Pengertian Marketing, Jenis-Jenis dan Tujuan Marketing

Mungkin kita semua sudah sering mendengar istilah marketing. Marketing disebut juga dengan pemasaran. Pada dasarnya, marketing adalah proses manajemen dimana produk dan jasa berpindah dari konsep belaka ke pelanggan.

Ini termasuk mengidentifikasi produk, menentukan permintaan, memutuskan harga, dan memilih saluran distribusi. Ini juga termasuk mengembangkan dan menerapkan strategi promosi.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu marketing, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian marketing, jenis-jenis dan tujuan marketing berikut ini.

Pengertian Marketing

Marketing adalah promosi produk atau layanan bisnis kepada audiens target. Singkatnya, ini adalah tindakan yang diambil untuk menarik perhatian pada penawaran bisnis barang fisik untuk dijual atau layanan yang ditawarkan.

Contoh umum dari pemasaran termasuk iklan televisi, billboard pinggir jalan, iklan majala dan juga melalui intenet.

Tetapi tidak semua bisnis memiliki kebutuhan dan memasarkan barang dan jasa mereka dengan cara yang sama. Sebenarnya, ada beberapa pendekatan berbeda tentang bagaimana pemasaran dapat bekerja untuk sebuah organisasi.

Pendekatan ini disebut konsep atau filosofi marketing yang menentukan jenis alat pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan. Konsep marketing tersebut didorong oleh tujuan yang jelas yang memperhitungkan efisiensi biaya, tanggung jawab sosial, dan efektivitas di pasar tertentu.

Secara umum proses dalam marketing dilakukan dengan mengkolaborasikan empat hal, yaitu:

1). Produk, yaitu barang-barang yang akan ditawarkan oleh suatu bisnis kepada calon pelanggan.

2). Harga, yaitu berapa banyak nilai yang dibebankan bisnis untuk produk atau layanan yang ditawarkannya.

3). Tempat, hal ini mengacu pada proses distribusi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

4). Promosi, yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang karakteristik dan manfaat produk/jasa kepada calon konsumen.

Jenis – Jenis Marketing

Dalam suatu marketing tidak hanya sebatas pengenalan produk, pendistribusiannya juga sangat luas dan efeknya juga beragam.

Agar penggunaan dana marketing menjadi lebih efektif, kita harus mengenali jenis-jenis pemasaran yang sedang berkembang saat ini, antara lain:

1). Word of Mouth Marketing

Yang dimaksud dengan pemasaran jenis ini adalah calon konsumen mendapatkan informasi produk dari konsumen lain.

Jenis marketing word of mouth ini disampaikan secara lisan dan dia sangat bersemangat untuk membagikan informasi penting ini kepada orang lain.

Hal ini menjadi kebiasaan mereka sebagai konsumen saat berkumpul dengan orang lain. Nah, meski strategi ini dikenal sudah sangat tua, namun cara ini masih efektif hingga saat ini. Bagaimana dengan di bidang pangan?

2). Call to Action (CTA)

Jika trafik dari website berhasil menghasilkan penjualan, berarti website tersebut telah melakukan pemasaran CTA.

Jenis kampanye ini memanfaatkan situs web yang menggunakan teks, grafik, dan elemen web lainnya. Cara ini cukup ampuh untuk menarik konsumen online dengan jangkauan yang lebih luas.

Namun, bukan berarti pemilik website tidak melakukan analisis. Pemasaran dengan CTA sebenarnya harus benar-benar spesifik karena biasanya pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.

3). Relationship Marketing

Banyak yang berpikir pemasaran hubungan jauh lebih efektif. Faktanya, banyak perusahaan melakukan ini daripada menghabiskan uang untuk menarik pelanggan baru. Alasannya karena sebagian besar pelanggan lebih loyal saat meluncurkan produk baru.

4). Cloud Marketing

Jenis pemasaran ini masih tergolong baru. Pemasaran awan menempatkan semua sumber daya dan asetnya secara online. Salah satu contoh cloud marketing adalah program afiliasi yang dilakukan oleh Amazon.

Amazon mengizinkan rekanan untuk memodifikasi dan memperluas sumber daya ini. Tak heran, buku, acara televisi, film dan lain-lain dapat diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire.

5). PR Marketing

Salah satu jenis pemasaran yang paling penting adalah Public Relations. Banyak perusahaan bekerja sama dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk mereka dan manfaat yang mereka miliki ketika mereka dimiliki oleh konsumen.

Tujuan Marketing

Setelah mengetahui apa itu marketing dan jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan masuk ke tujuan marketing. Mengetahui rencana marketing juga penting.

Rencana marketing yang hebat dibangun di atas dasar tujuan yang mewakili kebutuhan bisnis kamu yang paling mendesak. Berikut tujuan marketing yang harus kamu ketahui.

a). Memperkenalkan Produk

Tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran adalah memperkenalkan produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat.

b). Meningkatkan Penjualan

Target penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim pemasaran harus memiliki cara untuk mencapai target tersebut dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan aktivitas pasar.

c). Memastikan Kepuasan Pelanggan

Selain target penjualan, kepuasan pelanggan menjadi hal penting dan menjadi prioritas tim pemasaran. Dengan memastikan bahwa konsumen puas dengan produk, proses pemasaran itu sendiri dianggap berhasil.

d). Mempertahankan dan Dapatkan Pelanggan Baru

Mempertahankan dan mendatangkan pelanggan baru adalah tujuan yang bagus untuk banyak jenis bisnis, terlepas dari apakah kamu menjual kepada individu atau perusahaan.

Meskipun yang satu ini tampaknya cukup mudah untuk diukur, beberapa perusahaan mengalami kesulitan menghitung pelanggan baru dengan andal.

e). Meningkatkan Brand Awareness

Sangat mudah untuk mengatakan bahwa meningkatkan kesadaran merek adalah tujuan pemasaran, tetapi sulit untuk mengukurnya.

Jika ini adalah sasaran penargetan, kamu dapat memilih indikator yang dihasilkan sebagai ukuran kesadaran, seperti prospek masuk, lalu lintas web, atau pengikut media sosial.

f). Re-brand atau Re-position

Berhasilnya re-positioning atau re-branding perusahaan atau produk kamu dapat mempercepat pertumbuhan bisnis kamu.

Ini adalah satu lagi yang mungkin sulit untuk diukur, tetapi kamu juga harus memilih metrik seperti penyertaan posisi baru kamu dalam komunikasi media dan analis (sebagai indikator utama), kesadaran merek, atau peningkatan pertumbuhan.

g). Meningkatkan Lalu Lintas Web

Terkadang tujuan kamu cukup sederhana, seperti mendapatkan lebih banyak orang ke situs web yang kamu buat. Ini adalah area lain di mana metrik kualitas sangat penting.

Pastikan kamu dapat mengukur lalu lintas yang memenuhi syarat, rasio pentalan, konversi, waktu di halaman, atau indikator serupa bahwa kamu mendapatkan orang yang tepat untuk datang ke situs Anyang kamu miliki tadi.

Demikian artikel kami mengenai pengertian marketingm lengkap dengan jenis dan tujuan marketing.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu menegani marketing. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Jawaban Sule Saat Nathalie Holscher Minta Cerai Bikin Warganet Ngamuk: Terlalu Angkuh dengan Kejayaannya

Artis Nathalie Holscher mengungkapkan reaksi dan jawaban sang suami, Sule, saat dia mengutarakan keinginannya berpisah. Sebelum memasukkan gugatan cerai, Nathalie…

‘Mungkin Tahu Diri’ Dewi Perssik Tahu Alasan Angga Wijaya Tak Tuntut Harta Gono-gini Saat Perceraian, Singgung Sosok Pencuri Harta

Perceraian Dewi Perssik dan Angga Wijaya telah disahkan Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Senin (1/8/2022) lalu. Kembali menyandang status janda…

Doa Qunut dan Artinya Serta Tata Cara Melakukan Sholat Subuh

Doa qunut biasa dipakai dalam sholat subuh sebelum sujud dirakaat ke-2, berikut ini bacaan doa qunut: اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ…

Contoh Soal Biologi Kelas 7 SMP/MTs dan Jawabannya

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan, termasuk struktur organisme, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Bahkan pada era…

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya

Meningkatkan nilai diri sebagai orang yang berkualitas bisa didapatkan salah satunya dengan memiliki wawasan yang luas. Sebuah wawasan didapat melalui…

15 Tempat Wisata di Gianyar yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Gianyar tentu sudah tidak asing lagi didengar, salah satu kabupaten yang berada di Bali ini menjadi pusat kesenian Pulau…

Contoh Soal CPNS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek)

Menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi, pengelolaan kebudayaan, penelitian,…

Doa Wudhu dan Setelah Wudhu Serta Tata Cara Berwudhu

Wudhu adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita hendak melakukan shalat fardhu maupun shalat sunnah, selain itu banyak amalan sunnah…

Sule Nggak Laku Gara-gara Dicerai Nathalie Holscher: Orang udah bosen karakternya

Siapa sih tidak kenal komedian kawakan Sule yang sudah berkiprah di dunia entertainment sejak memenangkan Audisi Pelawak Indonesia (API) bersama…

Doa Minta Turun Hujan dan Artinya

Hujan adalah anugrah Allah Swt., yang diberikan untuk setiap makhluk-Nya, hujan merupakan kebutuhan penting setiap makhluk hidup yang ada di…