Pengertian Komunikasi Data, Jenis, Komponen, Karakteristik, Fungsi Tujuan dan Sistem Komunikasi Data

Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua atau lebih perangkat melalui media transmisi seperti kabel. Agar komunikasi data dapat terjadi, perangkat harus saling berkomunikasi atau terhubung satu sama lain sebagai bagian dari sistem komunikasi, perangkat terdiri dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komunikasi data, yuk simak informasi yang akan kami berikan di bawah ini.

Pengertian Komunikasi Data

Secara umum, komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perangkat seperti komputer, laptop atau printer dan beberapa alat komunikasi lainnya. Komunikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu communication, sedangkan secara etimologis berasal dari bahasa latin yaitu Communis yang artinya berbagi atau memiliki bersama. Dapat diartikan jika pengertian komunikasi adalah proses membangun saling pengertian dan menciptakan serta menggunakan informasi sehingga dapat dihubungkan satu sama lain. Secara bahasa, informasi berarti data yang memiliki arti.

Sedangkan data diambil dari kata datum yang berarti bahan atau kumpulan fakta yang digunakan untuk keperluan analisis. Komunikasi adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu seperti kabel. Untuk data yang menggunakan komputer, transmisi data menggunakan sistem transmisi elektronik yang sering disebut dengan komunikasi data. Sedangkan data adalah informasi yang disajikan dengan angka biner 0 dan 1 isyarat.

Jenis-Jenis Komunikasi Data

Komunikasi data sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu terestrial dan satelit. Berikut ini kami berikan penjelasannya:

  • Komunikasi Data Terestrial

Jenis komunikasi data yang pertama adalah komunikasi data terestrial yang menggunakan media kabel sebagai aksesnya sehingga biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur juga cukup tinggi.

  • Komunikasi Data Satelit

Jenis komunikasi data yang kedua adalah komunikasi data satelit yang menggunakan satelit sebagai aksesnya. Cakupan area akses satelit ini jauh lebih luas dan dapat menjangkau lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan untuk dibangun infrastruktur terestrial, namun sehingga proses komunikasi dapat memakan waktu yang lama.

Komponen Komunikasi Data

Komunikasi data terdiri dari beberapa komponen seperti sumber atau sumber, pengirim atau pemancar, sistem transmisi, penerima atau penerima dan tujuan atau tujuan. Berikut ini penjelasannya:

  • Sumber (source)

Sumber adalah komponen yang menghasilkan data atau informasi yang akan dikirimkan dalam bentuk perangkat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio atau suara, video atau teks menjadi unit data untuk diproses dalam sistem komputer seperti telepon dan komputer.

  • Pengirim (transmitter)

Pengirim atau transmitter merupakan alat yang berguna untuk mengolah data yang berasal dari sumber atau source dan nantinya akan disalurkan ke sistem transmisi. Untuk bentuk fisiknya dapat berupa komputer pribadi yang dapat memproses semua perangkat telepon untuk berkomunikasi dengan informasi dalam bentuk audio atau suara, contoh lain modem memiliki fungsi menyalurkan aliran bit digital dari perangkat yang telah siap.

  • Sistem Transmisi

Sistem transmisi adalah saluran penghubung antara sistem sumber dan sistem tujuan dari media yang digunakan, misalnya kabel dan gelombang elektromagnetik berupa saluran transmisi tunggal (single transmission) atau jaringan kompleks (complex line).

Jalur transmisi tunggal adalah antara perangkat penerima dan pengirim dari satu jenis media dalam segmen jaringan. Sedangkan jalur kompleksnya adalah perangkat penerima dan pengirim dihubungkan oleh satu sistem.

  • Penerima (receiver)

Receiver atau penerima merupakan alat yang berguna untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan nantinya akan diolah untuk dijadikan sebagai informasi.

Salah satu contohnya adalah modem yang berfungsi sebagai penerima yang akan menerima sinyal analog dari jaringan transmisi yang kemudian mengubahnya menjadi aliran bit digital sehingga dapat diterjemahkan dan dibaca oleh komputer.

  • Tujuan (destination)

Destination adalah salah satu komponen yang menerima informasi yang telah dikirimkan oleh penerima atau penerima kemudian diubah menjadi informasi yang sama pada saat akan dikirimkan.

Karakteristik Dasar Komunikasi Data

Efektivitas suatu sistem komunikasi data akan tergantung pada empat karakteristik dasar, yaitu pengiriman, akurasi, ketepatan waktu dan jitter. Berikut ini penjelasannya:

  • Pengiriman

Sistem harus menyediakan data ke tujuannya yang kemudian data harus diterima oleh perangkat atau pengguna yang dituju dan hanya oleh perangkat atau pengguna tersebut

  • Akurasi

Sistem nanti harus menyediakan data yang akurat dan data yang telah diubah dalam transmisi akan meninggalkan sumbernya. Sementara itu, data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.

  • Timeliness atau tepat waktu

Sistem harus mengirimkan data pada waktu yang tepat, jika terlambat maka data tidak dapat digunakan. Dalam hal video dan audio, pengiriman tepat waktu berarti pengiriman data seperti yang dihasilkan atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama seperti yang dibuat dan tanpa penundaan yang signifikan atau dikenal sebagai pengiriman transmisi waktu nyata.

  • Jitter

Mengacu pada variasi waktu kedatangan paket, yaitu penundaan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video. Misalnya, paket video dikirim setiap 3D ms, jika beberapa paket datang dengan penundaan 3D ms dan yang lain dengan penundaan 4D ms, itu akan menghasilkan kualitas video yang tidak merata.

Fungsi dan Tujuan Komunikasi Data

Ada beberapa fungsi dan tujuan komunikasi data yang tentunya dapat membantu aktivitas manusia, beberapa di antaranya adalah:

  • Lebih efisien untuk mengirimkan data dalam jumlah besar tanpa kesalahan dan juga lebih ekonomis.
  • Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jarak jauh atau penggunaan komputer jarak jauh.
  • Mendukung manajemen masalah kontrol karena memungkinkan penggunaan sistem komputer terpusat atau tersebar
  • Memungkinkan orang dan bisnis memiliki lokasi geografis yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.
  • Kemungkinan pengelolaan data dan pengelolaan data pada berbagai sistem komputer dapat terjadi.
  • Untuk mendapatkan data secara langsung dari sumbernya atau untuk mendapatkan database saat data sedang dibuat atau online.
  • Untuk mengurangi waktu pemrosesan data atau dengan kata lain lebih menghemat waktu.
  • Untuk mempercepat penyebaran informasi.

Sistem Komunikasi Data

Nah, dalam komunikasi data juga ada sistemnya diantaranya akan kami jelaskan dibawah ini!

  • Point to point Communications

Point to Point Communications atau Point to point adalah sistem komunikasi data dimana informasi dari sumber hanya ditujukan kepada satu titik penerima. Beberapa contoh system ini adalah: fax, telepon dan telegram.

  • Multi Communications

Multi Communications atau Point to multiple receivers adalah sistem komunikasi data dimana informasi dari sumber ditujukan ke beberapa titik penerima saja. Salah satu contohnya adalah: jaringan dengan switch.

  • Broadcasting Communications

Komunikasi broadcasting atau komunikasi data menyebar, yaitu informasi yang diberikan oleh sumber dapat diterima oleh semua titik yang terhubung tanpa terkecuali. Contoh system komunikasi ini adalah siaran radio, televisi, siaran.

Demikian artikel kami mengenai pengertian komunikasi data lengkap dengan jenis, komponen, karakteristik, fungsi tujuan dan sistem komunikasi data. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai komunikasi data. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…