Pengertian Keyboard, Jenis-Jenis dan Fungsi Keyboard

Mungkin di era modern ini kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, karena yang sering menggunakan komputer pasti akan menggunakan benda yang satu ini.

Keyboard merupakan alat bantu eksternal yang sangat penting untuk memudahkan dan membantu pengguna dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan komputer.

Terdiri dari berbagai huruf, angka dan simbol pendukung lainnya, keyboard juga memudahkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Dengan keyboard pengguna dapat memaksimalkan pengoperasian komputer. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keyboard, mari kita lihat informasi yang akan kami berikan di bawah ini.

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka dan simbol.

Pengertian lain dari keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol dimana tombol-tombol tersebut berfungsi berbeda-beda tergantung dari penekanannya yang dapat menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan pemakainya.

Seiring dengan perkembangan zaman, keyboard juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari tampilan hingga bentuk fisiknya yang semakin ringan dan kecil. Selain sebagai alat untuk menginput data, keyboard juga memiliki beragam fungsi tombol dengan kombinasi khusus.

Umumnya ada 2 jenis port keyboard pada komputer diantaranya PS2 dan USB, namun seiring berkembangnya teknologi, kini ada keyboard yang menggunakan wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Jenis – Jenis Keyboard

Jenis keyboard memang beragam, mulai dari bentuk fisik hingga fungsi keyboard pada komputer.

Pembuatan perangkat keras berupa keyboard memiliki banyak kelebihan sesuai dengan fungsinya. Ada keyboard berupa Qwerty, Maltron, Dvorak, Alphabetic, Klockenberg, Palantype dan Numeric.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis keyboard untuk komputer:

1). Keyboard QWERTY

Untuk keyboard yang pertama, ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Terdapat urutan qwerty pada baris kedua dari tombol huruf pada keyboard ini, membuat hardware ini familiar.

Tata letak surat ini ditemukan pada tahun 1878 oleh Christopher Latham Sholes. Selain penemu keyboard qwerty, Chirstoper juga merupakan penemu mesin ketik. Pada tahun 1905 keyboard qwerty menjadi standar untuk mesin ketik komersial.

2). Keyboard Maltron

Keyboard yang satu ini mungkin jarang kamu lihat. Memiliki bentuk fisik yang sangat berbeda dengan keyboard lainnya, membuat keyboard ini mudah untuk dikenali.

Secara umum, keyboard memiliki permukaan yang rata secara fisik, tidak dengan keyboard Maltron. Keyboard ini memiliki bidang cekung, sehingga mekanisme pengetikan menjadi lebih cepat. Dengan Keyboard ini kamu dapat mengetik dengan 10 jari.

3). Keyboard Dvorak

Keyboard yang satu ini mulai ada pada tahun 1933. Desainnya terlihat sama dengan boardnya dan yang membedakan dengan keyboard qwerty adalah tata letak hurufnya.

Pada keyboard Dvorak, tangan kanan menjadi lebih mobile daripada tangan kiri. Hal ini dikarenakan huruf yang digunakan lebih sering disusun ke kanan.

4). Keyboard Abjad

Pernahkah kamiu bertanya-tanya mengapa huruf-huruf di keyboard tidak hanya berurutan sesuai abjad? Mungkin sebagian dari kamu pernah berpikir seperti itu.

Hal ini juga telah dipikirkan oleh orang dahulu. Tata letak pada keyboard Alphabetic secara berurutan sesuai dengan huruf dalam alfabet. Namun keyboard ini jarang digunakan karena layoutnya tidak pas, sehingga memperlambat proses pengetikan.

5). Keyboard Klockenberg

Keyboard ini hadir setelah Qwerty dan Dvorak, hadir sebagai pelengkap keyboard sebelumnya. Yang membedakan keyboard ini terletak pada tampilan yang terbagi menjadi dua bagian.

Kedua bagian ini dipisahkan oleh sudut 15 derajat yang miring ke bawah. Tata letak yang digunakan pada keyboard ini dinilai mampu meringankan beban otot pada jari tangan dan pergelangan tangan.

6). Keyboard Palantype

Keyboard Palantype adalah jenis keyboard yang memiliki tiga bagian yaitu kanan, tengah dan kiri. Setiap bagian diklasifikasikan oleh konsonan masing-masing.

Di sebelah kanan menunjukkan set konsonan terakhir. Dan bagian tengah menunjukkan kumpulan konsonan dari huruf tengah dan di sebelah kiri terdapat huruf konsonan awal. Tata letak seperti itu membuat Palantype lebih hemat ruang.

7). Keyboard Numerik

Keyboard ini lebih sering digunakan untuk memasukkan data dalam jumlah besar. Tata letaknya yang mudah dijangkau oleh pengguna membuat keyboard ini juga populer digunakan.

Selain tata letak yang mudah dijangkau, pengguna juga merasa lebih nyaman dalam proses mengetik. Kebanyakan dari keyboard ini lebih sering digunakan oleh tangan kanan.

Jenis Keyboard berdasarkan Bentuk

Era yang semakin canggih, membuat bentuk keyboard juga beragam. Semakin praktis mengoperasikan objek ini, juga membuat waktu pengguna semakin efisien.

Mulai dari menggunakan kabel untuk menghubungkannya ke Central Processing Unit hingga konektivitas melalui Bluetooth.

Berikut ini adalah pembahasan jenis-jenis keyboard berdasarkan bentuknya:

1). Keyboard Serial

Keyboard serial adalah keyboard yang menggunakan DIN 5 pada portnya. Untuk komputer tipe AT sangat cocok untuk keyboard serial.

Pada port DIN 5 keyboard ini terdapat 5 pin, sehingga akan berguna sebagai pendeteksi aktif. Jika salah satu portnya rusak maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

2). Keyboard PS/2

Keyboard jenis ini tidak jauh berbeda dengan keyboard serial, hanya saja keyboard PS/2 lebih sering dipasangkan dengan komputer tipe ATX.

Jenis ini juga lebih sering digunakan dan digunakan. Port jenis ini menggunakan plug mini DIN yang didalamnya terdapat 6 pin sebagai konektornya. Dan setiap jarum memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.

3). Keyboard Nirkabel

Tidak seperti kebanyakan keyboard sebelumnya, keyboard ini menggunakan koneksi nirkabel ke komputer.

Dengan koneksi berupa infra merah, wifi atau bluetooth, membuat keyboard ini bisa digunakan dengan semua jenis komputer.

Menggunakan port USB sebagai pembawa sinyal, kemudian sinyal ditangkap langsung oleh Mouse sehingga dapat dihubungkan.

4). Keyboard USB

Keyboard USB adalah yang paling sering ditemui dan digunakan oleh banyak pengguna. Keyboard jenis ini juga bisa digunakan di semua jenis komputer. Proses instalasi yang mudah dan sederhana, menjadikan keyboard ini sebagai andalan.

Menggunakan konektor USB pada portnya, membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat. Banyaknya jenis keyboard yang bervariasi fungsi dan jenisnya, membuat kita harus memilih keyboard yang cocok untuk digunakan dan tentunya nyaman untuk digunakan.

Fungsi Keyboard

Pada dasarnya fungsi utama dari keyboard adalah untuk mengirimkan instruksi untuk setiap huruf, angka dan simbol yang ditekan oleh pengguna. Kemudian instruksi tersebut disampaikan ke CPU.

Instruksi ini juga diproses menjadi sinyal digital sehingga dapat dibaca oleh prosesor. Dari data yang telah dibaca oleh Processor, selanjutnya Processor akan menampilkan data tersebut ke monitor atau layar komputer.

Demikian artikel kami mengenai pengertian keyboard lengkap dengan jenis dan fungsinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai keyboard. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Indah rencanaMu Tuhan – Priskila

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Polresta Serang Kota Dipenuhi Karangan Bunga Usai Nikita Mirzani Jadi Tersangka, Warga Beri Dukungan

Polri dibanjiri dukungan dari khalayak usai Nikita Mirzani ditetapkan sebagai tersangka. Warga berbondong-bondong mengapresiasi langkah pihak kepolisian yang resmi menjadikan…

Jadi OB di Sinetron, Artis Ini Aslinya Sosialita, Kehidupan Asli Mewah Beda Drastis dari Akting

Kehidupan asli artis ini sangat sosialita, berbeda saat jadi OB di sinetron komedi. Mengudara pada 2006 silam, sitkom Office Boy…

Reza Rahardian Kukuh Pindah Keyakinan, Sang Ibu Ogah Jadi Persoalan

Nama Reza Rahadian tampaknya tak asing lagi di telinga publik. Ya, pria kelahiran Bogor 5 Maret 1987 silam itu telah…

Penjelasan Kombes Shinto soal Kasus Nikita Mirzani, Oalah

Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga mengungkap kasus yang menyeret artis Nikita Mirzani. Sebelumnya, sempat heboh saat aparat kepolisian…

Lirik Lagu LDR (layang dungo restu) – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Biarkan Jatuh Cinta – Nabila Maharani

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Madiun Ngawi – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Terang-terangan Ngaku Terpaksa Pura-pura Menikmati Saat Berhubungan Badan, Yuni Shara Akui Trauma hingga Bongkar Rahasia Ranjangnya dengan Suami Pertama

Yuni Shara, penyanyi senior yang sampai detik ini namanya masih eksis di layar kaca. Punya karier yang cemerlang, Yuni Shara…

Lirik Lagu Ada Untukmu – Tyok Satrio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…