Pengertian Komunikasi Data, Jenis, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Sistem Komunikasi Data

Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua atau lebih perangkat melalui media transmisi seperti kabel.

Agar komunikasi data dapat terjadi, perangkat harus saling berkomunikasi atau terhubung satu sama lain sebagai bagian dari sistem komunikasi, perangkat terdiri dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komunikasi data, yuk simak informasi yang akan kami berikan di bawah ini.

Pengertian Komunikasi Data

Secara umum, komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perangkat seperti komputer, laptop atau printer dan beberapa alat komunikasi lainnya.

Komunikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu communication, sedangkan secara etimologis berasal dari bahasa latin yaitu Communis yang artinya berbagi atau memiliki bersama.

Dapat diartikan jika pengertian komunikasi adalah proses membangun saling pengertian dan menciptakan serta menggunakan informasi sehingga dapat dihubungkan satu sama lain. Secara bahasa, informasi berarti data yang memiliki arti.

Sedangkan data diambil dari kata datum yang berarti bahan atau kumpulan fakta yang digunakan untuk keperluan analisis. Komunikasi adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu seperti kabel.

Untuk data yang menggunakan komputer, transmisi data menggunakan sistem transmisi elektronik yang sering disebut dengan komunikasi data. Sedangkan data adalah informasi yang disajikan dengan angka biner 0 dan 1 isyarat.

Jenis – Jenis Komunikasi Data

Komunikasi data sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu terestrial dan satelit. Berikut ini kami berikan penjelasannya:

1). Komunikasi Data Terestrial

Jenis komunikasi data yang pertama adalah komunikasi data terestrial yang menggunakan media kabel sebagai aksesnya sehingga biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur juga cukup tinggi.

2). Komunikasi Data Satelit

Jenis komunikasi data yang kedua adalah komunikasi data satelit yang menggunakan satelit sebagai aksesnya.

Cakupan area akses satelit ini jauh lebih luas dan dapat menjangkau lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan untuk dibangun infrastruktur terestrial, namun sehingga proses komunikasi dapat memakan waktu yang lama.

Komponen Komunikasi Data

Komunikasi data terdiri dari beberapa komponen seperti sumber atau sumber, pengirim atau pemancar, sistem transmisi, penerima atau penerima dan tujuan atau tujuan. Berikut ini penjelasannya:

1). Sumber (source)

Sumber adalah komponen yang menghasilkan data atau informasi yang akan dikirimkan dalam bentuk perangkat input pada komputer.

Alat ini dapat mengubah informasi audio atau suara, video atau teks menjadi unit data untuk diproses dalam sistem komputer seperti telepon dan komputer.

2). Pengirim (transmitter)

Pengirim atau transmitter merupakan alat yang berguna untuk mengolah data yang berasal dari sumber atau source dan nantinya akan disalurkan ke sistem transmisi.

Untuk bentuk fisiknya dapat berupa komputer pribadi yang dapat memproses semua perangkat telepon untuk berkomunikasi dengan informasi dalam bentuk audio atau suara, contoh lain modem memiliki fungsi menyalurkan aliran bit digital dari perangkat yang telah siap.

3). Sistem Transmisi

Sistem transmisi adalah saluran penghubung antara sistem sumber dan sistem tujuan dari media yang digunakan, misalnya kabel dan gelombang elektromagnetik berupa saluran transmisi tunggal (single transmission) atau jaringan kompleks (complex line).

Jalur transmisi tunggal adalah antara perangkat penerima dan pengirim dari satu jenis media dalam segmen jaringan.

Sedangkan jalur kompleksnya adalah perangkat penerima dan pengirim dihubungkan oleh satu sistem.

4). Penerima (receiver)

Receiver atau penerima merupakan alat yang berguna untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan nantinya akan diolah untuk dijadikan sebagai informasi.

Salah satu contohnya adalah modem yang berfungsi sebagai penerima yang akan menerima sinyal analog dari jaringan transmisi yang kemudian mengubahnya menjadi aliran bit digital sehingga dapat diterjemahkan dan dibaca oleh komputer.

5). Tujuan (destination)

Destination adalah salah satu komponen yang menerima informasi yang telah dikirimkan oleh penerima atau penerima kemudian diubah menjadi informasi yang sama pada saat akan dikirimkan.

Karakteristik Dasar Komunikasi Data

Efektivitas suatu sistem komunikasi data akan tergantung pada empat karakteristik dasar, yaitu pengiriman, akurasi, ketepatan waktu dan jitter. Berikut ini penjelasannya:

1). Pengiriman

Sistem harus menyediakan data ke tujuannya yang kemudian data harus diterima oleh perangkat atau pengguna yang dituju dan hanya oleh perangkat atau pengguna tersebut

2). Akurasi

Sistem nanti harus menyediakan data yang akurat dan data yang telah diubah dalam transmisi akan meninggalkan sumbernya. Sementara itu, data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.

3). Timeliness atau tepat waktu

Sistem harus mengirimkan data pada waktu yang tepat, jika terlambat maka data tidak dapat digunakan.

Dalam hal video dan audio, pengiriman tepat waktu berarti pengiriman data seperti yang dihasilkan atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama seperti yang dibuat dan tanpa penundaan yang signifikan atau dikenal sebagai pengiriman transmisi waktu nyata.

4). Jitter

Mengacu pada variasi waktu kedatangan paket, yaitu penundaan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video.

Misalnya, paket video dikirim setiap 3D ms, jika beberapa paket datang dengan penundaan 3D ms dan yang lain dengan penundaan 4D ms, itu akan menghasilkan kualitas video yang tidak merata.

Fungsi dan Tujuan Komunikasi Data

Ada beberapa fungsi dan tujuan komunikasi data yang tentunya dapat membantu aktivitas manusia, beberapa di antaranya adalah:

1). Lebih efisien untuk mengirimkan data dalam jumlah besar tanpa kesalahan dan juga lebih ekonomis.

2). Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jarak jauh atau penggunaan komputer jarak jauh.

3). Mendukung manajemen masalah kontrol karena memungkinkan penggunaan sistem komputer terpusat atau tersebar

4). Memungkinkan orang dan bisnis memiliki lokasi geografis yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.

5). Kemungkinan pengelolaan data dan pengelolaan data pada berbagai sistem komputer dapat terjadi.

6). Untuk mendapatkan data secara langsung dari sumbernya atau untuk mendapatkan database saat data sedang dibuat atau online.

7). Untuk mengurangi waktu pemrosesan data atau dengan kata lain lebih menghemat waktu.

8). Untuk mempercepat penyebaran informasi.

Sistem Komunikasi Data

Nah, dalam komunikasi data juga ada sistemnya diantaranya akan kami jelaskan dibawah ini!

1). Point to point Communications

Point to Point Communications atau Point to point adalah sistem komunikasi data dimana informasi dari sumber hanya ditujukan kepada satu titik penerima. Beberapa contoh system ini adalah: fax, telepon dan telegram.

2). Multi Communications

Multi Communications atau Point to multiple receivers adalah sistem komunikasi data dimana informasi dari sumber ditujukan ke beberapa titik penerima saja. Salah satu contohnya adalah: jaringan dengan switch.

3). Broadcasting Communications

Komunikasi broadcasting atau komunikasi data menyebar, yaitu informasi yang diberikan oleh sumber dapat diterima oleh semua titik yang terhubung tanpa terkecuali. Contoh system komunikasi ini adalah siaran radio, televisi, siaran.

Demikian artikel kami mengenai pengertian komunikasi data lengkap dengan jenis, komponen, karakteristik, fungsi tujuan dan sistem komunikasi data.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai komunikasi data. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Uang Rp 5,4 Miliar Ditransfer ke Rekening Lina, Terkuak Sumber Dana Pembelian Kos-kosan 32 Pintu yang Diakui Milik Teddy, Rizky Febian Bakal Menang Telak?

Terungkap fakta lain di balik pengakuan Teddy sebagai pemilik kos-kosan 32 pintu warisan mendiang Lina. Diberitakan sebelumnya, Teddy melaporkan Rizky…

Lirik Lagu Karo Mecek Pusuh – Gitarena Ginting

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Selalu Tampil Bahagia, Sosok ini Sebut Luna Maya Sempat Nyaris Lompat dari Tangga, Penyebabnya Hanya Gara-gara ini

Sebagai publik figur, Luna Maya sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Mantan kekasih Ariel NOAH tersebut telah menjajal…

Lirik Lagu Batak Borungku Si Derita – Marios Group

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

‘Sesuai Ramalan Rara’ Bak Besar Kepala! Ngaku Ramalannya Soal Penemuan Eril Tepat Sasaran, Mbak Rara Pawang Hujan Langsung Sentil MUI yang Sempat Mengecam Keras: Tanpa Bermaksud Sombong

Ia sebelumnya mendapatkan kecaman dari banyak pihak. Pasalnya, ditengah harapan dan duka mendalam keluarga Ridwan Kamil, ia muncul dengan membeberkan…

Lirik Lagu Until I Found You – Stephen Sanchez

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Awalnya Koar-koar, Kini Nikita Mirzani Hancur Terancam 12 Tahun Penjara, Kondisinya Memprihatinkan

Nikita Mirzani sedih diperlakukan bak penjahat. Kabar kurang mengenakkan datang dari Nikita Mirzani. Nikita Mirzani, kekasih John Hopkins saat ini…

Rara Pawang Hujan Mengaku Dapat Peringatan Keras Dari Arwah Eril Saat Mereka Ngobrol: Mas Eril Ini Gentleman Jangan Disepelekan!

Rara Pawang hujan mengaku dapat peringatan keras dari arwah Eril atau Emmeril Kahn Mumtadz saat ngobrol dengannya, bahkan putra Gubernur…

Lirik Lagu Aku dan Dirimu – Ari Lasso feat Bunga Citra Lestari

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu El Shaddai yang Dinyanyikan oleh Henry Manuputty

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…