Pengertian Komunikasi Bisnis, Elemen dan Jenis Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis yang jelas dan efektif sangat penting bagi karyawan, manajer dan pemimpin bisnis untuk melakukan pekerjaan mereka dan memenuhi tanggung jawab mereka.

Dimana tanpa proses dan alat yang tepat, masalah serius bagi bisnis berkisar dari karyawan yang tidak puas, pelanggan yang tidak puas atau bahkan kehilangan keuntungan.

Maka tak heran jika komunikasi bisnis merupakan jalur penting dalam perusahaan. Untuk itu, mari simak ulasan mengenai pengertian komunikasi bisnis menurut ahli, elemen dan jenis komunikasi bisnis berikut!

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, antara lain.

1). Katz

Katz berpendapat bahwa komunikasi bisnis adalah pertukaran ide, pesan dan konsep. Dimana ketiga hal tersebut berkaitan dengan pencapaian seperangkat tujuan komersial. Artinya, komunikasi dilakukan untuk mencapai tujuan agar terjadi perdagangan.

2). Djoko Purwanto

Dalam bukunya Djoko Purwanto mengemukakan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang terdiri dari berbagai bentuk komunikasi, baik verbal maupun non-verbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan bisnis komunikator.

3). Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, komunikasi bisnis adalah proses pertukaran ide atau pendapat, informasi, perintah dan sejenisnya. Diungkapkan baik secara pribadi maupun tidak melalui tanda atau simbol tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan tertentu.

4). William C. Himstreet

Menurut William C. Himstreet dan rekan-rekannya, komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (digunakan, diketahui, digunakan). Baik dengan simbol, sinyal, atau perilaku atau tindakan yang dapat dipahami oleh pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi.

5). Wyne Murlin Baty

Wyne Murlin Baty adalah orang yang membantu Himstrees merumuskan komunikasi bisnis. Seperti rekan-rekannya, ia juga berpendapat bahwa komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (digunakan, diketahui, digunakan) baik dengan simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan.

6). Anwar Arifin

Menurut Anwar Arifin, komunikasi bisnis merupakan sebuah konsep yang memiliki banyak arti. Makna ini dapat dibedakan dengan melihat komunikasi bisnis sebagai proses sosial, dalam hal ini komunikasi bisnis dipelajari dalam ilmu-ilmu sosial. Ilmuwan sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi bisnis untuk mengetahui hubungan antara pesan dan perilaku seseorang dalam suatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia tertentu.

7). Bernard Barelson

Menurut Bernard Barelson dan kawan-kawan, komunikasi bisnis adalah transfer informasi, ide, emosi, keterampilan dan sebagainya. Dengan menggunakan simbol, kata, gambar, angka, grafik,
dan sebagainya dalam lingkup dunia bisnis.

Elemen Komunikasi Bisnis

Setelah melihat pengertian dan jenis komunikasi bisnis menurut ahli, ada hal lain yang penting untuk pebisnis ketahui.

Sebab komunikasi bisnis akan berjalan dengan baik jika terdapat unsur-unsur berikut:

1). Tujuan komunikasi, dalam berkomunikasi tentunya harus ada tujuan yang disampaikan.

2). Pertukaran pikiran

3). Informasi, ide, pendapat atau instruksi yang merupakan isi pesan.

4). Saluran pribadi atau impersonal.

5). Sinyal atau simbol, sebagai alat dan metode yang dapat dipahami dan dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.

6). Pencapaian tujuan, sebagai hasil akhir.

Jenis – Jenis Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis, terdapat jenis komunikasi yang memiliki pengertiannya masing-masing. Adapun jenis komunikasi bisnis tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut:

1). Komunikasi Internal ke Atas

Komunikasi bisnis internal ke atas adalah komunikasi yang datang dari bawahan kepada manajer atau individu dalam hierarki perusahaan.

Setiap pemimpin harus membiarkan informasi mengalir ke atas untuk memiliki pemahaman yang benar tentang operasi bisnis.

Komunikasi ke atas internal biasanya mencakup survei, umpan balik, formulir, dan laporan yang diserahkan karyawan kepada manajer atau pemimpin tim mereka.

Contohnya adalah laporan pemasaran dapat menyertakan statistik seperti total pengunjung situs web, keterlibatan media sosial atau total prospek yang dihasilkan.

2). Komunikasi Internal Turun

Komunikasi internal turun ini mengalir dari atasan satu taraf di bawahnya. Jenis komunikasi ini dapat berupa surat, memo atau arahan verbal.

Dimana saat berkomunikasi dengan karyawan, pemimpin harus menjaga komunikasi tetap professional juga jelas.

Contoh jenis komunikasi ini dapat mencakup memo tentang prosedur operasi perusahaan baru seperti persyaratan keselamatan dan peraturan baru.

3). Komunikasi Bisnis Internal Lateral

Komunikasi internal lateral ini bisa terjadi di antara karyawan di tempat kerja. Ditambahlagi saat ini, ada banyak cara karyawan dapat berkomunikasi meliputi obrolan, pesan dan email.

Jenis komunikasi ini dapat berada di dalam atau antar departemen dan terjadi lebih teratur daripada jenis komunikasi lainnya.

4). Komunikasi Eksternal

Komunikasi bisnis eksternal ialah setiap komunikasi yang terjadi dengan pihak luar. Seperti pelanggan, prospek, vendor atau mitra dan tidak seperti semua jenis komunikasi internal, komunikasi eksternal terjadi secara kurang teratur.

Demikian artikel kami mengenai pengertian komunikasi bisnis menurut ahli, elemen dan jenis komunikasi bisnis.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai komunikasi bisnis. Terimakasih sudah berkunjung

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.