Pengertian Media Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

Agustus 27, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

“Zaman sekarang ini, media semakin berkembang ya!” Pernahkah kamu mendengar ungkapan seperti itu? Kemungkinan besar, pernah ya…

Sebab dewasa ini, kehidupan kita dengan media sudah sangat bergantung. Namun apakah pengertian media itu? Agar sama-sama belajar, yuk simak pengertian media menurut 12 ahli berikut!

Asal Kata dan Perkembangan Singkat Media

Media adalah betuk jamak dari “medium” yang berasal dari bahasa Latin “medius” dengan definisinya ialah tengah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kata “medium” dapat ini bisa diartikan sebagai antara.

Sehingga, pengertian media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi “pesan”. Pesan ini bersumber dari yang namanya “pemberi penerima pesan”.

Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dpaat digunakan dalam proses penyajian informasi. Dalam hal ini sitilah media mula-mula dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audio-visual teaching aid “alat bantu pantang/dengar”, yang selanjutnya disebut teaching material “materi pembelajaran”. Kini, istilah yang lazim teaching digunakidibelah atau media pembelajaran atau media pendidibelah “media pendidibelah”.

Dalam perkembangannya, sekarang muncul istilah e-learning. Huruf “e” merupakan singkatan dari “elektronik”. Artinya media pembelajaran berupa alat elektronik. Dalam hal ini termasuk didalamnya CD ultimedia interaktif sebagai bahan ajar offline dan juga web bahan ajar online.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Untuk lebih paham mengenai pengertian media, berikut kami sajikan 12 definisinya menurut ahli yang terdiri dari:

1. Bovee (1997)

Bovee mendefinisikan media secara singkat dan jelas. Bahwa media tak lain adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan.

2. Syaiful Bahri Djamarah

Kedua ada pendapat dari Syaiful Bahri Djamah, yang menurutnya media adalah alat bantu. Termasuk apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan, tentunya berguna untuk saling mencapai tujuan.

3. Heinich (2002)

Heinich tampaknya mendefinisikan media dari asal katanya, yakni media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium tak lain hadir sebagai perantara terjadinya komunikasi atau pesan dari pengirim menuju penerima.

4. Sadiman, 2002:6

Sadiman mengatakan bahwa media adalah segala sesuatu yang kegunaan nya tak lain ialah untuk menyalurkan pesan. Dicontohkan pula oleh Sadiman dengan perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

5. Briggs

Briggs juga menyebutkan bahwa media adalah segala alat fisik. Namun dilengkapi dengan penjelasan lanjut bahwa media dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.

6. Schramm

Schramm sendiri berpendapat bahwa media merupakan teknologi pembawa informasi atau bisa juga berupa pesan instruksional. Dimana informasi atau pesan ini dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.

7. Criticos (1996)

Sedikit berbeda namun tetap searah dengan ahli lain, Critios mendefinisikan media sebagai salah satu komponen komunikasi. Tak lain dalam komunikasi diartikan sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan.

8. Purnamawati dan Eldarni

Media merupakan segala sesuatu yang berkenaan dan dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan juga minat tertentu.

9. Gerlach & Ely

Media jika dipahami secara garis besar ialah manusia itu sendiri, termasuk didalamnya materi atau kejadian yang membangun kondisi

10. Miarso

Menurut Miarso, media menyangkut segala sesuatu yang dapat digunakan tak lain untuk menyalurkan pesan. Dimana pesan yang dimaksud dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar.

11. Arsyad, 2002 “Sadiman dkk “1990”

Selanjutnya ahli Aryad berpendapat bahwa media tak lain adalah bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah berarti “tengah” “perantara” atau “pengantar”.

Oleh karena itu, media dapat diartikan sebagai perantara yang menghubungkan pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan itu sendiri. Media masa kini juga dapat berupa sesuatu bahan “sofware” atau alat “hardware”.

12. Santoso S. Hamijaya

Santoso S. Hamijaya juga mengemukakan definisi media sebagai segala bentuk perantara. Dalam hal ini dipakai seseorang untuk menyebarkan ide, dengan maksud agar gagasan tersebut sampai pada penerimanya.

Demikian ulasan kami mengenai 12 pengertian media menurut ahli. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya lebih memahami mengerti pengertian media. Terimakasih sudah singgah dan semoga hari mu menyenangkan.

0 Comment

Comments closed.