Pengertian Kopi, Proses, Jenis-Jenis dan Manfaat Kopi

Subtitle goes here

By:

September 15, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Kopi, Senja dan naik gunung. Wah wah, buat yang tau ungkapan tersebut, sudah bisa disahkan sebagai anak indi…

Memang sekarang ini kopi tidak hanya hadir di warung yang berisikan bapak-bapak sambil makan kacang goreng ya. Sebab lebih dari itu, banyak kegiatan yang sudah wajib hukumnya didampingi oleh kopi.

Namun apakah kamu mengetahui pengertian kopi itu sendiri? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian, proses, jenis, macam-macam dan manfaat kopi berikut!

Pengertian Kopi

Jika melihat dari asal nama latinnya, kata kopi berasal dari bahasa Arab. Dalam kata qahwah yang memiliki arti kekuatan. Sebab diawal kehadiran kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Kata qahwah kembali berubah menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki. Kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Selanjutnya penggunaan kata koffie langsung diserap dalam bahasa Indonesia. Tak lan menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Pengertian Kopi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian kopi menurut para ahli, antara lain:

Bhara L.A.M (2005)

Pengertian kopi adalah sejenis tumbuhan yang dijadikan minuman. Dimana minuman ini memiliki sifat psikostimulan sehingga menyebabkan seseorang yang meminumnya tetap terjaga (susah tidur). Juga mampu mengurangi rasa lelah atau stress dalam bekerja dan memberikan efek fisiologis energi.

Saputra E (2008)

Saputra berpendapat bahwa yang dimaksud dari kopi adalah tanaman yang memiliki dua jenis utama. Yakni Coffea robusta dan Coffea Arabica.

Dimana kedua jenis kopi tersebut sangat digemari masyarakat, baik di dalam negeri maupun masyarakat di luar negeri.

Proses Kopi

Tentunya pengolahan kopi yang masih beerbentuk biji basah cukup pajang, sebelum dapat diminum.

Ringkasnya, dimulai dari memanen biji kopi yang sudah matang baik dengan mesin maupun dengan tangan. Kemudian mengolah biji kopi tersebut dan mengeringkannya sebelum menjadi kopi gelondongan.

Jenis – Jenis Kopi

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya ada 2 varietas utama. Yakni kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Dimana setiap jenis kopi memiliki keunikan dan pasarnya masing-masing. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kopi Arabika

Dikatakan bahwa kopi arabika ialah jenis kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Pada umumnya kopi ini ditanam di negara-negara dengan iklim tropis atau subtropis.

Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600–2000 m dpl dengan tinggi pohon hingga 3 meter jika kondisi lingkungan baik. Biji kopi yang dihasilkan cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah tua.

Kopi Robusta

Melihat dari sejarahnya, kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta bisa dikatakan kopi kelas 2, karena rasanya lebih pahit, sedikit asam dan mengandung kadar kafein yang jauh lebih tinggi.

Kopi robusta dapat tumbuh pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut serta tahan terhadap hama dan penyakit. Hal ini lah yang membuat kopi robusta lebih murah.

Kopi Luwak

Jenis kopi lainnya adalah turunan atau sub-varietas kopi Arabica dan Robusta Biasanya setiap daerah penghasil kopi memiliki keunikan tersendiri dan menjadikannya sebagai sub-varietas. Salah satu jenis kopi terkenal lainnya adalah kopi luwak. Kita paatut berbangga ya, sebab kopi luak ini adalah kopi asli Indonesia.

Macam – Macam Minuman Kopi

Saat sedang berada di sebuah kedai kopi pasti akan bingung ingin memesan kopi jenis apa. Nah, agar tidak salah pesan berikut berbagai minuman kopi yang bisa kamu coba!

  • Espresso, merupakan kopi hitam dengan aroma yang sangat kuat dan pekat. Kopi ini terbuat dari ekstrak biji kopi bubuk yang sering disebut dengan “shot”.
  • Americano, merupakan campuran kopi espresso yang ditambah dengan air panas. Rasanya masih pahit, sebab disajikan tanpa tambahan kacang dan krimer.
  • Cappucino, merupakan campuran dari espresso, susu dan busa susu. Tekstur cappuccino halus dan memiliki rasa yang sedikit manis.
  • Latte, yang memiliki komposisi kopi dan susu sebesar 3:1 dan lapisan busa susu lebih tipis. Latte ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba kopi dengan rasa yang manis.
  • Moccachino, merupakan jenis kopi yang merupakan campuran dari espresso, susu dan coklat.
  • Red Eye/ Black Eye, merupakan jenis kopi campuran antara espresso dengan kopi hitam. Rasa yang hadir dari kopi ini sangat pahit.
  • Affogatto biasanya disajikan bersama es krim dan segelas espresso.

Manfaat Kopi

Setelah memahami pengertian dari kopi, tentu kita bertanya mengenai manfaat kopi itu sendiri. Sebab manfaat yang banyak itu, bisa diklasifikasikan bagi kesehatan dan kecantikan. Adapun masing-masing poinnya adalah sebagai berikut:

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan stamina
  • Mencegah kanker
  • Kopi menjaga kesehatan mulut
  • Mengurangi risiko diabetes
  • Mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer
  • Mencegah Parkinson
  • Meningkatkan Mood

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

  • Kopi untuk masker wajah
  • Perawatan kulit kepala
  • Menyegarkan kulit tubuh
  • Penggunaan kopi untuk pedicure dan manicure
  • Bubuk kopi sangat baik untuk mengencangkan wajah

Demikian ulasan kami mengenai kopi yang membahas mulai dari pengertian, proses, jenis, macam-macam dan manfaat kopi.

Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya untuk lebih memahami mengenai kopi. Terimakasih sudah singgah dan terus semangat menjadi anak indi!

0 Comment

Comments closed.