Pengertian Media, Jenis – Jenis dan Fungsi Media

Media adalah bentuk jamak dari kata medium. Kalimat media sebenarnya berasal dari bahasa latin yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dalam ilmu komunikasi, media dapat diartikan sebagai saluran, sarana penghubung, dan sarana komunikasi.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kata “medium” dapat diartikan antara atau sedang sehingga arti media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantarkan atau mentransmisikan “pesan” informasi antara sumber “pembawa pesan” dan penerima pesan.

Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi atau pesan.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan media, berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian media menurut para ahli:

1). Briggs

Briggs mengatakan bahwa media adalah semua alat fisik yang dapat menyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

2). Syaiful Bahri Djamarah

Syaiful Bahri Djamarah menjelaskan bahwa media adalah segala alat yang dapat digunakan sebagai saluran pesan untuk mencapai tujuan.

3). Schramm

Schramm berpendapat bahwa media adalah teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional yang dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran.

4). Sadiman

Sadiman berpendapat bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

5). Asosiasi Pendidikan Nasional (NEA)

NEA berpendapat bahwa media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak atau audio visual, termasuk teknologi perangkat keras.

6). Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT)

Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT) menjelaskan bahwa media adalah segala bentuk & saluran yang digunakan untuk proses penyebaran pesan.

7). Gagne

Gagne menjelaskan bahwa media adalah berbagai jenis komponen di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

8). Miarso

Miarso menjelaskan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan juga kemauan siswa untuk belajar.

9). Ahmad Rohani

Ahmad Rohani menjelaskan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera manusia, yang berguna sebagai perantara, sarana,/alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

10). Arif S Sadirman

Arif S Sadirman menjelaskan bahwa media mencakup semua alat fisik yang dapat menyajikan pesan, dan juga merangsang siswa untuk belajar. Misalnya, film, buku, atau kaset.

11). Arsyad

Arsyad berpendapat bahwa media dapat diartikan sebagai perantara/penyampai pesan, dari pengirim pesan kepada penerima. Yang dimaksud dengan media di sini dapat berupa bahan (software) dan/atau alat (hardware).

12). Blake dan Horalsen

Blake dan Horalsen menjelaskan bahwa media adalah saluran komunikasi yang berfungsi untuk/menyampaikan pesan antara pengirim pesan (source) dan penerima pesan.

13). Cangara

Dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006), Cangara mengemukakan bahwa media adalah alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari seorang komunikator kepada individu/ kelompok. Dalam hal ini, media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah panca indera manusia, yang kemudian pesan yang diterima panca indera diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi/sikapnya, kemudian diekspresikan dalam tindakan.

14). Degeng

Menurut Degeng, media merupakan salah satu komponen strategi penyampaian, bisa berupa alat atau orang. Komponen-komponen tersebut dapat sarat dengan pesan-pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran.

15). Gerlach dan Ely

Gerlach dan Ely menjelaskan bahwa media adalah orang atau bahan atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk dapat memperoleh pengetahuan atau keterampilan atau sikap baru. Media yang dimaksud disini antara lain seperti buku pelajaran, guru, teman sebaya, dan juga lingkungan di dalam maupun di luar sekolah.

Jenis – Jenis Media

Secara umum, media dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Media Visual

Media visual adalah media yang dapat dilihat, dibaca, dan diraba. Media ini mengandalkan indera penglihatan dan sentuhan. Berbagai jenis media tersebut sangat mudah didapatkan. Contoh medianya sangat banyak dan mudah didapat atau dibuat sendiri. Contoh: media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku dan lainnya.

Media Audio

Media audio adalah media yang hanya dapat didengar dengan menggunakan indera telinga sebagai salurannya. Misalnya: suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan sebagainya.

Media Audio Visual

Media audio visual adalah media yang dapat didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini menggerakkan indera pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Misalnya: media drama, pertunjukan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur yaitu VCD.

Internet juga termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media disebut Multimedia karena berbagai format ada dalam internet.

Fungsi Media

Penggunaan media dalam kehidupan dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti media pembelajaran, media informasi, dan lain-lain.

Secara umum media tersebut memiliki fungsi yang sama, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1). Sebagai sarana informasi kepada masyarakat.

2). Membantu mengatasi keterbatasan ruang, waktu, serta indera.

3). Sebagai sarana untuk kemudian menyampaikan pendapat, ide, dan gagasan kepada publik.

4). Sebagai sarana mendapatkan hiburan, relaksasi, dan juga pengalihan dari ketegangan sosial.

5). Sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat pada umumnya, serta bagi siswa pada khususnya.

6). Sebagai sarana untuk melakukan pengawasan atau kontrol sosial terhadap masyarakat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian media lengkap dengan jenis serta manfaaat media. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai media. Terimakasih sudah berkunjung.