Pengertian Komunikasi, Fungsi dan Jenis – Jenis Komunikasi

Subtitle goes here

By:

November 11, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Komunikasi Komunikasi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, terlebih lagi kita sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Namun tahukah kamu tau arti dari komunikasi itu sendiri? Untuk belajar bersama, mari kita bahas lebih lanjut Pengertian komunikasi, fungsi komunikasi serta jenis-jenis komunikasi berikut ini.

Pengertian Komunikasi

Pengertian secara etimologis, berasal dari bahasa latin “communicare” yang berarti “menyampaikan”. Secara umum pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi, baik itu pesan, gagasan, maupun gagasan, dari satu pihak ke pihak lain.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

2). Everett M Rogers dan Lawrence Kincaid

Menurut Everett M Rogers dan Lawrence Kincaid dalam buku Communication Network: Toward a New Paradigm for Research (1981), komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau bertukar informasi satu sama lain, yang pada gilirannya mengarah pada hubungan timbal balik yang mendalam. memahami.

3). Aristoteles

Komunikasi adalah bisnis yang berfungsi sebagai alat bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

Fungsi Komunikasi

Menurut Onong Uchjana Effendy dalam buku Science, Theory, and Philosophy of Communication (2003), ada empat fungsi komunikasi, yaitu:

1). Menyampaikan informasi

Komunikasi memungkinkan manusia untuk menyampaikan informasi. Misalnya, pengetahuan yang disampaikan melalui buku, berita yang disampaikan melalui televisi, hingga informasi pribadi yang disampaikan melalui media sosial.

2). Mendidik

Manusia tumbuh menjadi pribadi yang baik karena pendidikan yang disampaikan melalui komunikasi. Misalnya ketika kita masih bayi, ibu akan berkomunikasi dengan anaknya agar anak mengerti bahasa. Lalu komunikasi berlanjut ke sekolah, perguruan tinggi, hingga kehidupan masyarakat.

3). Menghibur

Komunikasi dapat menjadi alat untuk menghibur seseorang. Misalnya, menyampaikan simpati ketika seseorang sedang sedih, buku motivasi yang menghibur, acara televisi yang menyenangkan, serta musik dengan lirik yang menyemangati, semuanya merupakan bentuk komunikasi.

4). Mempengaruhi seseorang

Komunikasi dapat mempengaruhi tindakan dan pikiran seseorang sehingga munculnya peribahasa tidak kenal maka tidak sayang. Peristiwa pengenalan tersebut dilakukan dengan komunikasi.

Contoh lainnya adalah sosialisasi kesadaran lingkungan, yang merupakan bentuk komunikasi yang mempengaruhi orang lain untuk peduli terhadap lingkungan.

Jenis – Jenis Komunikasi

Jenis komunikasi terbagi lagi berdasarkan beberapa kategori seperti berdasarkan media penyampaian, ruang lingkup.

Berdasarkan media penyampaiannya

Jenis komunikasi dalam kategori media penyampaian ini dibedakan lagi menjadi komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Komunikasi verbal, merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk lisan untuk bertukar informasi. Contoh komunikasi verbal adalah percakapan tatap muka, percakapan telepon danjuga pidato.
  • Komunikasi nonverbal, merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk yang tidak diucapkan. Contoh komunikasi nonverbal adalah komunikasi melalui tulisan seperti surat menyurat, membaca buku, surat kabar, dan website. Bahasa isyarat juga merupakan bentuk komunikasi nonverbal karena tidak menggunakan isyarat lisan melainkan isyarat tubuh.

Berdasarkan ruang lingkupnya

Jenis komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya ini juga dibedakan menjadi komunikasi internal dan komunikasi eksternal, diantaranya kami jelaskan sebagai berikut:

  • Komunikasi internal juga memiliki tiga unsur, yaitu:
    a). Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dan orang-orang yang kedudukannya lebih rendah dalam suatu organisasi. Misalnya, komunikasi antara kepala sekolah dan guru.
    b). Komunikasi horizontal adalah komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang memiliki kedudukan yang setara dalam suatu organisasi. Misalnya, komunikasi antara sesama siswa di sekolah yang sama.
    c). Komunikasi diagonal adalah komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang berbeda kedudukan tetapi tidak pada jalur yang sama sehingga tidak memiliki wewenang untuk saling mempengaruhi. Misalnya, komunikasi antara anggota satu departemen dengan kepala departemen yang tidak berada di bidangnya.
  • Komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi kepada publik, misalnya konferensi pers, pameran dan publikasi, program TV dan radio, layanan sosial.

Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Berdasarkan cara penyampaiannya, jenis komunikasi dibedakan menjadi dua, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Komunikasi lisan, merupakan komunikasi yang berlangsung secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti. Contoh komunikasi verbal termasuk pertemuan dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang berbicara. Namun seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi lisan juga dapat terjadi dalam jarak jauh. Misalnya, percakapan melalui telepon, dan panggilan video.
  • Komunikasi tertulis atau tertulis adalah komunikasi dengan media tertulis, biasanya dilakukan melalui aplikasi atau media teknologi. Misalnya, mengirim pesan melalui email, mengobrol melalui aplikasi WhatsApp, Telegram dan sebagainya.

Demikian artikel kami tentang pengertian komunikasi lengkap beserta fungsi dan jenisnya. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan Anda tentang komunikasi. Terima kasih telah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.