda. Sifat yang dimaksud dapat berkesan kasar, lembut, halus, mengkilap, kusam dan lain-lain. Kesan dalam unsur ini bisa dirasakan dengan rabaan dan penglihatan. Bisa dalam bentuk tekstur semu yang telihat tidak seperti yang diraba.

Warna

Untuk memberikan kesan perasaan yang lebih dalam, biasanya pelukis/seniman akan menambah warna pada karyanya. Warna juga dapat dibedakan menjadi warna primer, sekunder, tersierdan juga analogus. Berikut penjelasannya:

  • Warna Primer

Warna primer merupakan warna yang tidak bisa diperoleh dari campuran warna lain. Yang merupakan warna primer adalah merah, kuning dan biru.

  • Warna sekunder

Warna sekunder merupakan warna yang dihasilkan dari campuran warna primer. Yang merupakan warna sekunder adalah ungu, oren dan hijau.

  • Warna tersier

Warna tersier merupakan warna yang berasal dari campuran 2 warna sekunder

  • Warna analogus

Warna analogus merupakan deretan warna yang berdekatan dari suatu lingkaran warna. Contohnya warna kuning dengan ungu, merah dan hijau dan lai sebaginya.

  • Gelap Terang

Gelap terang dalam unsur gambar dua dimensi bisa berfungsi untuk beberapa hal. Diantaranya menggambar suatu benda yang seolah benda tersebut memiliki volume 3 dimensi. Unsur ini dalam karya seni rupa bisa terjadi karena intesitas warna dan karena terjadi percampuran warna putih dan hitam.

Ruang (kedalaman)

Ruang yang dimaksud adalah karya seni 2 dan 3 dimensi. Karya seni 2 dimensi seperti kesan penggambarannya yang datar, pipih, cembung dan lainnya. Karya seni 3 dimensi seperti ruang dalam rumah, ruang gedung dan lain sebagainya.

Komposisi Menggambar

Komposisi merupakan susunan unsur gambar yang dilakukan untuk menonjolkan karakteristik gambar lebih baik. Misalnya penggabungan dari beberapa objek, dalam melakukan penggabungan itu tentu akan mengahasilkan sesuatu gambar yang berbeda dan terlihat menarik jika menatanya dengan baik. Yang menjadi poin utama adalah keseimbangan dan kesesuaian saat menyusun beberapa unsur tersebut. Komposisi dibedakan menjadi dua jenis yaitu simetris dan asimetris. Simetris merupakan menyusun objek gambar yang sama atau mirip. Sementara asimetris menyususn objek yang tidak seragam atau berbeda namun tetap terlihat seimbang.

Jenis Menggambar

Dalam menggambar tentu ada jenis-jenisnya yaitu:

  1. Menggambar bentuk

Dalam menggambar bentuk kita akan fokus terhadap bentuk sesuatu. Biasanya gambar yang dihasilkan dalam bentuk tunggal seperti kursi, meja, dan lainnya

  1. Menggambar kontruktif (gambar teknik)

Dalam menggambar bentuk ini adalah berupa gambar geometris lengkap dengan perspektif akuratnya dan bisa disusun menjadi suatu bangunan tertentu contonya gambar gedung, rumah dan sebagainya.

  1. Menggambar ekspresif (bebas)

Dalam menggambar ekspresif tentu gabar yang dihasilkan adalah sesuatu yang murni dari imajinasi tanpa beban untuk meniru suatu objek atau model.

  1. Menggambar suasana

Dalam menggambar suasana tentu berlawanan dengan menggambar bentuk, gambar suasana lebih fokus terhadap suasana yang dihadirkan oleh gambar tersebut. Gambar objek yang ada pada latar belakang bisa hanya dibuat impresi atau dalam bentuk sederhana saja yang perlu suasana terbentuk.

  1. Menggambar ilustrasi

Dalam membuat gambar ilustasi kita harus mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dari sesuatu tang kita ilustrasikan. Misal langkah-langkah melakukan sesuatu yang membutuhkan ilustrasi.

Alat dan Teknik Menggambar

Alat yang biasa digunakan dalam menggambar adalah sebagai berikut:

  1. Pensil

Pensil merupakan alat paling umum dalam membuat gambar karena dapat dihapus jika gambar yang dihasilkan kurang sempurna.

  1. Pensil warna

Pensil warna bertujuan menghasilkan berbagai warna agar terlihat lebih hidup. Pensil warna tidak bisa dihapus dengan mudah.

  1. Krayon

Krayon adalah pewarna yang memiliki tekstur minyak dan sangat berbeda dengan pensil warna. Krayon tidak memiliki lapisan kayu sehingga mudah patah  dan lebih rapuh.

  1. Pulpen

Saat ini terdapat pulpen khusus yang bisa dimanfaatkan untuk menggambar. Biasa disebut Drawing pen

  1. Media gambar

Media gambar adalah tempat kita menuangkan ide dan imajinasi yang kita miliki. Biasanya media ini berbentuk kanva atau kertas.

Teknik menggambar sebenarnya hampir sama, tergantung orang yang menggambarnya memilih seperti apa gambar yang akan dibuat.

  1. Dalam membuat gambar harus tahu bentuk dasar objek yang akan digambar
  2. Dalam menggambar harus tahu bagian-bagian dari suatu objek referensi gambar
  3. Dalam membuat gambar menyusun atau menyambung bagian gambar hingga menjadi gambar yang utuh
  4. Dalam menggambar harus memberi dimensi gelap terang baik itu hitam ataupun putih maupun berwarna.
  5. Dalam membuat gambar harus membangun kesan untuk latar belakang

Demikian ulasan kami mengenai pengertian, unsur, komposisi, jenis dan teknik serta alat menggambar. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan menggambar. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

Ternyata Syahrini Tutupi Kehamilan? Ucapan Reino Jadi Bukti, Bocor Panggilan Baru Incess: Insyaallah

Benarkah selama ini ternyata Syahrini menutupi kehamilannya di hadapan publik. Sudah tiga tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Reino Barack,…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…