Pengertian Matahari, Sejarah Matahari dan Struktur Matahari

Pagi dapat ditandai dengan munculnya matahari di sisi timur belahan bumi. Sinarnya banyak menuai manfaat untuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi.

Namun, sinar yang dipancarkannya saat siang hari dapat menjadi suatu keluhan tersendiri bagi beberapa orang, sinarnya akan terasa sangat menyengat di beberapa keadaan tertentu, terutama ketika musim panas.

Matahari merupakan pusat dari tata surya. Kok bisa dikatakan pusat? Karena matahari merupakan benda langit yang terbesar dan tidak bergerak. Matahari dikelilingi oleh planet-planet yang berputar sesuai dengan orbitnya.

Pengertian Matahari

Matahari didefinisikan sebagai bola api raksasa atau pusat bintang dari tata surya. Matahari memiliki ukuran diameter ratusan kali lipat dari ukuran bumi dan memiliki suhu sampai dengan ribuan derajat celcius.

Matahari masihn tergolong bintang dikarenakan matahari mempunyai energi cahaya sendiri. Cahaya matahari ini juga terlihat lebih terang dibandingkan dengan cahaya bintang lainnya.

Matahari adalah bintang dengan jarak terdekat dari bumi. Matahari ini kerap disebut sebagai pusat tata surya karena memiliki gaya gravitasi yang tinggi.

Hal itulah yang membuat matahari bisa dikelilingi oleh planet-planet serta benda langit yang terdapat di dalam tatanan tata surya. Pada tata surya 98% massa tata surya berkumpul mendekati matahari.

Sejarah Matahari

Matahari merupakan sebuah bintang yang berada dalam susunan tata surya. Proses terbentuknya matahari sama dengan proses terbentuknya bintang-bintang yang lain. Kita mengetahui bahwa hydrogen serta helium adalah susunan yang membentuk bintang.

Tiga perempat dari bagian matahari disusun oleh hidrogen, sedangkan sisanya tersusun atas dominasi helium. Matahari bisa disebut bintang karena matahari terbentuk dari awan gas serta debu yang mengerut.

Awan gas memiliki partikel-partikel. Partikel yang ada pada bagian tepi luar awan disebut juga nebula, kemudian secara perlahan mulai jatuh ke pusat. Gravitasi partikel-partikel dengan secara bersama-sama menarik atom yang lebih banyak lagi.

Ketika awan gas semakin lama berada di luar akan semakin mampat. Saat mecapai usia 10 juta tahun, awan gas kemudian bertambah kemampatannya serta suhunya akan bertambah panas. Setelah itu akan terjadi suatu perubahan penting yang pada bagian intinya. Perubahan terjadi disebabkan tarikan gravitasi.

Saat tekanan semakin lama maka akan semakin membesar yang kemudian akan memaksa inti-inti atom tersebut berpadu di dalam proses lain.

Proses itu disebut dengan proses fusi nuklir. Proses yang mengeluarkan energi sangat kuat dan besar. Ketika api pada intinya menyala, maka matahari tersebut telah menjadi bintang.

Struktur Matahari

Berikut dibawah ini struktur matahari, antara lain:

1). Inti Matahari

Merupakan bagian terdalam dari matahari. Struktur yang diperkirakan memiliki diameter 20-25% dari matahari juga memiliki suhu hingga 15,7 juta Kelvin (K). Dari data misi SOHO, inti matahari memiliki rotasi lebih cepat dibandingkan dengan zona radiatif.

2). Zona Radiatif

Struktur yang diperkirakan berada sekitar 0,7 radius matahari. Kabarnya, material pada bagian ini cukup panas dan padat hingga radiasi termal merupakan cara utama untuk menstransfer energi dari inti. Suhu di zona radiative sekitar 7-2 juta Kelvin.

3). Zona Konvektif

Adalah lapisan terluar dari matahari, ketebalannya diperkirakan 200.000 km dari permukaan ke zona radiatif. Suhunya pada zon kovektif lelbih rendah dibandingkan dari zona radiatif dan atom.

Akibatnya, transportasi panas radiatif menjadi kurang efektif. Kepadatan gas-gas pada struktur ini sangat rendah sehingga arus konvektif menjadi terbentuk.

4). Fotosfer

Merupakan permukaan bisa dilihat dengan mata telanjang. Fotosfer memiliki ketebalan hingga ratusan kilometer. Suhu di sekitar fotosfer lebih dingin dibandingkan dengan lapisan yang tidak tampak.

5). Atmosfer

Terletak pada bagian atas fotosfer. kita dapat mengamati matahari menggunakan teleskop yang beroperasi di seluruh spectrum selectromagnet, mulai dari radio sampai cahaya tampak sampai sinar gamma.

6). Korona

Merupakan bagian yang masih berada di atmosfer matahari. Korona adalah suatu bagian yang paling luas dari atmosfer. Temperaturnya sekitar 1.000.000 – 2.000.000 Kelvin.

Akan tetapi, temperature dapat berubah di waktu tertentu, karena pada korona memiliki bagian yang paling aktif suhunya yang bisa menjadi sangat begitu panas yakni 8.000.000 – 20.000.000 Kelvin.

7). Heliosphere

Posisi heliosphere berada pada luar atmosfer matahari, memiliki ciri khas bagian yang sangat tipis yang tersusun atas plasma juga angina matahario. Angina matahari berarti arus konstan partikel-partikel yang bermuatan kemudian dilepaskan dari atmosfer matahari.

Bagiannya sangat luas, sampai melewati orbit pluto yaitu heliopouse. Heliopouse ini adalah bagian permukaan terluar heliosphere yang berhadapan dengan medium antar bintang.

8). Medan Magnet

Medan magnet yang dimiliki matahari sangat kuat hingga setiap tahunnya medan magnet matahari selalu berubah-ubah.

Demikianlah ulasan terkait matahari: definisi, sejarah dan struktur. Semoga tulisan ini membantu teman-teman yang sedang membutuhkan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…

15 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi

Meski Jakarta terbagi menjadi beberapa bagian, Jakarta Timur merupakan daerah terpadat lho yang ada di Jakarta. Sebagai daerah terpadat yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

Dukun Paksa Potong Puting Payudara Perempuan Dan Berhubungan Intim, Dalih Buang Aura Negatif!

Nasib nahas menimpa perempuan berinisial SI warga Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. SI kini hanya dapat meratapi nasibnya usai…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…