Pengertian Marketing Mix, Konsep, Faktor dan Manfaat Marketing Mix

Dalam dunia pemasaran produk setiap orang pasti tidak asing dengan kata marketing Mix. Yup benar! marketing mix merupakan bauran pemasaran yang menetapkan tujuh buah konsep untuk dapat mengejar keuntungan (profit) secara maksimal oleh perusahaan, adapun ketujuh konsep tersebut yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.

Nah, kita telah mengetahui sedikit konsep mengenai marketing mix, selanjutnya kita akan mengulas secara lebih jelas mengenai marketing mix. Yuk kita baca ulasan berikut ini!

Pengertian Marketing Mix

Para ahli telah memberikan beberapa pengertian marketing mix menurut definisi mereka, beberapa pengertian mereka yaitu:

1). Neil Borden

Sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan marketing mix Neil Borden menyatakan bahwa marketing mix adalah kumpulan variabel marketing yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing pada pasar yang ditargetkan.

2). Kotler Armstrong

Kotler Armstrong menyatakan pengertian marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan.

3). Soemarni dan Soeprihanto

Menurut Soemarni dan Soeprihanto marketing mix merupakan suatu kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan guna mempengaruhi tanggapan konsumen.

Konsep Marketing Mix

Berikut dibawah ini konsep marketing mix, antara lain.

1). Place (Tempat)

Konsep pertama dari marketing mix adaah tempat, saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia serta dapat dijual dan dibeli.

Konsep pertama ini dapat membuat efisiensi yang sangat besar bagi perusahaan atau suatu usaha karena kemudahan perusahaan atau usaha untuk mendapatkan barang produksi dan memasarkan barangnya dengan biaya yang murah.

2). Product (Produk)

Produk adalah segala sesuatu yang diproduksi suatu usaha atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen.

Pemilihan produk yang tepat dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, seorang pengusaha harus mampu menganalisa pasar dan mampu mencari solusi atas segala permasalahan yang diperlukan konsumen sehingga produk yang di produksi dapat dimanfaatkan dan dicari oleh konsumen.

3). Promotion (Promosi)

Promosi dalam marketing mix adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk dan meningkatkan nama baik merk pada konsumen.

Biasanya para pengusaha akan mencari suatu motto yang mudah di ingat dan menarik bagi konsumen sehingga konsumen mau membeli produk tersebut. Dan membuat berbagai macam iklan yang menarik untuk menarik konsumen membeli sebuah produk.

4). Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang dikorbankan oleh konsumen untuk mendapatkan barang/produk yang mereka inginkan dan yang bermanfaat pula bagi mereka.

Penentuan harga yang tepat akan membuat orang tidak berkeberatan untuk membelanjakan uang mereka pada produk yang kita pasarkan, penentuan harga berdasarkan nilai UMR, kebutuhan orang akan produk dan stok barang yang tepat tentu akan membuat barang laku keras di beli konsumen.

5). People (Orang)

People adalah seluruh sumber daya manusai (SDM) yang terlibat dalam pembuatan suatu produk yang dimulai dari lini teratas yaitu tim bisnis hingga lini terbawa yaitu pekerja.

Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pengusaha. Hal ini penting diperhatikan karena penempatan orang yang tepat di posisi yang tepat akan menunjang kinerja perusahaan semaksimal mungkin dan membuat perusahaan menjadi sangat efisien dan tidak banyak mengeluarkan dana untuk pelatihan-pelatihan kerja lainnya.

6). Process (Proses)

Proses adalah gabungan dari keseluruhan aktivitas. Segala aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen sebagai pembelinya.

Dengan pemaknaan sederhananya mengatakan bahwa proses adalah segala pengalaman oleh konsumen dimulai dari mereka mengenal produk kita sampai dengan mereka membeli sebuah produk.

Pengenalan produk yang dilakukan harus sesuai dengan produk yang dipasarkan sehingga konsumen dapat puas dan akan menginformasikan produk anda kepada orang terdekatnya atau orang lainnya.

7). Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik yaitu segala perangkat yang digunakan suatu perusahaan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis, bukti fisik tersebut bisa berwujud dalam bentuk logo, brosur, souvenir, akses untuk menghubungi customer service, seragam karyawan, event, dan website resmi.

Pentingnya bukti fisik ini bagi suatu pemasasran usaha karena akan meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang kita pasarkan.

Seperti dengan adanya logo yang menjamin keaslian prosuk, dan website resmi mampu membuat orang memilih untuk membeli produk karena mereka merasa yakin pada produk-produk yang kita pasarkan.

Faktor – Faktor yang Menentukan Bauran Pemasaran

Setiap perusahaan yang ingin menemukan produk yang cocok untuk produknya perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memulai. Bauran pemasaran setiap produk akan ditentukan oleh dua faktor, yaitu:

1). Faktor Internal

Faktor yang ada dalam organisasi atau faktor yang berhubungan dengan suasana internal perusahaan. Faktor internal utama adalah:

  • Sifat produk
  • Tahapan produk dalam seluruh siklus hidupnya
  • Ketersediaan dana dan tujuan perusahaan

2). Faktor Eksternal

Faktor Eksternal berkaitan dengan faktor di luar organisasi. Mereka mencakup aspek-aspek berikut:

  • Tingkat persaingan
  • Efisiensi saluran
  • Perilaku pembelian konsumen
  • Kontrol dari sisi pemerintah

Manfaat Marketing Mix

Manfaat yang akan dirasakan perusahaan dengan membuat konsep marketing mix adalah sebagai berikut:

1). Mampu Menganalisis Keuangan

Perusahaan harus mengetahui bagaimana mengalirkan biaya dan pendapatan berdasarkan situasi yang dihadapi dan yang dikonfirmasi.

2). Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana

Sumber daya yang sifatnya terbatas harus digunakan maksimal dan seefektif mungkin, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3). Memfasilitasi Proses Komunikasi

Mampu membuat tanggung jawab yang sesuai untuk tiap bagian divisi dengan tugas masing-masing yang telah ditentukan, proses komunikasi harus berjalan lancar pada setiap devisi yang ada.

4). Menyederhanakan

Banyaknya bentuk kegiatan pemasaran dapat di sederhanakan dan di satukan menjadi satu dalam marketing mix.

5). Alokasi Tanggung Jawab

Bisnis membutuhkan tim yang solid, akan tetapi pebisnis perlu mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang yang sesuai dengan tugas dan kemampuan yang dimilikinya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian Marketing Mix, Konsep marketing mix, faktor-faktor yang mempengaruhi marketing mix, serta manfaat marketing mix.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Marketing Mix. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

Roro Fitria Syok Berat Lihat Suami Menari-nari Telanjang Bulat di Depan Foto Orang yang Sudah Wafat

Roro Fitria nampaknya syok berat kepada sang suami, Andre Irawan. Roro Fitria sampai tak habis pikir dengan kelakuan Andre. Maka…

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran dinamai Jombang yang memiliki arti “sedap dipandang”. Salah satu…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…