11 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

September 17, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pernahkah kamu mendengar singkatan MSDM? Mungkin bagi kamu yang belajar di jurusan managemen, tidak asing lagi dengan singkatan tersebut.

Namun bagi kita yang awam dalam managemen, mungin MSDM terdengar asing. Agar sama – sama belajar, yuk simak pengertian MSDM menurut ahli berikut!

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

MSDM merupakan singkatan dari Manajemen Sumber Daya Manusia. Dimana terkandung didalamnya adalah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan yang disertai dengan pengawasan pengadaan.

Dalam hal ini, termasuk juga pengembangan, pemberian remunerasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan pekerja tak lain demi mencapai tujuan organisasi.

Manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu atau metode tentang bagaimana mengelola hubungan dan peran sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu yang efisien dan efektif. Serta dapat digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan dengan perusahaan, karyawan dan juga masyarakat dengan baik.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut para ahli, antara lain:

1. Henry Simamora (1999)

Managemen Sumber Daya Manusia adalah pemanfaatan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi dan pengelolaan individu anggota organisasi.

MSDM dalam hal ini juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan. Serta persiapan personel, pengembangan, manajemen karir, evaluasi pekerjaan, kompensasi karyawan dan hubungan kerja yang baik.

2. Achmad S. Rucky

Menurut Achmad, manajemen sumber daya manusia adalah penerapan yang tepat dan efektif dalam proses perolehan manfaat yang dimiliki oleh suatu organisasi.

Tentunya dengan tujuan untuk mencapai tingkat pemanfaatan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.

3. Mutiara S. Panggabean

Menurut Mutiara S. Panggabean MSDM adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan juga pengendalikan kegiatan dalam organisasi.

Dalam hal ini berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Sofyandi (2009)

Menurut Sofyandi, manajemen sumber daya manusia didefinisikan sebagai strategi dalam melaksanakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan pengendalian.

Hal ini meliputi dalam setiap kegiatan atau fungsi operasional sumber daya manusia. Mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, pemutusan hubungan kerja dan kegiatan lainnya.

Tak lain ditujukan untuk meningkatkan kontribusi produktif sumber daya manusia organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien.

5. Bohlander dan Snell, 2010

Selanjutnya menurut Bohlander dan Snell, MSDM adalah ilmu yang mempelajari bagaimana memberdayakan karyawan di perusahaan.

Termasuk bagaimana menciptakan lapangan kerja, kelompok kerja, mengembangkan karyawan yang memiliki kemampuan, mengidentifikasi pendekatan untuk dapat mengembangkan kinerja karyawan dan memberi penghargaan atas usaha dan pekerjaannya.

6. Desseler (2015)

Desseler mengemukakan pendapatnya bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses memperoleh dan pemberian kompensasi pada karyawan. Serta untuk mengelola hubungan kerja, kesehatan dan keselamatan juga hal-hal yang berkaitan dengan keadilan.

7. Mathis & Jackson (2012:)

Manajemen sumber daya manusia juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang merujuk pada seni mengatur hubungan dan peran tenaga kerja.

Dengan tujuan agar setiap kegiatan berjalan efektif dan efisien, dalam penggunaan kemampuan manusia di setiap perusahaan.

8. Gary Dessler (2010)

Manajemen sumber daya manusia menurut Gary Dessler merupakan kebijakan dan juga latihan demi memenuhi kebutuhan karyawan suatu perusahaan. Sederhananya adalah aspek-aspek yang terkandung dalam sumber daya manusia.

9. Rivai dan Sagala (2010)

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang manajemen umum yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian.

Hal ini dilatarbelakangi oleh sumber daya manusia dianggap memiliki peran yang semakin penting dalam pencapaian tujuan perusahaan.

10. Noe, Hollenbeck, Gerhart dan Wright (2011)

Manajemen sumber daya manusia adalah kombinasi dari kebijakan, praktik dan sistem. Hal ini kemudian mempengaruhi kebiasaan karyawan dalam kegiatan organisasi. Dalam presentasinya, mereka memberikan rincian kegiatan sumber daya manusia.

Seperti analisis dan desain pekerjaan, perencanaan sumber daya manusia, perekrutan sumber daya manusia, pemilihan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, pemberian kompensasi, manajemen kinerja, dan hubungan antar karyawan.

11. A.F Stoner

Manajemen sumber daya manusia juga didefinisikan oleh Stoner sebagai prosedur berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk memasok organisasi atau perusahaan dengan orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan posisi yang tepat ketika organisasi membutuhkannya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut 11 ahli. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya dalam lebih memahami pengertian dari MSDM. Terimakasih sudah singgah dan semoga harimu menyenangkan.

0 Comment

Comments closed.