Pengertian Komputer, Sejarah, Komponen dan Fungsi Komputer

Perkembangan teknologi saat ini tentu memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah komputer yang kamu nikmati hingga saat ini. Kecanggihannya membuatnya seolah-olah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tahukah kamu arti dari komputer itu sendiri? Untuk belajar bersama, mari simak ulasan berikut tentang pengertian komputer, sejarah, komponen serta fungsi komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin “computāre” yang artinya menghitung. Secara umum komputer dapat didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang digunakan untuk melakukan perhitungan data berupa memasukkan data (input), mengolah data (proses), dan menghasilkan informasi (output) dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tertentu.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Komputer adalah perangkat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data numerik, suara dan gambar.

2). Robert H Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima masukan, mengolah masukan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan mengolah hasil, serta memberikan keluaran berupa informasi.

3). V.C Hamacher

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Sejarah Lahirnya Komputer

Sejarah komputer erat kaitannya dengan perhitungan aritmatika. Pada zaman dahulu, fungsi komputer adalah sebagai alat bantu untuk perhitungan manusia.

Seorang matematikawan bernama Charles Babbage dari Inggris adalah orang pertama di dunia yang menulis surat kepada para ahli di Kerajaan Inggris untuk mengembangkan alat penghitung mekanis, yaitu komputer.

Dia mengungkapkan pemikiran ini secara eksplisit dalam sebuah surat berjudul Catatan tentang Penggunaan Mesin dalam Perhitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Ia mengirimkan surat tersebut pada tanggal 14 Juni 1822.

Ide Charles dilatarbelakangi oleh masalah bahwa orang-orang pada waktu itu sering melakukan kesalahan aritmatika meskipun telah menggunakan tabel matematika.

Maka ia ingin mengembangkan mesin hitung mekanis yang terinspirasi dari pengembangan mesin hitung yang dilakukan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

Namun mesin komputer yang dikembangkan Charles belum selesai dan dilanjutkan oleh anaknya. Bagian dari mesin diferensial yang dirakit oleh putranya sekarang dapat dilihat di London Science Museum.

Selain anaknya yang membantu merakit, ide tersebut dikembangkan oleh berbagai pihak hingga menjadi komputer canggih yang kita kenal sekarang.

Komponen Komputer

Berikut dibawah ini komponen komputer, antara lainn.

Komponen Utama

Sebuah komputer terdiri dari 3 komponen utama, yaitu:

1). Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras komputer adalah bagian dari sistem komputer yang merupakan perangkat yang dapat disentuh dan dilihat secara fisik serta perangkat yang menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software). Contoh perangkat keras seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard.

2). Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah berbagai program dan sistem operasi yang berisi instruksi-instruksi yang berkaitan dengan pengoperasian komputer atau perangkat keras yang terkait. perangkat lunak tidak dapat dilihat secara fisik tetapi dapat dioperasikan.

3). Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Komponen Pendukung

Selain ketiga komponen utama diatas, ada juga beberapa komponen pendukung kompuer lainnya. Adapun beberapa komponen tersebut antara lain:

1). Komponen Masukan/input

Komponen input adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas-tugas yang akan diberikan kepada komputer. Berikut beberapa komponen input

  • Keyboard
    Keyboard merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan input berupa data alfanumerik dan interpretasi lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 sampai 9, dan perintah lainnya.
  • Mouse
    Mouse merupakan penghubung antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai penunjuk pada layar monitor.
  • Trackpad
    Sebenarnya, tracpad ini fungsinya sama dengan mouse, hanya saja berbeda bentuk dengan mouse yang biasa kita gunakan.
  • Pena
    Catatannya, pena hanya ada bila layar yang digunakan adalah layar sentuh. Fungsinya seperti sama seperti mouse, yakni untuk memberikan perintah cukup tekan ujung pena di layar.
  • Mikrofon
    Microfon merupakan komponen yang memberikan input berupa suara.
  • Scanner
    Scanner ini biasanya digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer ke dalam file digital.

2). Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang berfungsi untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna untuk kemudian ditampilkan pada komponen keluaran. Beberapa komponen proses adalah sebagai berikut:

  • Prosesor merupakan komponen utama untuk pemrosesan data
  • Motherboard merupakan komponen yang merupakan tempat semua komponen berhubungan. Seperti hubungan antara komponen input, proses dan output.
  • Hard Disk merupakan media penyimpanan semua interpretasi yang dibutuhkan oleh komputer yang bersifat permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
  • Memory (RAM) yang digunakan untuk menyimpan sementara semua aktivitas komputer.

3). Komponen Keluaran/ Output

Komponen keluaran berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah-perintah yang telah diproses sebelumnya. Beberapa komponen keluaran adalah sebagai berikut:

  • Monitor merupakan komponen yang menampilkan proses yang sedang dilakukan oleh komputer.
  • Printer berfungsi untuk mencetak data ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker biasanya digunakan untuk memberikan output audio kepada pengguna.

Fungsi Komputer

Pada prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, antara lain:

1). Pengolahan Data (Data Processing)

Komputer digunakan untuk mengolah data sehingga dapat menghasilkan keluaran berupa informasi. Data yang diolah umumnya berupa data berupa dokumen, teks, suara, kata-kata, objek, video, gambar dan grafik.

2). Penyimpanan Data

Komputer berfungsi untuk mengamankan dan menggunakan kembali data. Komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya saat menggunakan Ms. Word kita bisa menyimpan data ke harddisk dan juga bisa mengambil data tersebut.

3). Transfer data

Komputer juga dapat mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain atau perangkat output lainnya.

4). Kontrol

Komputer dapat digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa sistem seperti pengatur lampu lalu lintas, pengoperasian elevator dan eskalator, kendali kamera CCTV, kendali jaringan, kendali mekanisme pabrik dan lain-lain.

Demikian artikel kami mengenai pengertian komputer lengkap dengan sejarah komputer, komponen komputer serta fungsi komputer . Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai komputer. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Sempat DIkabarkan Hilang, Sosok Mantan Putri Indonesia Ini Disebut Bakal Dipenjara Gegara Aniaya Ibu Kandungnya, Begini Kronologinya!

Mantan Puteri Indonesia, Frederika Cull Ini Terancam jadi Tersangka setelah disebut-sebut melakukan penganiayaan pada ibu kandung. Frederika Cull sempat jadi…

Bak Diludahi di Depan Muka! Sosok Ini Singgung Rumah Tangga Ayu Ting Ting yang Hancur Lebur saat Beri Doa untuk Ria Ricis: Belajarlah dari Ayu

Ayu Ting Ting baru-baru ini menjadi sorotan saat menghadiri acara resepsi pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan. Tak seperti biasanya,…

‘Selamat Jalan Sahabat’, Dulu Sempat Diminta Tolong Beli Rokok Kini Kawan Dekat, Arya Saloka Langsung Kirim Doa Begini untuk Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Salah satunya ialah bintang Ikatan…

Pengertian Reformasi, Syarat, Tujuan dan Reformasi di Indonesia

Tentunya kita sudah sering mendengar kata reformasi. Terlebih melalui kisah yang diceritakan oleh orang tua maupun televisi mengenai revormasi di…

Nyesel Terlanjur Jadi Suami Wanita Seusia Ibunya? Fadel Islami Berikan Peringatan Soal Pemuda yang Ingin Menikah dengan Janda: ‘Jangan Coba-coba’

Sosok Fadel Islamimemang tak pernah luput dari sorotan. Hal itu terjadi semenjak ia menikah dengan Muzdalifah. Pasalnya, ia dan sang…

Pengertian Media Sosial, Ciri – Ciri, Manfaat dan Dampak Media Sosial

Saat ini, setiap orang bisa dengan mudah ntuk mengakses yang namanya media sosial di mana saja dan kapan saja hanya…

Bak Bangkai yang Tersimpan Rapat! Andre Taulany Akhirnya Bongkar Kondisi Rumah Tanganya: Ya Kalau Bosan…

Hampir 15 tahun menjalani rumah tangga harmonis, hubungan Andre dan sang istri sempat diterpa isu perceraian. Kabar tersebut berhembus setelah…

Sehidup Semati, Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan di Satu Liang Lahat

Kisah cinta artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri "Bibi" Andriansyah sehidup semati. Kini keduanya akan dikebumikan dalam satu liang lahat…

Tetangga Sampai Curiga, Rohimah Akhirnya Jujur, Ungkap Alasan Kiwil Sering Tidur di Rumahnya Meski Sudah Cerai

Meski sudah bercerai, Kiwil rupanya masih berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan mantan istri pertamanya, Rohimah. Resmi bercerai pada 10…

Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan salah satu dampak dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Segala hal yang berhubungan dengan kegiatan kini menjadi…