Pengertian Kreatif, Bentuk, Aspek dan Ciri-Ciri Orang Kreatif

Mungkin dari kita sering mendengar kata kreatif. Mendengar kata kreatif, tentu kita akan berpikir tentang sifat seseorang yang suka menciptakan hal-hal baru.

Ya, benar, tetapi kreativitas tidak hanya harus berada di sekitar ilmuwan atau seniman. Setiap orang memiliki potensi untuk berkreasi dengan hal-hal sederhana. Misalnya meja dari ban bekas, membuat pot bunga dari koran bekas dan lain sebagainya.

Berpikir kreatif juga mencakup bagaimana memecahkan masalah, misalnya di tempat kerja. Dan saat ini perusahaan juga lebih memilih orang-orang kreatif daripada orang-orang pintar saja.

Orang cerdas mungkin sangat pintar di bidangnya, tetapi orang cerdas yang kreatif bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, dia penuh dengan ide-ide cemerlang dalam memecahkan masalah.

Orang kreatif ini bekerja dengan alurnya sendiri, tidak hanya mengikuti aturan yang ada. Dan tentunya sifat kreatif ini memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kretaif, simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Secara harfiah kata kreatif berasal dari bahasa Inggris yaitu to create yang artinya membuat atau menciptakan.

Secara umum kreativitas dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memungkinkan mereka melakukan terobosan-terobosan atau pendekatan-pendekatan tertentu untuk memecahkan masalah dengan cara yang berbeda-beda.

Definisi lain dari kata kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreativitas adalah kemampuan mencipta atau daya cipta, kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan orisinal yang diciptakan, karena kreativitas merupakan proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinal.

Agar lebih memahami pengertian kreatif, maka kamu bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini.

1). Widyatun

Menurut Widyatun, kreativitas adalah kemampuan memecahkan suatu masalah yang memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk berkreasi untuk memunculkan gagasan-gagasan baru/adaptif yang secara keseluruhan memiliki fungsi dan kegunaan untuk berkembang.

2). Sadiq

Sadiq berpendapat bahwa kreativitas adalah gagasan konsep dan rencana kemajuan, gagasan tersebut diperlukan dalam berpikir dan juga hasil karya seseorang dalam memecahkan masalah sosial yang sedang berkembang.

3). Supriadi

Menurut Supriadi, kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang sudah ada.

Kreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menyiratkan peningkatan kemampuan berpikir, yang ditandai dengan suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antar tahap perkembangan.

4). James R. Evans

Menurut James R. Evans, kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari perspektif yang berbeda, dan menggabungkan beberapa konsep yang sudah mainstream di masyarakat menjadi konsep yang berbeda.

5). Conny R. Semiawan

Dalam pandangan Conny R. Semiawan, kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan suatu sistem atau komposisi baru.

Bentuk Kreatif

Dalam kehidupan di dunia ini, sikap kreatif dapat diwujudkan melalui berbagai hal. Bentuk-bentuk kreatif itu sendiri meliputi:

1). Ide

Berpikir kreatif akan memicu munculnya ide-ide unik yang tidak terpikirkan sebelumnya, Ide adalah pemikiran yang dapat menciptakan solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat.

2). Produk (Barang dan Jasa)

Produk kreatif dihasilkan dari ide-ide yang muncul. Jadi, dapat dikatakan bahwa produk kreatifitas ini adalah lengan panjang dari ide.

Ide yang diwujudkan dalam bentuk produk tertentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan konsumen. Tanpa proses kreatif, produk yang dihasilkan tidak dapat memenuhi kebutuhan zaman.

3). Gagasan

Kreativitas juga dapat diwujudkan dalam bentuk gagasan. Gagasan ini dapat diungkapkan secara langsung atau melalui tulisan. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk menuangkan ide-ide kreatif.

Aspek Kreatif

Berdasarkan penjelasan tersebut, kita dapat melihat kreatif menjadi empat aspek.

1). Kreativitas diartikan sebagai suatu daya atau energi yang ada dalam diri individu. Energi ini menjadi pendorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu dengan cara atau untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Menurut Robert Franken, ada tiga dorongan yang menyebabkan orang menjadi kreatif, yaitu (a). Kebutuhan akan sesuatu yang baru, bervariasi dan lebih baik, (b). dorongan untuk mengkomunikasikan nilai dan gagasan, (c). keinginan untuk memecahkan masalah. Ketiga dorongan inilah yang kemudian membuat seseorang menjadi kreatif. Dengan kata lain, masalah kreatif ini dapat diartikan sebagai energi atau dorongan batin yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan tertentu.

2). Kreatif diartikan sebagai suatu proses, yaitu proses mengelola informasi, melakukan sesuatu, membuat sesuatu, atau suatu proses yang tercermin dalam kelancaran, dan keluwesan dalam berpikir.

3). Kreativitas adalah sebuah produk. Penilaian orang lain terhadap kreativitas seseorang akan dikaitkan dengan produk tersebut. Tujuan produk ini dapat berupa produk pemikiran (ide), karya tulis, atau produk dalam pengertian.

4). Kreatif didefinisikan sebagai person. Kreativitas ini tidak ditujukan pada produk atau proses. Namun kreatif di sini ditujukan kepada individu. Menurut Sternberg (dalam Sfifa 2007) orang yang kreatif adalah seseorang yang dapat berpikir secara sintetik, artinya ia dapat melihat hubungan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain, dan memiliki kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri dan mengevaluasi nilai atau kualitas karya pribadinya. . menerjemahkan teori dan hal-hal abstrak menjadi ide-ide praktis sehingga mampu meyakinkan orang lain tentang ide-ide yang akan mereka garap.

Ciri – Ciri Orang Kreatif

Jika sudah mengetahui apa itu kreatif dan bentuknya, maka kita akan membahas ciri-ciri orang kreatif. Apa saja ciri-cirinya? Berikut ulasan lengkapnya:

1). Imajinasi

Orang yang sering berimajinasi memiliki kemungkinan besar untuk masuk dalam kategori orang kreatif.

Sebab, orang yang suka berimajinasi memiliki otak kanan yang lebih dominan daripada otak kirinya. Orang-orang ini juga bisa disebut sebagai pemimpi realistis yang bisa mewujudkan mimpinya.

2). Menyukai Tantangan

Orang yang memiliki sifat kreatif berpikir bahwa tantangan dan kesulitan adalah sesuatu yang dapat memicu semangat. Orang tersebut akan menghadapi tantangan dengan sikap optimis. Mereka juga orang yang berani mengambil risiko.

Jadi, ketika orang tersebut merasa telah gagal dalam menghadapi suatu tantangan, hal ini justru akan dianggap sebagai pelajaran. Ada kepuasan ketika mereka berhasil menghadapi kesulitan.

3). Mudah Beradaptasi

Orang kreatif juga dapat digolongkan sebagai individu yang dapat berpikir cepat untuk menemukan ide dan gagasan dalam mengatasi masalah.

Hal ini akan memudahkannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan senang membantu menyelesaikan kasus secara berkelompok.

4). Mudah Merasa Bosan

Ciri-ciri orang kreatif adalah suka berimajinasi dan terbuka terhadap hal-hal baru. Hal ini membuatnya menjadi orang yang mudah bosan dan ingin mencoba hal-hal baru di sekitarnya.

5). Orang Misterius

Tahukah kamu bahwa suasana hati orang-orang kreatif berubah dengan cepat? Ya, hal ini menyebabkan orang-orang kreatif sulit diprediksi. Kepekaan dan rasa empati yang tinggi. Namun, terkadang sikapnya membuat orang lain bingung.

Banyak contoh sikap kreatif yang dapat dilihat dalam kehidupan masyarakat, baik berupa ide, gagasan, maupun benda.

Misalnya vertical garden dari botol aqua bekas, gelang warna yang terbuat dari manik-manik dan peniti dan masih banyak lagi ide kreatif yang bisa kamu ciptakan.

Demikian artikel kami tentang pengertian kreatif lengkap dengan bentuk, aspek dan ciri-ciri orang kreatif.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai kreatif. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Kewalahan Layani Suami Saat Hamil, Wanita Ini Izinkan Pasangannya Poligami hingga Bantu Carikan Janda Cantik: Dia Selalu Terlihat Lelah

Kewalahan Layani Suami Saat Hamil, Wanita Ini Izinkan Pasangan Poligami hingga Bantu Carikan Janda Cantik. Mungkin sebagian orang akan pikir-pikir…

Se-Indonesia Tertipu? Lebih Dulu Digugat Cerai Angga Wijaya, Sosok Dewi Perssik Sebenarnya Juga Ingin Berpisah? Hal Ini Jadi Bukti?

Penikmat dunia hiburan Tanah Air baru-baru ini dikejutkan dengan kabar mengenai keretakan rumah tangga pedangdut kondang, Dewi Perssik. Bagaimana tidak?…

Lirik Lagu Mimpi yang Sempurna – Peterpan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Harga Mobil Toyota Vios Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Lirik Lagu Oh Yerusalem – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Cincin Nikah yang Baru Disematkan di Jarinya Langsung Dipeloroti, Pengantin Wanita Ini Mendadak Diseret ke Kantor Polisi, Munculnya Sosok Kuli Bangunan Ini yang Jadi Penyebabnya!

Cincin nikahnya langsung dipeloroti, pengantin wanita ini langsung diseret ke kantor polisi, ada apa? Pernikahan adalah sebuah momen yang sangat…

Lirik Lagu Lemah Teles – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Tondi Tondiku Do Ho – Style Voice

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Batak Mauliate Hasian – Omega Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Video Syur Perselingkuhan Artis Inisial R Bareng Pemain Sinetron Bakal Beredar Sudah Diprediksi Jauh Hari, Peramal Kondang Ini Ungkap Ciri Sang Artis: ‘Menikah dengan Penyanyi’

Ramalan perihal nasib artis Tanah Air saat ini memang kerap kali menjadi sorotan. Salah satu peramal kondang yang kerap kali…