Pengertian Manajer, Fungsi, Tugas dan Perbedaan Pemimpin dengan Manajer

Manajer merupakan seorang pimpinan pada suatu perusahaan, tak hanya memberikan perintah saja namun seorang manajer harus mampu memimpin, mengarahkan dan mengawasi para pekerja untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi.

Sebagai pimpinan, seorang manajer sudah tentu harus bertanggung jawab terhadap kinerja sebuah tim dan harus mampu bekerja mencapai target yang telah ditetapkan dengan caranya masing-masing.

Seorang manajer umumnya memiliki kemampuan yang luar biasa di banding yang lainnya sehingga mampu untuk memimpin suatu perusahaan atau suatu bidang.

Manajer yang sukses adalah seseorang yang mampu merekrut orang-orang baik yang memiliki etos kerja yang baik, lalu menempatkan mereka di tempat yang tepat serta mau untuk memotivasi mereka dan meningkatkan produktivitas tim.

Berikut kita akan mengulas lebih banyak hal mengenai manajer guna menambah pengetahuan dan menambah referensi kamu mengenai manajer.

Pengertian Manajer

Berikut dibawah ini pengertian manajer, antara lain sebagai berikut.

1). KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Manajer adalah (1) Orang yang mengatur suatu pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran. (2) Orang yang diberi wewenang dan tanggung jawab untuk merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan tertentu.

2). Robert Tanembaum

Manajer adalah seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

3). Kimball and Kimball (1951)

Manajer mengacu pada semua fungsi dan tugas termasuk sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, menyediakan peralatan perusahaan, merumuskan garis besar perusahaan, serta penyusunan kerangka suatu organisasi hingga pada pemilihan para pejabat teras di dalamnya.

4). Dr. H. Arifin Abdurachman

Manajer dapat diartikan dengan orang yang melakukan suatu kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas, proses kegiatan di dalam rentetan maupun urutan-urutan, institut atau orang-orang yang dapat melaksanakan kegiatan atau suatu proses kegiatan.

5). SP. Siagian

Manajer adalah orang yang memiliki sebuah kemampuan maupun keterampilan guna untuk memperoleh suatu hasil dalam upaya untuk mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

Fungsi Manajer

Manajer memiliki bebrapa fungsi untuk menjalankan dan memimpin perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan, dan fungsi ini umumnya dilakukan oleh seorang manajer, fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1). Perencanaan

Sesuai dengan konsep manajemen, seorang manajer harus bisa melakukan perencanaan dan memiliki suatu rencana perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek perusahaan.

Seorang manajer harus mampu memutuskan langkah-langkah dalam mencapai tujuan perusahaan, langkah tersebut bisa dengan melakukan promosi, iklan maupun hal lainnya.

Langkah yang ada kemudian dibuat menjadi rencana kerja sehingga ada terget serta fokus untuk diselesaikan, sehingga ketika rencana terselesaikan perusahaan mampu meningkatkan pendapatan dan meningkatkan penjualan.

2). Pengorganisasian

Selanjutnya seorang manajer harus mampu melakukan pengorganisasian bagi setiap staf, pengorganisasian dilakukan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, sehingga staf memiliki pekerjaan dan wewenang yang sesuai.

3). Kepegawaian

Peningkatkan kepegawaiannya dengan merekrut, memilih, melatih, dan mengembangkan karyawan perlu dilakukan manajer untuk meningkatkan hasil produktivitas dari para staf.

Umumnya manajer akan bekerja sama dengan departemen sumber daya manusia guna mendapatkan pegawai yang terbaik dan mencapai tujuan ini.

4). Memimpin

Seorang manajer harus mampu memimpin serta memiliki kemampuan dalam merencanakan, dan mengatur timnya untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Jiwa kepemimpin yang diperlukan harus juga melibatkan memotivasi, mengkomunikasikan, membimbing, dan mendorong. Ini membutuhkan manajer untuk melatih, membantu, dan mampu untuk memecahkan masalah bersama karyawan.

5). Pengendalian

Fungsi terakhir adalah perencanaan dimana seorang manajer harus melakukan evaluasi dari setiap hal yang telah dilakukan apakah hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan, jika tidak maka manajer perlu melakukan tindakan lainnya agar tercapai tujuan sesuai rencana yang telah ada. Umumnya semua manajer akan melaksanakan fungsi terakhir ini.

Tugas Manajer

Setelah kita membahas fungsi yang dilakukan oleh seorang manajer, maka kita harus mengetahui tugas dari seorang manajer dalam menjalankan pekerjaannya dalam perusahaan, tugas-tugas tersebut meliputi :

1). Manajer bekerja sama maupun melalui orang lain.

Manajer harus mampu bekerja dengan dan melalui orang lain orang dalam hal ini luas artiannya,baik kepada sesama manajer maupun kepada bawahan.

Selain itu, perlu kita pahami bersama bahwa pemaknaan “orang” dalam perusahaan termasuk pula pada individu-individu dari luar organisasi, langganan, penyedia (supplier), konsumen atau langganan, pengurus serikat karyawan, pejabat dan karyawan kantor-kantor pemerintah dan sebagainya, sehingga dapat dipahami seorang harus mampu bekerja dengan siapa saja dan melalui siapa saja pula.

2). Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.

Seorang manajer harus mampu menyeimbangkan berbagai tujuan organisasi dengan kebutuhan organisasional. Karena banyaknya prioritas yang harus dilaksanakan, serta kendala yang ada dalam pekerjaan sehingga seorang manajer hharus mampu menyeimbangkan semua hal tersebut.

3). Manajer bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan.

Kesuksesan atau kegagalan yang ada merupakan cerminan dari seorang manajer berhasil atau tidaknya dalam menjalankan perusahaan. Kegagalan dan keberhasilan tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim manajemen yang lebih tinggi atau dengan melihat laporan keuangan.

4). Manajer harus mampu berpikir baik secara analisis maupun konseptual.

Seorang manajer harus mampu berfikir secara analisi dimana seorang manaejr harus mampu menisahkan suatu masalah kendala, lalu memikirkan secara detail dan mencari solusi dengan akurat setiap permasalahan yang ada.

Sedangkan berpikir secara konseptual adalah seorang manajer mampu dalam memandang keseluruhan tugas dan mengkaitkan suatu tugas dengan tugas-tugas lain.

5). Manajer adalah seorang mediator.

Seorang manajer harus mampu menjadi seorang mediator (penengah) bila mana terjadi pertentangan dianata para staf ataupun unit kerja dan organisasi yang ada, hal ini terjadi guna mencegah terjadinya penurunan produktibitas para pegawai, merusak suasana kerja dan merusak semangat kerja.

6). Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit

Dalam menjalankan suatu perusahaan seorang manajer harus mampu mencari solusi dari permasalahan yang sulit dan mampu untuk menemukan keputusan yang akurat dari setiap kendala atau permasalahan yang ada di dalam organisasi.

Perbedaan Antara Pemimpin dan Manajer

Berikut dibawah ini perbedaan antara pemimpin dan manajer, antara lain sebagai berikut.

1). Pemimpin membangun visi dan misi, manajer membuat rencana/rancangan

Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi, dan orang yang menetapkan visi dan misi perusahaan adalah pemimpinnya.

Pemimpin akan memikirkan perkembangan masa depan perusahaan dengan pandangan jauh ke depan, dan tugas manajer adalah merumuskan rencana untuk mengimplementasikan visi dan misi, serta mengukur visi dan misi yang telah dirumuskan. Manajer harus bisa membedakan mana visi dan misi yang dapat dicapai dan mana yang tidak mungkin.

2). Pemimpin berani mengambil risiko, manajer mementingkan realitas lapangan

Seorang pemimpin biasanya bersifat idealis dan seorang manajer memiliki sifat realistis. Oleh karena itu, pemimpin lebih berani mengambil risiko dalam pemikiran yang diidealkan, sedangkan manajer akan mempertimbangkan risiko yang harus diambil dan apakah risiko tersebut akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan di masa depan.

3). Pemimpin melihat proses, manajer melihat hasil

Di dalam perusahaan akan ada proses yang dilalui oleh karyawan dan pengembangan perusahaan. Pemimpin mengamati proses yang dilalui sehingga pemimpin dapat membuat penilaian yang berguna bagi perkembangan perusahaan.

Tugas manajer lebih condong kepada hasil yang diselesaikan karyawan sesuai dengan tujuan pemimpin. Manajer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan dengan arahannya dalam mencapai target dari pemimpin.

4). Pemimpin memberikan motivasi, manajer memberikan arahan

Kalimat seperti “Kita pasti bisa sukses” atau “Saya yakin Anda bisa melakukannya” biasanya datang dari para pemimpin. Pemimpin biasanya memberikan insentif untuk meningkatkan semangat kerja karyawan. Tugas manajer adalah memberikan bimbingan kepada karyawan tentang apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai motivasi.

Perlu diketahui bahwa pemimpin dan manajer memanglah berbeda dalam melaksanakan jalannya suatu perusahaan. Namun, keduanya saling bekerja sama dalam membangun dan memajukan perusahaan dan untuk mensukseskan perusahaan untuk mencapai tujuan serta visi dari perusahaan, mereka juga membutuhkan karyawan-karyawannya untuk membantu mereka dalam mencapai tujuan tersebut.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian manajer, fungsi, tugas, serta perbedaan antara pemimpin dengan manajer.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan manajer. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kudus merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus menyimpan banyak hal-hal yang menarik untuk Anda ketahui, termasuk tempat…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Satu Indonesia Bersorak! Shandy Purnamasari Resmi Laporkan Nikita Mirzani ke Kepolisian, Nyai Terancam Pasal Berlapis Maksimal 12 Tahun Penjara

Pelaporan tersebut atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Nikita Mirzani. Dimana ia sebelumnya membeberkan kalau kekayaan Shandy Purnamasari…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

Nathalie Holscher Bak Jadi Sosok Orang Ketiga, Marissya Icha Pasrah Kalau Tak Dipilih Frans Faisal: Enggak Maksa

Marissya Icha ikhlas bila Frans Faisal berjodoh dengan Nathalie Holscher. Belakangan, Frans Faisal dan Nathalie Holscher memang ramai dijodohkan oleh…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…