Pengertian LGBT, Faktor, Bahaya Serta Cara Mengatasi LGBT

Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan mengenai LGBT. Ada berbagai pro dan kontra mengenai kelompok LGBT ini. LGBT menjadi topik hangat dan semakin ramai diperbincangkan, baik di Indonesia khususnya maupun dunia pada umumnya.

Mereka yang pro menyatakan bahwa negara dan masyarakat harus mengkampanyekan prinsip nondiskriminasi antara laki-laki, perempuan, waria, pecinta lawan jenis (heteroseksual) dan pecinta sesama jenis (homoseksual).

Di sisi lain, pihak yang kontra mengatakan bahwa negara dan masyarakat harus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan tindakan preventif terhadap gejala-gejala LGBT yang akan membahayakan generasi penerus bangsa Indonesia.

Namun keberadaan komunitas LGBT ditentang keras oleh masyarakat Indonesia karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran agama manapun. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang LGBT ini, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian LGBT

LGBT adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Lesbian adalah orientasi seksual di mana wanita menyukai wanita dengan jenis kelamin yang sama. Kemudian, gay adalah sebutan untuk pria yang menyukai pria lain.

Sedangkan biseksual adalah sebutan untuk seseorang yang bisa tertarik baik pada pria maupun wanita. Kemudian transgender adalah seseorang yang memiliki penampilan atau perilaku yang berlawanan dengan gendernya.

Dalam hal ini waria tidak menginginkan adanya perubahan pada organ seksualnya. Seseorang yang menginginkan perubahan pada organ intimnya disebut transeksual.

LGBT ditentang keras di Indonesia karena dianggap tidak pantas dan menyimpang dari ajaran agama manapun.

Dimana masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi ilmu religi dan sangat tegas melarang segala bentuk praktik LGBT berdasarkan ketentuan hukum, peraturan perundang-undangan, nilai-nilai agama, kesusilaan, ketertiban, kepentingan umum, dan keutuhan bangsa.

Faktor Penyebab Terjadinya LGBT

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya LGBT, mulai dari faktor lingkungan hingga faktor genetik. Berikut penjelasannya.

1). Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan dapat memicu terjadinya LGBT, misalnya karena pergaulan yang salah. Dalam berteman, kita harus  pandai memilih teman yang berperilaku baik.

Ketika seseorang berteman dengan orang yang LGBT, ada kecenderungan dia menjadi anggota komunitas LGBT karena pengaruh teman.

Jadi, lingkungan dan kebiasaan menjadi faktor pemicu terbesar terjadinya LGBT di Indonesia. Pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia juga dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan perilaku ini.

2). Faktor Keluarga

Jika seorang anak mengalami kekerasan di lingkungan keluarganya, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkannya menjadi LGBT.

Misalnya, seorang anak perempuan yang dianiaya oleh ayah atau saudara laki-lakinya mungkin berpikir untuk membenci lawan jenis. Akibatnya, ia memilih untuk hidup sebagai seorang LGBT karena pengalaman hidup yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, peran dalam keluarga sangatlah penting. Kehangatan dan keharmonisan keluarga akan mendorong anak tumbuh secara normal dan alami.

Selain itu, jika kedua orang tua memberikan pendidikan agama dan moral yang baik, hal ini akan membentengi seseorang untuk menyimpang dari LGBT.

3). Faktor Genetik

Kemudian, faktor yang menyebabkan terjadinya LGBT adalah karena faktor genetik. Intinya penyimpangan seksual seperti Lesbian, Gay, Biseksual atau Transgender bisa terjadi karena adanya riwayat keturunan dari anggota keluarga sebelumnya.

Dalam tubuh manusia, kromosom pria normal adalah XY dan wanita adalah XX. Namun, dalam kehidupan nyata, dapat ditemukan bahwa laki-laki memiliki kromosom XXY. Kromosom ekstra ini dapat menyebabkan pria berperilaku seperti wanita.

Dampak LGBT

Faktanya, penyebaran LGBT begitu cepat. Bahkan mereka yang terlahir sebagai anak perempuan atau laki-laki normal pun dapat terpengaruh olehnya.

Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dampaknya sangat besar. LGBT dapat membahayakan kesehatan, pendidikan dan moral seseorang. Berikut dampak dari lgbt:

1). Kanker Anal atau Dubur

Gay melakukan seks anal sehingga memiliki risiko tinggi terkena kanker dubur.

2). Kanker Mulut

Kebiasaan melakukan oral seks dapat menyebabkan kanker mulut. Sebab, sebenarnya rokok bukan satu-satunya penyebab terjadinya kanker mulut.

Hal ini sesuai dengan penelitian di New England Journal of Medicine yang dipublikasikan di situs Dallasvoice.

3). Meningitis

Meningitis atau radang selaput otak terjadi karena infeksi mikroorganisme, kanker, penyalahgunaan obat-obatan tertentu dan mengalami peradangan pada tubuh.

Namun, hal lain dinyatakan dalam artikel di DetikHealth bahwa meningitis disebabkan oleh penularan hubungan seksual oleh kaum LGBT.

4). HIV/AIDS

Umumnya kaum LGBT memiliki gaya hidup seks bebas dengan banyak orang sehingga kecenderungan terpapar virus HIV/AIDS sangat tinggi.

5). Dampak terhadap Pendidikan

Selain berdampak pada kesehatan, LGBT juga berdampak pada pendidikan seseorang. Karena faktanya, seorang LGBT memiliki masalah putus sekolah 5 kali lebih banyak daripada siswa atau siswa normal.

6). Dampak Keamanan

Adanya LGBT ini menyebabkan pelecehan seksual terjadi dimana-mana. Padahal, banyak kasus kekerasan yang terjadi pada anak.

Cara Mengatasi LGBT

Karena dampak LGBT sangat mengerikan, maka harus ada upaya untuk mencegah munculnya LGBT. Metode tersebut antara lain sebagai berikut:

1). Menjaga pergaulan

2). Menutup segala celah dalam pornografi, misalnya dari gadget. Orang tua harus aktif dalam hal ini.

3). Mengadakan kajian atau seminar tentang bahaya LGBT di sekolah.

4). Adanya undang-undang yang melarang keberadaan LGBT agar tidak semakin meluas.

5). Menyelenggarakan penyuluhan agama tentang LGBT yang menyimpang dari aturan agama.

Dengan hal-hal tersebut diharapkan LGBT dapat dicegah dan penyebarannya tidak semakin luas.

LGBT merupakan masalah psikologis yang perlu ditanggulangi oleh semua pihak, baik pelaku maupun lingkungan sekitar.

Dengan kerjasama yang baik, bukan tidak mungkin isu kontroversial LGBT ini bisa ditangani dengan baik.

Demikian artikel kami tentang pengertian LGBT lengkap dengan faktor, bahaya dan cara mengatasinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan dan membantu kamu menjauhi LGBT. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN