Pengertian Masyarakat, Unsur, Ciri-Ciri dan Cara Terbentuknya Masyarakat

Tentu saja kata masyarakat sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebab kita sebagai individu pastinya termasuk dalam masyarakat tertentu.

Namun sudahkah kita memahami apa pengertian dari masyarakat? Agar sama-sama belajar, yuk simak pengertian masyarakat menurut ahli sebagai berikut!

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Ada banyak ahli yang memberikan definsi masyarakat. Namun, pada hakikatnya mengarah pada kesimpulan yang sama. Sebagai perbandingan dan jelasnya, berikut bunyinya masing-masing:

Ralp Linton

Ralp Linton dalam bukunya yang berjudul The Study of Man mengemukakan bahwa Masyarakat adalah setiap kelompok manusia. Dimana kelompok manusia yang dimaksud telah cukup lama hidup dan bekerjasama. Sehingga mereka dapat mengorganisasikan dirinya dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan-batasan tertentu.

J.L. Gillin dan J.P. Gillin

Pendapat ahli berikutna dapat dilihat dalam bukunya yang berjudul Cultural Sociology. Dimana mereka mendefinisikan masyarakat sebagai kelompok manusia yang terbesar. Mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang sama.

M.J. Herskovits

Selanjutnya ada M.J. Herskovits dalam buku “Man and His Works” menjelaskan bahwa masyarakat tak lain adalah kelompok individu yang diorganisasikan yang mengikuti suatu cara hidup tertentu.

Maclver

Maclver sendiri mendefinisikan masyarakat sebagai suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara dari wewenang. Termasuk didalamnya ada kerja sama antara berbagai kelompok, berbagai golongan dan pengawasan tingkah laku serta kebebasan-kebebasan individu. Nah, keseluruhan yang dinamis atau selalu berubah inilah yang dinamakan dengan masyarakat.

Emile Durkheim

Emile Durkheim mendeklarasikan pendapatnya mengenai pengertian masyarakat sebagai suatu kenyataan objektif dari individu yang merupakan anggotanya.

Karl Marx

Karl Marx mendefinisikan masyarakat sebagai suatu sturktur yang mengalami ketegangan organisasi maupun perkembangan. Hal ini karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi.

Max Weber

Selanjutnya menurut Max weber, masyarakat adalah suatu struktur atau aksi. Dalam hal ini pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nila yang dominan pada warganya.

Selo Soemardjan

Selo Soemardjan mengakatan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan kemudian menghasilkan kebudayaan.

Paul B. Horton

Masyarakat sebagai sekumpulan manusia yang relatif mandiri didefinisikan oleh Paul B. Horton. Dimana sekumpulan manusia ini hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama. Mereka mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama dan sebagian besar kegiatan dalam kelompok tersebut.

Unsur – Unsur Masyarakat

Setelah memahami pengertian masyarakat, selanjutnya mari kita lihat unsur-unsur yang biasanya dan harus ada dalam masyarakat sebagai berikut:

  • Harus ada perkumpulan manusia yang memiliki kuantitas banyak.
  • Telah bertempat tinggal dalam waktu lama secara bersama-sama disuatu daerah tertentu.
  • Harus adanya aturan atau undang-undang yang mengatur masyarakat, dengan maksud menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.

Ciri – Ciri dari Suatu Masyarakat

Untuk menyimpulkan bahwa sekelompok manusia tertentu termasuk masyarakat atau tidak, kamu bisa melihatnya melalui ciricirinya. Adapun ciri-ciri masyarakat itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Merupakan sebuah pengelompokkan individu
  • Adanya interaksi antara individu yang satu dengan anggota masyarakat lainnya
  • Hadir aturan-aturan yang harus dipatuhi dan berdiri sebagai konsep perilaku anggota masyarakat.
  • Sekeompok individu sebagai satu kesatuan mendukung, mengembangkan dan meneruskan kebudayaan.

Tipe – Tipe Masyarakat

Jika dipandang dari sudut Antropologi, terdapat dua type umum masyarakat. Adapun kedua tipe tersebut adalah sebagai berikut:

Masyarakat kecil yang belum begitu kompleks

Dalam tipe ini, masyarakat masih belum mengenal pembagian kerja. Disertai dengan belum mengenal tulisan dan tehknologi nya sederhana.

Masyarakat kompleks

Seperti namanya, masyarakat tipe ini sudah jauh menjalankan spesialisasi dalam segala bidang barmasyarakat. Kerena pengetahuan modern sudah maju ditambah dengan teknologi pun sudah berkembang dan sudah mengenaltulisan.

Cara Terbentuknya Masyarakat

Tentunya ada pertanyaan besar tentang bagaimana bisa terbentuk masyarakat. Adapun beberapa cara terbentuknya masyarakat adalah sebagai berikut:

Masyarakat Natur

Masyarakat natur merupakan kelompok manusia yang terjadi dengan sendirinya. SepertI gerombolan atau suku yang bertalian karena hubungan darah dan keturunan.

Masyarakat Kultur

Sedangkan masyarakat natur merujuk pada sekelompok manusia yang terjadi karena kapentingan kedunian atau kepercayaan.

Demikian ulasan kami mengenai masyarakat yang menjelaskan mulai dari pengertian menurut ahli, unsur, ciri-ciri, tipe dan cara terbentuknya. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu, terutama menambah wawasan mengenai pengertian masyarakat. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengertian Bioteknologi, Jenis – Jenis, Manfaat, Dampak Negatif dan Positif Bioteknologi

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak asing dengan istilah bioteknologi. Tanpa disadari, manfaat bioteknologi sudah terasa setiap hari. Cabang ilmu…

Dipanggil Kemensos soal Donasi Rumah Gala, Marissya Icha Singgung Keadilan

Marissya Icha mengaku sangat kaget ketika mendapat panggilan dari Kementerian Sosial baru-baru ini. Hal itu berkaitan soal donasi rumah untuk…

Segera Besanan dengan Maia Estianty, Sosok Ayah Kekasih Al Ghazali Ternyata Miliki Profesi Tak Kalah Mentereng dari Irwan Mussry, Hartanya Tak Habis 7 Turunan

Kehidupan Maia Estianty kini diliputi kebahagiaan setelah melepas status jandanya dengan Irwan Mussry. Dilansir dari laman kompas.com, Irwan Mussry dikenal…

Nasib Fuji Berubah Drastis

Semenjak kematian Vanessa Angel, nama Fuji kerap wara-wiri di dunia maya. Fuji yang merupakan adik ipar Vanessa langsung terkenal. Apalagi…

Pengertian Hosting, Jenis – Jenis Web Hosting dan Fungsi Hosting

Jika kamu ingin membuat website, hosting adalah salah satu hal yang kamu butuhkan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan paket hosting untuk…

Dokumen Kartu Keluarga Berbentuk KTP? Ini Kata Dinas Dukcapil

Sebuah postingan di media sosial menggegerkan masyarakat. Seorang pengguna Facebook mengunggah foto kartu berbentuk KTP yang ternyata berisi dokumen Kartu…

Ashanty Dikabarkan Positif Omicron Usai Berlibur di Turki, Deddy Corbuzier: Siap-siap Dah Kita Gelombang 3

Penyanyi Ashanty dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron usai berlibur di Turki bersama keluarganya. Kondisi Ashanty yang dikabarkan positif Covid-19 itu…

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Selamat Jalan, Aldi Taher Mendadak Beri Kabar Duka Wafatnya AS Tamrin

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan untuk selamanya. Kabar duka disampaikan oleh artis Aldi Taher atas meninggalnya Bupati…

‘Kamu Mau Bikin Aku Mati Apa Gimana’ Thariq Halilintar Lakukan Hal Nekat Ini pada Fuji Usai Pulang dari Turki, Adik Bibi Andriansyah Dibikin Melongo

Selebgram Fujianti Utami kegirangan saat membuka kado dari YouTuber Thariq Halilintar. Adik Bibi Andriansyah itu tersenyum lebar begitu melihat isi…

Pengantin Wanita Sudah Dandan Maksimal, Mempelai Pria Malah Ketakutan Lihat Penampilan Istri di Hari Pernikahan, Terungkap Penyebabnya

Pengantin wanita pastinya ingin terlihat cantik di hari pernikahan. Tak jarang, banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi tampil paling…