Pengertian Kota, Ciri – Ciri Kota dan Kriteria Kota

Tentu saja kota bukanlah tempat asing dan baru bagi kita. Apalagi bagi yang memang tinggal di daerah perkotaan. Namun, terkadang kita sering sekali tidak memahami definisi dari hal-hal disekitar kita.

Sama seperti pengertian kota, apakah kamu mengetahui definisi dari kota? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian kota menurut ahli, ciri dan kriteria kota berikut!

Pengertian Kota Menurut Ahli

Selain meningkatkan pemahaman, mengetahui dan memahami definisi dasar juga dapat membantu kita untuk memahami apa yang sebenarnya sedang kita pelajari.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah 14 definisi kota menurut para ahli dan lembaga terkemuka yang dapat dijadikan referensi pembelajaran.

1). Jorge E. Hardoy

Jorge E. Hardoy menyatakan bahwa suatu pemukiman dapat disebut kota jika memenuhi beberapa persyaratan. Adapun persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran populasi yang besar dan jumlah waktu dan tempat
  • Permanen
  • Memiliki fungsi perkotaan minimal, yaitu pasar, pusat pemerintahan, pusat militer, pusat keagamaan dan pusat intelektual.
  • Heterogenitas masyarakat
  • Pusat layanan lingkungan lokal (hinterland)
  • Tempat orang tinggal dan atau bekerja
  • Pusat kegiatan dan interaksi ekonomi

2). Max Weber

Menurut Max Weber, kota adalah tempat penduduknya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Ciri khas kota adalah pasar sebagai benteng dan memiliki sistem hukum tersendiri.

3). Ir Sutami

Ir Sutami juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian kota secara singkat. Beliau menyatakan bahwa kota adalah tempat pengumpulan, distribusi dan produksi.

4). Alan S. Burger

Menurut Alan S. Burger, kota adalah pemukiman permanen dengan penduduk yang heterogen. Kota juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terintegrasi membentuk suatu sistem sosial.

5). Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional

Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional mendefinisikan kota sebagai pusat pelayanan, produksi, distribusi dan kegiatan jasa. Dimana semua elemen tersebut mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.

6). John Brickerhoff Jackson

Menurut John Brickerhoff Jackson, kota adalah tempat tinggal manusia yang merupakan perwujudan dari perencanaan dan perancangan yang dipenuhi dengan berbagai elemen seperti bangunan, jalan dan ruang terbuka hijau.

7). Djoko Sujarto

Djoko Sujarto mendefinisikan kota sebagai pemukiman yang memiliki ciri-ciri khusus. Adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Demografi, yaitu kepadatan penduduk yang tinggi dengan kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.
  • Sosiologis, yaitu adanya sifat heterogen yang melingkupi kehidupan sosial masyarakat.
  • Ekonomi, yaitu adanya proporsi pekerjaan yang dominan di sektor non-pertanian seperti industri, perdagangan, jasa dan transportasi.
  • Fisik yang dalam hal ini didominasi oleh kawasan terbangun dan struktur terbangun.
  • Administrasi yang memiliki wilayah kewenangan dibatasi dan ditentukan oleh peraturan berlaku.

Ciri – Ciri Kota

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 1986 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 1986 tentang Batas Kota di Seluruh Indonesia, ciri-ciri kawasan perkotaan dapat dilihat dari aspek fisik dan sosial ekonomi.

1). Dari segi fisik, kawasan kota memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kawasan permukiman yang merupakan satu kesatuan dengan luas, jumlah bangunan, dan kepadatan bangunan yang relatif lebih tinggi dari kawasan sekitarnya.
  • Proporsi bangunan permanen di tempat itu lebih besar daripada di sekitarnya;
  • Memiliki fasilitas sosial ekonomi (sekolah, poliklinik, pasar, pertokoan, kantor pemerintahan) yang lebih banyak daripada daerah sekitarnya.

2). Dilihat dari aspek sosial ekonomi, kawasan kota memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki jumlah penduduk yang relatif besar dibandingkan dengan wilayah sekitarnya. Dimana dalam satu kesatuan wilayah terbangun berjumlah paling sedikit 20.000 jiwa di pulau Jawa, Madura dan Bali atau 10.000 jiwa di luar pulau-pulau tersebut.
  • Memiliki kepadatan penduduk yang relatif lebih banyak dari pada wilayah sekitarnya.
  • Memiliki proporsi penduduk yang bekerja di sektor non-pertanian lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah sekitarnya.
  • Merupakan pusat kegiatan ekonomi yang menghubungkan kegiatan pertanian di wilayah sekitarnya dan tempat pemasaran atau pengolahan bahan baku untuk kegiatan industri.

Kriteria Kota

Kriteria kota menurut Amos Rapoport ialah harus memenuhi 10 hal. Adapun 10 kriteria tersebut antara lain:

1). Ukuran dan jumlah penduduknya besar dalam hal massa dan tempat.

2). Bersifat permanen.

3). Kepadatan minimum terhadap massa dan tempat.

4). Struktur dan tata ruang kota ditunjukkan oleh ruang kota dan jalan yang nyata.

5). Tempat orang tinggal dan bekerja.

6). Fungsi perkotaan minimum tertentu, yang meliputi pasar, pusat pemerintahan atau pemerintahan, pusat militer, pusat keagamaan, atau pusat kegiatan intelektual bersama dengan lembaga-lembaga yang sama.

7). Heterogenitas dan perbedaan hierarkis dalam masyarakat.

8). Pusat ekonomi perkotaan yang menghubungkan kawasan pertanian di pinggir kota dan mengolah bahan baku untuk pemasaran yang lebih luas.

9). Pusat layanan untuk kawasan lingkungan setempat.

10). Pusat penyebaran, memiliki filosofi kehidupan urban dalam massa dan tempat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian kota menurut ahli, ciri dan kriteria kota.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai kota. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ashanty Dikabarkan Positif Omicron Sepulangnya dari Turki, Ini Kata Kemenkes

Penyanyi Ashanty dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari Turki. Istri dari musisi Anang Hermansyah itu kabarnya terpapar Covid-19 varian Omicron.…

Nahloh! Dituding Tak Dapat Restu Gegara Verrel Bramasta Pilih Liburan Bareng Ayah Kandung, Ferry Irawan Beberkan Sikap Anak Sulung Venna Melinda: Dia Cuma Bilang…

Heboh kabar Verrel Bramasta tak berikan restu untuk Ferry Irawan dengan Venna Melinda. Kabar tersebut bermula ketika Verrel Bramasta memilih…

Nasib Handphone Vanessa Angel Terbongkar, Haji Faisal Tegaskan Tak Akan Serahkan ke Doddy Sudrajat

Haji Faisal akhirnya membongkar nasib handphone Vanessa Angel yang sempat diminta oleh besannya, Doddy Sudrajat. Ternyata handphone Vanessa Angel kini…

7+ Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Analisis SWOT sering digunakan untuk menganalisis suatu masalah. Suatu masalah dapat dilihat secara komprehensif dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan…

Diam-diam Makan Hati Pacaran dengan Gisel? Kini Putus, Wijin Ternyata Pernah Ngaku Kewalahan dengan Sang Mantan: Harga Diri

Kisah cinta Wijin dan Gisel dikabarkan kandas. Padahal hubungan keduanya sudah terjalin tak lama sejak Gisel cerai dari Gading Marten.…

Roy Kiyoshi Sampai Kaget, Sosok Artis Tajir Ini Dijaga 3 Sosok Mistis di Setiap Kemewahan yang Dipunya: Ada yang Jagain

Sebuah pengelihatan mengejutkan diungkap oleh peramal, Roy Kiyoshi soal sosok artis tajir ini. Ditanya soal kekayaan yang dimiliki oleh sosok…

Iri? Sindiran Doddy Sudrajat pada Keluarga Faisal yang Liburan ke Bali, Ayah Mayang Langsung Diskakmat: Situ 40 Harian Gelar Konser

Ulah Doddy Sudrajat seolah tak ada habisnya, terutama jika menyenggol keluarga Faisal. Kali ini, Doddy Sudrajat diduga menyindir keluarga mendiang…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Bagikan Kabar Jutawan Cantik Ini Bunuh Diri, Hotman Paris Tulis Pesan Menyayat Hati: Beristirahatlah

Belum lama ini pengacara kondang Hotman Paris Hutapea membagikan kabar duka. Melansir Pos-kupang.com, sang pengacara kondang kehilangan sosok wanita cantik…

Pengertian Kewajiban, Jenis – Jenis, Bentuk dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Dalam hidup, tentu kita memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan. Baik kewajiaban beragama, dalam keluarga dan masyarakat, maupun pada diri sendiri.…

Batal Terharu, Nikita Mirzani Kira Beneran Dilamar Nikah, Sosok Pria Ini Malah Bikin Nyai Kelu: Masalahnya, Lo Siap Gak?

Ternyata ada pria di luar sana yang benar-benar siap menerima Nikita Mirzani sebagai istri. Sosok pria yang dimaksud adalah penyanyi…