Pengertian Lari Menurut Para Ahli, Sejarah, Macam dan Manfaat Lari

Siapa sih yang tidak kenal dengan kegiatan lari? Sepertinya lari adalah salah satu kegatan olahraga yang pertama kali kita lakukan sebagai individu ya sob, bagaimana tidak, olahraga yang satu ini tidak terlalu membutuhkan banyak perlengkapan.

Namun sebenarnya ada bermacam-macam jenis lari, beberapa membutuhkan perlengkapan khusus bahkan persiapan yang sangat matang. Untuk lebih lengkapnya yuk kita simak artikel berikut.

Pengertian Lari Menurut Para Ahli

Lari merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan sehingga banyak orang yang menyukainya, selain mudah untuk dijalankan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti kesehatan jantung, pembuluh darah, paru-paru dan lain sebagainya.

  • Menurut Bahagia

Menurut pendapat Bahagia (2000:11) bahwa pengertian lari adalah gerakan tubuh dimana kedua kaki hadir sambil melayang di udara dan kedua telapak kaki terangkat dari tanah, yang  artinya lari berbeda dengan jalan yang selalu bersentuhan dengan tanah.

  • Pengertian lari menurut Djuminar

Menurut pendapat Djuminar (2004:13) bahwa pengertian lari diartikan sebagai frekuensi langkah yang dipercepat sehingga ada kalanya ketika berlari kedua kaki mengalami kecenderungan untuk melayang atau setidaknya kaki tetap menyentuh lantai tanah.

Sejarah Lari

Sebenarnya sampai saat ini belum diketahui secaa pasti sejarah asli dari olahraga lari, namun ada satu versi yang menyatakan bahwa ketika Yunani dilanda perang antara Yunani dan Persia di kota Marathonas, Pula Egina, Yunani. Saa itu Yunani mengalami kemenangan atas perang.  Yunani kemudian memerintahkan pasukannya untuk membawa pesan atau kabar kemengan tersebut dengan berlari ke Athena dengan jarak 40,8 km.

Namun, utusan Yunani tersebut pingsan dan akhirnya meninggal. Untuk menghormati perjuangan utusan yang mengabarkan kemenangan tersebut, Yunani kemudian menghormatinya dengan dengan mengadakan acara kompetisi lari. Kompetisi tersebut semakin berkembang hingga diakui sebagai pertandingan yang bergengsi.

Macam-Macam Lari

  • Lari Jarak Pendek Atau Sprint

Lari jarak pendek adalah cabang olahraga lari dimana atlet yang mengikuti perlombaan harus berlari secepat mungkin dengan tenaga maksimal dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jarak yang ditempuh dalam lari atau sprint jarak pendek ini biasanya dimulai dari 100 meter, 200 meter hingga 400 meter. Pada saat start sangat berperan dalam menentukan kecepatan yang akan dihasilkan hingga garis finish.

Pada umumnya atlet sprint ini memiliki tempo lari yang sangat cepat. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh semakin membutuhkan daya tahan yang besar. Untuk lari jarak pendek sendiri, teknik dalam berlari terbagi menjadi tiga macam. Yakni start jongkok, gerakan lari, serta teknik memasuki garis finis.

  • Lari Jarak Menengah

Sesuai dengan namanya, lari jarak menengah ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat, kisarannya antara 800 meter hingga 1500 meter. Sedikit berbeda dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah menggunakan gaya pijakan kaki yang dikenal sebagai ball-hell-ball, yakni gerakan menginjak yang bertumpu pada ujung tumit dan menolak telapak kaki dengan ujung kaki. Pada lari jarak menengah, gerakan kaki tidak dipaksakan dan panjang langkah tidak terlalu dipaksakan, hanya saja saat hampir mencapai garis finis panjang kaki dioptimalkan.

Untuk posisi awal dilakukan dalam posisi berdiri. Dalam lari ini juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, karena nantinya mereka akan kehabisan nafas dan mengalami kelelahan jika energinya dikeluarkan dari awal. Tenaga dimaksimalkan sesaat sebelum garis finis karena di sini para peserta harus benar-benar berlari sekuat tenaga agar bisa memenangkan perlombaan.

  • Lari Jarak Jauh atau Marathon

Sebagai salah satu cabang olahraga yang digemari, kompetisi maraton sering diadakan dan peminatnya semakin meningkat. Hal ini dikarenakan maraton dinilai mampu menantang adrenalin dan mengukur kekuatan para peserta. Untuk jaraknya sendiri, lari marathon biasanya dimulai dari jarak 3 km, 5 km, hingga 10 km yang tentunya akan berakhir dengan rasa lelah yang luar biasa. Maka tak heran jika yang namanya lari ini disebut maraton.

Selain itu, bahaya juga akan menunggu seperti dehidrasi parah, kelelahan, pingsan. Bahkan kondisi terburuknya adalah meninggal karena serangan jantung. Jadi, pastikan kondisi Anda fit sebelum bertanding.

IAAF menetapkan bahwa kompetisi dibagi dalam kelompok umur, untuk kelompok junior pria dan wanita harus berusia di bawah 20 tahun. Adapun jarak untuk lomba lari lintas alam menurut IAAF adalah: jarak 12 km untuk peserta pria dewasa, jarak 6 km untuk peserta pria dewasa, jarak 8 km untuk peserta junior putra, dan jarak 4 km untuk atlet putra. peserta laki-laki junior.

Bunyi atau bunyi pistol merupakan tanda mulai dan berangkatnya para kontestan. Peserta tidak diperkenankan mendapatkan bantuan penyegaran selama perlombaan. Refreshment post dan splash post disediakan di garis start dan finish. Penilaian dilakukan dengan meluangkan waktu untuk peserta individu, sedangkan untuk peserta tim dengan menjumlahkan nilai dari masing-masing anggota tim. Sehingga waktu terendah adalah tim pemenang.

  • Lari Estafet

Lomba lari yang satu ini umumnya sangat akrab dengan masyarakat Indonesia ya sob, sebab lari esatfet tak jarang dijadikan perlombaan sejak kita kecil. Lari estafet juga sering menjadi acara yang dinati-nantikan dalam perayaan 17 Agustus di sekolah ataupun lingkungan tempat tinggal. Maka tidak heran jika lari estafet cukup popular di Indonesia.

Untuk pengertiannya sendiri lari terus menerus atau estafet adalah lari terus menerus yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu kelompok secara bersamaan dengan membawa tongkat. Satu kelompok umumnya terdiri dari empat orang pelari yang dilakukan secara bergantian. Teknik dalam melakukan estafet ini adalah semua peserta menempati posisi pada lintasannya masing-masing. Kemudian, pelari pertama akan berlari secepat mungkin dan kemudian memberikan tongkat kedua dan seterusnya hingga mencapai garis finis.

Pada lari esteafet ada area yang memiliki zona 20 meter, dimana pergantian pelari dan penyerahan tongkat estafet hanya bisa dilakukan di dalam zona tersebut. Jika tidak berada di zona tersebut, tim yang melanggar aturan akan otomatis didiskualifikasi. Nomor lari estafet yang dipertandingkan biasanya memiliki jarak 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter.

Manfaat Lari untuk Kesehatan

Sebagai cabang olahraga, berbagai jenis lari dan tekniknya masing-masing pasti memiliki manfaat bagi tubuh kita ya sob. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berlari, terutama untuk kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Beberapa manfaat dari lari yang baik antara lain menyehatkan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

Kemudian lari juga tentunya mampu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sekaligus menguatkan tulang dan persendian. Dan selain itu, rajin berlari juga dapat melatih kecepatan berpikir dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga tidur akan terasa lebih nyaman dan nyenyak.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian lari menurut ahli, sejarah, macam dan manfaat lari bagi kesehatan. Semoga ulasan kami membantu dalam memahami pengertian. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Terjebak hingga Akui Kesalahannya di Depan Hotman Paris, Wenny Ariani Ngaku Pacari Rezky Aditya Saat Masih Berstatus Istri Orang: Suami Saya Pun Tau

Kemelut kisruh antara Wenny Ariani dengan Rezky Aditya masih belum usai. Melansir Nakita.id, Rezky Aditya masih terus 'dipaksa' mengakui anak…

Lirik Lagu Oh Yerusalem – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Haholongi Inang Mi – Erna Tobing

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Pak Kades Diduga Selingkuh dengan Bu Kades, Warga Segel Kantor Desa hingga Reaksi Tegas Kapolres

Berikut ini fakta-fakta Kantor Desa Cikareo Selatan, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang disegel warga karena kepala desanya diduga…

Lirik Lagu Karo Merangap – Rimta Br Ginting

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Bak Petir di Siang Bolong! Baru Juga 3 Tahun Nikah, Maia Estianty Ngaku Siap Menjanda Kembali: ‘Gue Harus Siap’

Kehidupan seorang Maia Estianty memang selalu menjadi perhatian. Ia diketahui memiliki kisah hidup yang berliku bahkan dianggap sebagai sosok yang…

Lirik Lagu Perfect – Ed Sheeran

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Akhirnya Terungkap, Ternyata Ini Pesan Eril Kepada Ibunya Sebelum Terseret Arus Sungai Aare Sejauh 6 Km, Insyaallah Jenazah Sampai Di Indonesia Minggu Besok

Setelah dua minggu lebih pencarian, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akhirnya ditemukan pada Kamis (9/6) waktu setempat. Jenaza Eril…

Lirik Lagu Can’t Help Falling in Love – Elvis Presley

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Nyawa Hampir Tak Tertolong? Ruben Onsu Akui Tak Sadar Kondisi Kritis Saat Masih Syuting Hingga Dokter Nekat Lakukan Hal Ini!

Sebuah kabar mengejutkan datang dari sosok Presenter kenamaan, Ruben Onsu soal kesehatan sang artis. Bagaimana tidak? usai jalani proses syuting,…