Pengertian Marketing Mix, Konsep, Faktor – Faktor dan Manfaat Marketing Mix

Dalam dunia pemasaran produk setiap orang pasti tidak asing dengan kata marketing Mix. Yup benar! marketing mix merupakan bauran pemasaran yang menetapkan tujuh buah konsep untuk dapat mengejar keuntungan (profit) secara maksimal oleh perusahaan, adapun ketujuh konsep tersebut yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.

Nah, kita telah mengetahui sedikit konsep mengenai marketing mix, selanjutnya kita akan mengulas secara lebih jelas mengenai marketing mix. Yuk kita baca ulasan berikut ini!

Pengertian Marketing Mix

Para ahli telah memberikan beberapa pengertian marketing mix menurut definisi mereka, beberapa pengertian mereka yaitu:

1). Neil Borden

Sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan marketing mix Neil Borden menyatakan bahwa marketing mix adalah kumpulan variabel marketing yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing pada pasar yang ditargetkan.

2). Kotler Armstrong

Kotler Armstrong menyatakan pengertian marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan.

3). Soemarni dan Soeprihanto

Menurut Soemarni dan Soeprihanto marketing mix merupakan suatu kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan guna mempengaruhi tanggapan konsumen.

Konsep Marketing Mix

Berikut dibawah ini konsep marketing mix, antara lain.

1). Place (Tempat)

Konsep pertama dari marketing mix adaah tempat, saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia serta dapat dijual dan dibeli.

Konsep pertama ini dapat membuat efisiensi yang sangat besar bagi perusahaan atau suatu usaha karena kemudahan perusahaan atau usaha untuk mendapatkan barang produksi dan memasarkan barangnya dengan biaya yang murah.

2). Product (Produk)

Produk adalah segala sesuatu yang diproduksi suatu usaha atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen. Pemilihan produk yang tepat dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, seorang pengusaha harus mampu menganalisa pasar dan mampu mencari solusi atas segala permasalahan yang diperlukan konsumen sehingga produk yang di produksi dapat dimanfaatkan dan dicari oleh konsumen.

3). Promotion (Promosi)

Promosi dalam marketing mix adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk dan meningkatkan nama baik merk pada konsumen.

Biasanya para pengusaha akan mencari suatu motto yang mudah di ingat dan menarik bagi konsumen sehingga konsumen mau membeli produk tersebut. Dan membuat berbagai macam iklan yang menarik untuk menarik konsumen membeli sebuah produk.

4). Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang dikorbankan oleh konsumen untuk mendapatkan barang/produk yang mereka inginkan dan yang bermanfaat pula bagi mereka. Penentuan harga yang tepat akan membuat orang tidak berkeberatan untuk membelanjakan uang mereka pada produk yang kita pasarkan, penentuan harga berdasarkan nilai UMR, kebutuhan orang akan produk dan stok barang yang tepat tentu akan membuat barang laku keras di beli konsumen.

5). People (Orang)

People adalah seluruh sumber daya manusai (SDM) yang terlibat dalam pembuatan suatu produk yang dimulai dari lini teratas yaitu tim bisnis hingga lini terbawa yaitu pekerja.

Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pengusaha. Hal ini penting diperhatikan karena penempatan orang yang tepat di posisi yang tepat akan menunjang kinerja perusahaan semaksimal mungkin dan membuat perusahaan menjadi sangat efisien dan tidak banyak mengeluarkan dana untuk pelatihan-pelatihan kerja lainnya.

6). Process (Proses)

Proses adalah gabungan dari keseluruhan aktivitas. Segala aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen sebagai pembelinya.

Dengan pemaknaan sederhananya mengatakan bahwa proses adalah segala pengalaman oleh konsumen dimulai dari mereka mengenal produk kita sampai dengan mereka membeli sebuah produk.

Pengenalan produk yang dilakukan harus sesuai dengan produk yang dipasarkan sehingga konsumen dapat puas dan akan menginformasikan produk anda kepada orang terdekatnya atau orang lainnya.

7). Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik yaitu segala perangkat yang digunakan suatu perusahaan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis, bukti fisik tersebut bisa berwujud dalam bentuk logo, brosur, souvenir, akses untuk menghubungi customer service, seragam karyawan, event, dan website resmi.

Pentingnya bukti fisik ini bagi suatu pemasasran usaha karena akan meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang kita pasarkan. Seperti dengan adanya logo yang menjamin keaslian prosuk, dan website resmi mampu membuat orang memilih untuk membeli produk karena mereka merasa yakin pada produk-produk yang kita pasarkan.

Faktor – Faktor yang Menentukan Bauran Pemasaran

Setiap perusahaan yang ingin menemukan produk yang cocok untuk produknya perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memulai. Bauran pemasaran setiap produk akan ditentukan oleh dua faktor, yaitu:

1). Faktor Internal

Faktor yang ada dalam organisasi atau faktor yang berhubungan dengan suasana internal perusahaan. Faktor internal utama adalah:

  • Sifat produk
  • Tahapan produk dalam seluruh siklus hidupnya
  • Ketersediaan dana dan tujuan perusahaan

2). Faktor Eksternal

Faktor Eksternal berkaitan dengan faktor di luar organisasi. Mereka mencakup aspek-aspek berikut:

  • Tingkat persaingan
  • Efisiensi saluran
  • Perilaku pembelian konsumen
  • Kontrol dari sisi pemerintah

Manfaat Marketing Mix

Manfaat yang akan dirasakan perusahaan dengan membuat konsep marketing mix adalah sebagai berikut:

1). Mampu Menganalisis Keuangan

Perusahaan harus mengetahui bagaimana mengalirkan biaya dan pendapatan berdasarkan situasi yang dihadapi dan yang dikonfirmasi.

2). Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana

Sumber daya yang sifatnya terbatas harus digunakan maksimal dan seefektif mungkin, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3). Memfasilitasi Proses Komunikasi

Mampu membuat tanggung jawab yang sesuai untuk tiap bagian divisi dengan tugas masing-masing yang telah ditentukan, proses komunikasi harus berjalan lancar pada setiap devisi yang ada.

4). Menyederhanakan

Banyaknya bentuk kegiatan pemasaran dapat di sederhanakan dan di satukan menjadi satu dalam marketing mix.

5). Alokasi Tanggung Jawab

Bisnis membutuhkan tim yang solid, akan tetapi pebisnis perlu mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang yang sesuai dengan tugas dan kemampuan yang dimilikinya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian Marketing Mix, Konsep marketing mix, faktor-faktor yang mempengaruhi marketing mix, serta manfaat marketing mix.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Marketing Mix. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

‘Mereka Melakukan Hubungan Seks’, Karier Syahrini Hampir Hancur Saat Boroknya Dengan Pria Bule Dibongkar Sosok Ini!

Nama Syahrini memang tak pernah lepas dari dunia keartisan termasuk gosip-gosip yang sering menerpa banyak selebritis. Bahkan Syahrini disebut salah…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sudah Operasi Tapi Kondisinya Makin Memburuk , Bintang Sinetron Jin dan Jun ini Meninggal Dunia Usai Sekian Lama Menahan Sakit Luar Biasa

Innalillahi wa innailaihi rojiun, artis senior ini meninggal dunia dengan kondisi yang memilukan. Nama Misye Arsita mungkini memang tak terlalu…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…