Pengertian Marketing Mix, Konsep, Faktor – Faktor dan Manfaat Marketing Mix
Dalam dunia pemasaran produk setiap orang pasti tidak asing dengan kata marketing Mix. Yup benar! marketing mix merupakan bauran pemasaran yang menetapkan tujuh buah konsep untuk dapat mengejar keuntungan (profit) secara maksimal oleh perusahaan, adapun ketujuh konsep tersebut yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.
Nah, kita telah mengetahui sedikit konsep mengenai marketing mix, selanjutnya kita akan mengulas secara lebih jelas mengenai marketing mix. Yuk kita baca ulasan berikut ini!
Pengertian Marketing Mix
Para ahli telah memberikan beberapa pengertian marketing mix menurut definisi mereka, beberapa pengertian mereka yaitu:
1). Neil Borden
Sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan marketing mix Neil Borden menyatakan bahwa marketing mix adalah kumpulan variabel marketing yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing pada pasar yang ditargetkan.
2). Kotler Armstrong
Kotler Armstrong menyatakan pengertian marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan.
3). Soemarni dan Soeprihanto
Menurut Soemarni dan Soeprihanto marketing mix merupakan suatu kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan guna mempengaruhi tanggapan konsumen.
Konsep Marketing Mix
Berikut dibawah ini konsep marketing mix, antara lain.
1). Place (Tempat)
Konsep pertama dari marketing mix adaah tempat, saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia serta dapat dijual dan dibeli.
Konsep pertama ini dapat membuat efisiensi yang sangat besar bagi perusahaan atau suatu usaha karena kemudahan perusahaan atau usaha untuk mendapatkan barang produksi dan memasarkan barangnya dengan biaya yang murah.
2). Product (Produk)
Produk adalah segala sesuatu yang diproduksi suatu usaha atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen. Pemilihan produk yang tepat dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, seorang pengusaha harus mampu menganalisa pasar dan mampu mencari solusi atas segala permasalahan yang diperlukan konsumen sehingga produk yang di produksi dapat dimanfaatkan dan dicari oleh konsumen.
3). Promotion (Promosi)
Promosi dalam marketing mix adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk dan meningkatkan nama baik merk pada konsumen.
Biasanya para pengusaha akan mencari suatu motto yang mudah di ingat dan menarik bagi konsumen sehingga konsumen mau membeli produk tersebut. Dan membuat berbagai macam iklan yang menarik untuk menarik konsumen membeli sebuah produk.
4). Price (Harga)
Harga adalah sejumlah uang yang dikorbankan oleh konsumen untuk mendapatkan barang/produk yang mereka inginkan dan yang bermanfaat pula bagi mereka. Penentuan harga yang tepat akan membuat orang tidak berkeberatan untuk membelanjakan uang mereka pada produk yang kita pasarkan, penentuan harga berdasarkan nilai UMR, kebutuhan orang akan produk dan stok barang yang tepat tentu akan membuat barang laku keras di beli konsumen.
5). People (Orang)
People adalah seluruh sumber daya manusai (SDM) yang terlibat dalam pembuatan suatu produk yang dimulai dari lini teratas yaitu tim bisnis hingga lini terbawa yaitu pekerja.
Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pengusaha. Hal ini penting diperhatikan karena penempatan orang yang tepat di posisi yang tepat akan menunjang kinerja perusahaan semaksimal mungkin dan membuat perusahaan menjadi sangat efisien dan tidak banyak mengeluarkan dana untuk pelatihan-pelatihan kerja lainnya.
6). Process (Proses)
Proses adalah gabungan dari keseluruhan aktivitas. Segala aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen sebagai pembelinya.
Dengan pemaknaan sederhananya mengatakan bahwa proses adalah segala pengalaman oleh konsumen dimulai dari mereka mengenal produk kita sampai dengan mereka membeli sebuah produk.
Pengenalan produk yang dilakukan harus sesuai dengan produk yang dipasarkan sehingga konsumen dapat puas dan akan menginformasikan produk anda kepada orang terdekatnya atau orang lainnya.
7). Physical Evidence (Bukti Fisik)
Bukti fisik yaitu segala perangkat yang digunakan suatu perusahaan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis, bukti fisik tersebut bisa berwujud dalam bentuk logo, brosur, souvenir, akses untuk menghubungi customer service, seragam karyawan, event, dan website resmi.
Pentingnya bukti fisik ini bagi suatu pemasasran usaha karena akan meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang kita pasarkan. Seperti dengan adanya logo yang menjamin keaslian prosuk, dan website resmi mampu membuat orang memilih untuk membeli produk karena mereka merasa yakin pada produk-produk yang kita pasarkan.
Faktor – Faktor yang Menentukan Bauran Pemasaran
Setiap perusahaan yang ingin menemukan produk yang cocok untuk produknya perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memulai. Bauran pemasaran setiap produk akan ditentukan oleh dua faktor, yaitu:
1). Faktor Internal
Faktor yang ada dalam organisasi atau faktor yang berhubungan dengan suasana internal perusahaan. Faktor internal utama adalah:
- Sifat produk
- Tahapan produk dalam seluruh siklus hidupnya
- Ketersediaan dana dan tujuan perusahaan
2). Faktor Eksternal
Faktor Eksternal berkaitan dengan faktor di luar organisasi. Mereka mencakup aspek-aspek berikut:
- Tingkat persaingan
- Efisiensi saluran
- Perilaku pembelian konsumen
- Kontrol dari sisi pemerintah
Manfaat Marketing Mix
Manfaat yang akan dirasakan perusahaan dengan membuat konsep marketing mix adalah sebagai berikut:
1). Mampu Menganalisis Keuangan
Perusahaan harus mengetahui bagaimana mengalirkan biaya dan pendapatan berdasarkan situasi yang dihadapi dan yang dikonfirmasi.
2). Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana
Sumber daya yang sifatnya terbatas harus digunakan maksimal dan seefektif mungkin, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.
3). Memfasilitasi Proses Komunikasi
Mampu membuat tanggung jawab yang sesuai untuk tiap bagian divisi dengan tugas masing-masing yang telah ditentukan, proses komunikasi harus berjalan lancar pada setiap devisi yang ada.
4). Menyederhanakan
Banyaknya bentuk kegiatan pemasaran dapat di sederhanakan dan di satukan menjadi satu dalam marketing mix.
5). Alokasi Tanggung Jawab
Bisnis membutuhkan tim yang solid, akan tetapi pebisnis perlu mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang yang sesuai dengan tugas dan kemampuan yang dimilikinya.
Demikian ulasan kami mengenai pengertian Marketing Mix, Konsep marketing mix, faktor-faktor yang mempengaruhi marketing mix, serta manfaat marketing mix.
Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Marketing Mix. Terimakasih ya sudah berkunjung.
- Pengertian Cloud Computing, Jenis serta Manfaat Cloud Computing
- Pengertian Microsoft Power Point Menurut Ahli, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Software Microsoft Power Point
- Pengertian Potensi Menurut Ahli, Jenis dan Contoh Pada Potensi