Pengertian Masjid, Ciri – Ciri, Adab dan Fungsi Masjid

Masjid dengan segala jenis dan bentuknya, merupakan tempat yang tidak dapat dipisahkan dari seorang muslim. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga menjadi pusat kehidupan masyarakat muslim.

Perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering diadakan di masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid telah berperan dalam kegiatan sosial dan militer.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang masjid, mari simak ulasan kami mengenai pengertian masjid, ciri-ciri masjid dan fungsi masjid berikut ini.

Pengertian Masjid

Kata masjid berasal dari bahsa Arab yaitu sajada yang berarti sujud. Jadi, masjid adalah tempat untuk sujud atau berserah diri. Kata masjid kemudian mengalami perluasan makna, yaitu sebagai tempat bagi umat Islam untuk beribadah.

Pengertian masjid dalam arti luas sejalan dengan pengertian masjid menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa masjid adalah rumah atau bangunan tempat umat Islam beribadah.

Bangunan masjid didesain khusus dengan berbagai atribut masjid seperti menara yang cukup megah, kubah dan lain-lain. Bangunan sebuah masjid cukup besar, daya tampungnya bisa menampung ratusan bahkan ribuan jemaah dan bisa digunakan untuk melaksanakan salat Jumat atau perayaan hari besar Islam.

Istilah lain yang berhubungan dengan masjid di Indonesia adalah musala dan langgar atau surau. Namun sebenarnya ada perbedaan antara masjid, mushola dengan langar atau surau.

Musala dan surau diperuntukkan untuk bangunan seperti masjid yang tidak digunakan untuk shalat Jumat, iktikaf, dan umumnya berukuran kecil.

Ciri – Ciri Masjid

Masjid sebagai tempat peribadatan umat Islam memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1). Tempat dilaksanakannya shalat fardhu atau shalat wajib secara terus menerus.

2). Berdiri di atas tanah tetap dan jika itu tanah tersebut telah diwakafkan maka di luar kepemilikan orang yang memilikinya.

3). Diperbolehkan shalat di dalamnya dengan izin umum. Intinya tidak ada yang dilarang shalat di dalamnya.

4). Memiliki imam tetap.

5). Adanhya hukum Masjid.

Adab di Masjid

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri masjid, maka adab yang harus diterapkan oleh seorang muslim ketika berada dalam masjid. Adapun adab atau tata krama di dalam masjid antara lain sebagai berikut:

1). Berdoa saat hendak pergi ke masjid

2). Ketika memasuki masjid disunahkan dengan mendahulukan kaki kanan sesuai adab masuk masjid dalam Islam dan kaki kiri ketika keluar masjid.

3). Mengucapkan salam kepada jemaah yang di dalamnya

4). Menjaga kebersihan dan kesucian masjid

5). Dilarang lewat di depan orang yang sedang sholat

Fungsi Masjid

Masjid dalam perkembangannya mengalami perkembangan yang cukup besar. Masjid memiliki kedudukan yang sangat tinggi di hati kaum muslimin.

Masjid juga memiliki keutamaan yang agung. Fungsi masjid dalam Islam juga mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Berikut ini adalah fungsi masjid:

1). Sebagai tempat melaksanakan sholat dan acara keagamaan lainnya

Semua umat Islam yang telah baligh atau sudah dewasa diperintahkan untuk menunaikan shalat wajib lima waktu secara berjamaah di masjid kecuali ada halangan.

Pada hari Jum’at, semua laki-laki Muslim dewasa juga diwajibkan untuk pergi ke masjid untuk menunaikan shalat Jum’at selama tidak ada halangan.

2). Sebagai tempat dalam kegiatan ramadhan

Pada bulan Ramadhan, masjid biasanya mengadakan acara pengajian yang banyak diminati oleh masyarakat. Tradisi lainnya adalah memberikan buka puasa, atau makanan berbuka puasa.

3). Sebagai tempat berkumpulnya umat Islam dan mempererat tali silaturrahmi

Hal ini terlihat ketika ada hari raya Islam. Biasanya umat Islam akan mengumpulkan dana dan melaksanakan acara di masjid. Di sini umat Islam dapat tetap berhubungan dengan mereka dan mempererat tali persaudaraan.

4). Sebagai tempat untuk mengajar dan menuntut ilmu yang bermanfaat

Beberapa masjid, terutama masjid yang dibiayai oleh pemerintah, biasanya menyediakan tempat untuk menuntut ilmu baik keislaman maupun pengetahuan umum.

Selain itu, tujuan pendidikan di masjid adalah untuk mendekatkan generasi muda dengan masjid. Belajar membaca Al-Qur’an dan bahasa Arab sering dijadikan pelajaran di beberapa negara berpenduduk muslim di luar Arab, termasuk Indonesia.

Demikian artikel kami mengenai pengertian masjid lengkap dengan ciri-ciri masjid, adab dalam masjid serta fungsi masjid. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai masjid. Terima kasih sudah berkunjung.